13 Hal yang bisa dilakukan saat 2WW - Proses IVF (Promil Bayi Tabung)

Pic : Pixabay


Masa menunggu adalah masa yang paling gak enak, ya siapapun kalau urusan yang satu itu pasti ngerasain gimana gak enaknya. Dalam proses bayi tabung pun akan kita akan lalui masa-masa menunggu. Kamu akan dituntut kesabarannya dalam hal menunggu, seperti menunggu hasil lab, konsul ke dokter, tunggu saat tebus resep obat dan lainnya. Tapi ya, dari semua itu menunggu yang paling deg-dega’an adalah di saat 2ww pastinya. Yups, masa ini adalah masa penentuan. Setelah sekian lama berkutat dengan konsultasi dokter, suntikan, obat-obatan dan juga hasil-hasil lab yang bikin perasaan hati naik turun, akhirnya kita akan sampai di garis finish proses ivf ini. Hasil lab dari tes darah (beta hcg) jelas akan menjawab semua perjuangan ini, yess kita hamil atau tidak ya selanjutnya? Embryo ini apakah berhasil menempel sempurna di rahim atau tidak, terjawab dari hasil tes tersebut.

Buat saya masa ini seperti menguji kesabaran hati dan pikiran. Gimana enggak, sudah jelas kita pasti berharapkan hasil yang paling terbaik, positif dan bersiap dengan kehamilan 9 bulan kedepan. Disaat seperti inilah perasaan bisa campur aduk dan kita mesti bisa mengontrol itu semua. Apalagi kalau bukan stres dan kebingungan yang gak jelas, ini sudah pasti gampang menghampiri. Ditambah kalau kita merasa gak nemuin tanda-tanda kehamilan, haduuh makin kalut aja deh. Eits tapi jangan negatif thingking dulu ya gaes, mendingan kita enjoy aja dulu dalam masa 2ww ini. 


Pic : Pixabay


Apapun yang sedang kita lakukan apalagi newbie dalam proses bayi tabung ini, sepertinya kita tuh diharapkan punya bekel ilmu pengetahuan. Tentang bagaimana rangkaiannya prosesnya, berapa lama prosesnya, ngapain aja dan apa yang harus dipersiapkab. Ya setidaknya kita jadi punya gambarannya. Bisa dibilang proses ini panjang dan tidak bisa disamakan dengan proses kehamilan alami. Setidaknya ketika dokter atau perawat bilang istilah-istilah yang baru kita denger kitanya jadi mengerti dan gak buta sama sekali.

Proses 2ww, kalau di umpamakan adalah proses menunggu dalam penentuan hasil, proses di masa-masa kita di pingit dan tidak bisa bebas seperti biasa dalam melakukan aktivitas. Seperti yang berat-berat atau aktivitas seperti biasanya yang butuh effort lebih. Bisa dibilang ya kita juga harus hati-hati dalam masa-masa tersebut. Jadi ya sudah seperti putri raja deh kalau bisa dibilang hihii… Tapi bukan dalam hal yang gimana-gimana ya, karena ini untuk kebaikan bersama. 


Kunjungi juga channel youtube saya
👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇

Video : Youtube/ Catatan Anita


Maka dari itu di saat 2ww daripada stres mendingan dibuat enjoy saja. Lakukan aja hal-hal yang bikin kamu happy, yang bikin stresnya hilang. Nah apa aja yang disarankan nih dalam masa 2ww. Berdasarkan pengalaman saya dan saran dari orang-orang yang sukses duluan adalah sbb :


Baca juga :


1. Nonton film atau drakoran aja, tentunya dengan genre film yang lucu-lucu

Di saat ini akan membuat kamu harus membunuh waktu lebih banyak. Biar gak bosen kamu bisa akalai dengan berbagai macam hal, salah satunya ya nonton maraton film-film yang belum sempet kamu tonton sebelumnya. Yang jelas film ini yang membuat kamu makin happy ya dalam menjalani hari-hari di masa 2ww.

2. Sebisa mungkin saat bangun tidur tidak dari arah depan tapi dari arah samping

Cara ini hanya ingin membuat kita hati-hati saja dalam bergerak, karena pergerakan atau sentakan yang mendadak akan membuat embryo tidak nyaman dalam menempel sempurna di rahim. Jadi lebih membuat diri untuk lebih berhati-hati aja dalam bergerak ya gaes.

3. Jangan makan buah atau makanan yang dilarang dokter

Saran ini saya dapat dari dokter dan perawat, tapi balik lagi ya beda rumah sakit pasti beda saran dan pesannya ya. Ada dokter yang berpesan untuk tidak mengkonsumsi yang rasa kecut, asam, dan pedas. Hal ini gunanya ya lebih kepada menjaga saja, agar embryo yang sudah di dalam rahim bisa berkembang sempurna. Tapi memang ya ketika kita sudah ET, kita akan disarankan tidak boleh ini dan itu seperti layaknya ibu hamil pada umumnya.

Pic : Pixabay


4. Gunakan pakaian yang tidak ketat, contoh daster

Selain makanan dokter juga menyarankan pakaian sekiranya yang dipakai yang longgar-longgar saja. Tidak ketat atau adanya tekanan di daerah bagian perut. Tapi semua kembalikan lagi ke diri masing-masing, karena sebenarnya masalah bentuk pakaian adalah masalah privasi. Asal sudah memenuhi kriteria dan persyaratan dokter sepertinya sudah cukup. Longgarnya pakaian itu hanya membuat sirkulasi tidak terganggu, apalagi kita sudah dimasukan embryo si calon debay.

5. Makalah protein lebih banyak seperti : sum-sum tulang sapi, saripati gabus, sup ayam herbal, putih telur, susu dan lauk yang berprotein tinggi

Dimasa OPU dan setelah ET konsumsi makakan tinggi protein itu sangat penting.  Saat OPU gunanya membantu perkembangan sel telur agar membersar secara sempurna, begitupun recovery setelah OPU. Sedangkan pada masa 2ww atau setelah ET protein tinggi dibutuhkan untuk perkembangan embryo yang sedang berada di rahim kita. Ya bisa dibilang kita bantu support dia agar menempel dan berkembang secara sempurna. Kalau buat saya sendiri hal yang paling berefek saat OPU dan setelah ET dulu adalah konsumsi saya pada saripati gabus. Karena kandungannya sangat bagus bagi keberlangsungan proses pada saatt itu.

6. Banyak lakukan afirmasi positif agar semangat menjalani proses

Ketika stres melanda cara yang paling gampang menangkalnya adalah tetap terus berpositif thingking. Kembalikan semua ke Allah, karena Allah yang punya kuasa atas segala hal. Afirmasi positif bisa kamu lakukan saat gelombang alam bawah sadar kamu sedang tinggi. Kapan itu ? di saat sebelum tidur dan di saat bangun tidur. Kamu bisa afirmasikan segala hal positif untuk diri kamu.

7. Bicara dengannya yang di dalam rahim, kalau kamu memang menunggunya

Meski dia masih berupa embryo tapi ia adalah makhluk hidup, kamu bisa ajak ia bicara. Karekan bahwa kamu sedang menunggunya, ayo menempel dan berkembang sempurna ya dek. Segala cara bisa kamu lakukan asal masih positif. Begitupun dengan memintanya untuk bekerja sama dalam perkembangan ia di dalam rahimmu.


Baca juga :


8. Banyak lebih dekat kepada Allah dan mintakan semua hasil yang terbaik untuk kamu dan pasangan

Kapanpun dan dalam masa apapun kita wajib mendekat kepadaNYA, apalagi dalam situasi dan kondisi seperti ini. Yang bisa kamu lakukan berdua berdua adalah berharap sepenuhnya kepada kuasaNYA. Meminta dan mengibalah, curhatlah dengan segala sesak didada di sepertiga malam kepadanNYA. Tidak ada yang tidak mungkin bagi Allah. Karena para dokter dan perawat dan semua kecanggihan teknologi itu sifatnya hanyalah membantu dalam hal duniawi. Sedangkan yang punya peran penting dalam kehidupan setiap makhluk adalah yang maha kuasa, Allah subhanahuata’ala.

9. Berjemur di jam-jam pagi, tidak perlu berlama-lama 15 sampai 20 menit.

Saran dari para suhu yang sudah sukses duluan, selalu menyarankan ini. Meski waktu itu saya tidak melakukanya, tapi jikalau hal ini menambah nilai plus kenapa tidak. Jadi sebisa mungkin untuk tidak malas jemur-jemur di pagi hari ya gaes.

10. Positif thingking kalau semua hasil adalah yang terbaik

Memang tidak mudah menjalaninya, sedangkan orang bisa aja gampang bilang suruh tetap positif thingking, tapi percayalah kalau kamu bisa tetap berpositif thingking dengan apapun yang terjadi, semua itu gak ada ruginya lho. Yang ada kamu akan lebih ringan dalam menjalani hari, lebih legowo dan lebih menerima. Dan tentunya embryo yang ada di dalam rahim kamu juga jadinya tidak ikutan stres, hormon strespun gak ikut bersarang di dalam tubuhmu kalau kamu bisa lebih enjoy dalam masa-masa 2ww ini. Sikap pasrah dan menerima sambil percaya semua akan baik hasilnya akan membawa hasil yang membahagiakan di depan sana.

11. Gunakan kaos kaki setiap tidur agar lebih hangat, karena embryo suka dengan yang hangat-hangat

Saran ini juga saya dapat dari suhu pejuang garis dua yang sudah lulus perjuangannya dan malahan dari masa penantian dan kegagalannya bayi tabung lebih dari sekali tersebut membuatnya mendapatkan kebahagiaan berlipat dengan kehadiran kembar 3 di bayi tabungnya yang kedua. Jadi sekali lagi kalau memang saran itu bagus, kenapa tidak.

Pic : Pixabay

12 Kamu juga bisa membaca buku dalam membunuh waktu di saat 2ww

Dimasa-masa ini juga kamu bisa membuat jurnal atau yang suka baca buku juga bisa banget diterapkan. Karena memang dimasa-masa 2ww ini, temen kamu ya cuma kamar, toilet, tv dan hp. Selebihnya bisa dikondisikan, karena hanya kamu yang paling tahu kondisi badanmu. Apakah sudah cape duduk atau memang sudah waktunya istirahat. Kembali, 2ww bukan berarti bedrest total, karena itu tidak disarankan. 
Bedrest hanya pada saat hari ketika ET dan 2 hari kedepan, total 3 hari. Sedangkan hari-hari lainnya kamu bisa aktivitas biasa tapi yang ringan-ringan saja. Kenapa begitu ? Karena gerakan-gerakan itu membuat aliran darah lebih bagus mengalir lancar ke seluruh tubuh daripada hanya bedrest saja di tempat tidur.

13. Pokoknya lakukan semua yang bikin kamu happy dan menjauhkan kamu dari yang membut stres

Yang jelas masa 2ww adalah masa awal kebersamaan dengan embryo yang tidak perlu dibuat stres. Apa yang bisa kamu lakukan, ya lakukanlah. Selama itu bisa bikin kamu happy lakukanlah. Kegagalan dan keberhasilan hanya Allah yang menentukan, kita sebagai manusia biasa hanya bisa ikhtiar semaksimal mungkin. Karena kalau kita berusaha peluang kita 2 berhasil dan gagal, sedangkan kalau kita berhenti berusaha, artinya kita sudah gagal dari awal sampai akhir.

Buat kalian semua yang sedang atau mau proses bayi tabung, semoga programnya lancar ya..
semoga Allah berikan hasil terbaik untuk kamu dan pasangan.
Jangan pernah berhenti berusaha, jangan putus asa. Karena Allah bersama kita..
Perjalanan setiap pasangan tidak ada yang mudah dalam menjalani ujian pernikahan,
dan bagian ini pula yang menjadi bagian saya dan suami rasakan.
Semoga terowongan gelap segera kita dapati ujungnya, kebahagiaan yang terakumulasi dengan berlipat lipat, Aamiin..


Kunjungi juga channel saya
👇👇👇👇👇👇👇

Video : Youtube/ Catatan Anita



Baca juga :










Post a Comment