Faktor Penunjang Kesuksesan, Plus List Contekan Do & Don't Dalam Proses Promil Bayi Tabung (IVF)

Doc : Pixabay.com

Ngomongin proses promil ivf atau bayi tabung akan ada saja yang bisa di bahas. Bahkan bisa berbab-bab atau ber halaman-halaman, seperti mau curhat itu bisa jadi novel mungkin ya. Saya sendiri akan infokan berdasarkan pengalaman yang pernah saya alami saja. Selebihnya kamu bisa cari tahu sendiri via media lainnya.

Setiap pasangan setelah menikah pasti kebanyakan ingin segera mendapatkan momongan, dengan cara alami, gratisan atau tanpa perlu effort tinggi. Itu jadi mimpi utama, tapi pada kenyataannya semua tidak bisa sama. Seperti orang yang single habis lulus kuliah mimpinya akan segera bekerja di perusahaan bonafit, dengan gaji gede, punya hidup yang lebih nyaman dengan hasil keringatnya. Setelah itu menikah, punya anak, punya tempat tinggal yang nyaman, mobil yang bagus di usia yang muda. Anak sehat dan pintar, suami yang penyayang dan semua sempurna. Tapi nyatanya semua kan gak gitu.

Doc : Pixabay.com

Dibalik semua itu diraih dengan darah dan air mata (ceile..) Maksudnya segalanya itu gak mudah. Setiap manusia itu punya beban hidupnya masing-masing, punya dramanya masing-masing. Dibalik kesuksesan seseorang ada perjuangan panjang yang di alaminya, ada keringat yang tiada henti yang harus bayar untuk mendapatkan itu semua. Dan pastinya lika liku hidup setiap orang itu tidak pernah sama satu dengan lainnya, ada yang mudah banget mendapatkan sesuatu tanpa bersusah payah, ada juga yang harus berjuang sampai titik darah penghabisan.


Kunjungi juga channel Youtube saya
👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇

Video : Youtube /Catatan Anita


Begitu juga dengan mendapatkan keturunan, ada yang sekali bersenggama sudah langsung jadi, sekalinya lepas alat KB langsung jadi, sekalinya IVF langsung berhasil dan sebagainya. Tapi di luar sana ternyata banyak banget lho yang perjuangannya belum final sampai gini hari. Sekian tahun ia harus terus berjuang untuk mendapatkan tangisan bayi kecil itu dirumah, tawa kecil itu dirumah, sekian tahun mereka up and down bersama, saling menguatkan bersama. Berjuang terus dengan doa, ikhtiar, air mata dan pengharapan terus menggantung di hati. Tidak mudah, semuanya tidak mudah!!

Doc : Pixabay.com

Tapi saya yakin segelap-gelapnya terowongan itu pasti ada ujungnya yang terang, sesulit-sulitnya keadaan pasti ada kemudahan dan hikmah di dalamnya, hujan badai pasti akan berlalu dan pelangi cantik akan muncul disana.

"Aku akan sesuai dengan prasangka hambaku", tetap positif thingking dan yakin aja hal itu akan terjadi. Allah selalu baik kepadaku, Allah akan mengakumulasi semua yang telah kita lakukan dengan sabar, penuh keyakinan dan tawakal kepadanya.


Baca Juga :


Faktor Penunjang Keberhasilan IVF

1.) Buat saya faktor penunjang itu bisa berbagai macam, mulai dari melepaskan diri dari obsesi dunia, kepopuleran, dan ujub dengan kepasrahan penuh kepadanya, menerima segala takdirNYA, segala nasib baik dariNYA, segala kebaikan untuk kita, meski kita tidak pernah tahu sebenarnya apa yang akan terjadi di depan sana. Karena Allah lebih tahu akan hambanya.

Rahasiakan Rencanamu !!!!!

"Hendaknya kalian membantu kelancaran hajat dengan cara merahasiakannya. Karena setiap orang yang memiliki nikmat akan menjadi sasaran hasad."

Diriwayatkan oleh Ar Ruyani, Ath Thabarani, Abu Nu’aim, Al Baihaqi dll, dari sahabat Mu’adz bin Jabal.

Ini penting ya menurut saya, jadi tidak perlu mengumbar-umbar niat baik kita, cukup dapat restu orang tua dan Allah meridhoi jalan kita sudah sangat penting. Lainnya sama sekali enggak penting !!! 

Karena kita tidak pernah tahu isi hati orang, dan orang cuma tahu hasilnya saja Bukan prosesnya. Bisa di bilang kita sedang berjuang lho ini, jadi jangan jadikan itu untuk mencari kepopuleran, merasa bangga yang akhirnya akan menodai niat suci kamu bersama pasangan.

Saya sendiri selain setuju dengan hadis di atas, kisah nabi ibrahim yang akan di beri momongan oleh Allah, dengan menyuruhnya merahasiakannya juga membuat saya sadar akan pentingnya kerahasiaan itu.

Doc : Pixabay.com

QS Maryam : 7

"(Allah berfirman), "Wahai Zakaria! Kami memberi kabar gembira kepadamu dengan seorang anak laki laki namanya Yahya, yang Kami belum pernah memberikan nama seperti itu sebelumnya."

QS Maryam : 10

Dia (Zakaria) berkata, "Ya Tuhanku, berilah aku suatu tanda." (Allah berfirman), "Tandamu ialah engkau tidak dapat bercakap cakap dengan manusia selama tiga malam, padahal engkau sehat."


2.) Doa dan ikhtiar tetap di jalankan tanpa putus, dan tanpa putus asa tentunya, gencarkan serangan jalur langit. dengan memperbanyak ibadah, sunnah, sedekah, komunikasi dengannya dengan Al quran, memantapkan hati, pasrah dan menerima dan yakin Allah akan kasih yang terbaik.

3.) Jangan pernah ragu akan hal yang sedang dijalani, contohnya aja saya pernah ragu jalan ke kampus hari itu, berat aja, kok kaya males ya. Dan ternyata sampai kampus dosen saya hari itu di 3 mata kuliah tidak ada satupun yang masuk, nyebelin bukan. Kadang insting itu benar lho, dan keraguan di hati itu benar. Jadi kalau ragu mendingan jangan jalan!



4.) Bersikaplah menerima, terima masukan orang gak ada ruginya. Bukan berarti semua pendapat di iyakan tapi kita terima saja dulu saran dari orang lain, dengan hargai niat baiknya, lalu setelah itu filter dengan mencari tahu apakah hal itu benar atau tidak ya. Bukan berarti mengajarkan tidak percaya dokter 100%. Tapi ceritanya orang yang berpengalaman itu bisa jadi rekomendasi yang sangat penting untuk kita yang sedang promil.

5.) Ikut gabung di komunitas pejuang IVF, biasanya disana akan dikasih saran dan testimoni orang yang berhasil. Mulai dari berhasil OPU dengan mendapatkan embrio yang banyak dan berkualitas, lalu ET yang berhasil dengan kehamilan yang tinggi BetaHCGnya. Disitu kita akan menerima atmosfer yang positif, kan jadi semangat promilnya.

Doc : Pixabay.com

6.) Melakukan akupuntur dengan dokter spesialis akupuntur, sangat disarankan dokter. Memang sudah banyak yang berhasil dengan menambah step ini dalam promilnya, terutama untuk IVF. Tapi semua kembali ke respon tubuh. Karena respon tubuh adalah hal yang utama di banding lainnya. Sesekali ajak bicara tubuhmu, jangan buat kamu dan tubuhmu stres dengan semua treatment. Bicaralah dan sugesti tubuhmu untuk menerima respon dengan cepat terhadap semua prosedur IVF, mintalah bekerja sama untuk embrio yang akan datang ke dalam rahim untuk kuat, sehat dan membantunya berkembang dengan baik dan sempurna. Sugestikan sehat, kuat dan ucapkan terima kasih kepadanya untuk semua yang perjuangkan bersama.

7.) Makanan sehat itu gak selalu harus mahal, banyak orang diluar sana hamil dengan makanan yang gak perlu neko-neko tapi ia berhasil lahirkan bayi yang sehat jasmani dan rohani dan tetap sederhana. Makanan sehat, tidak junkfood berarti kan kembali ke alam, dengan umbi-umbian, sayur, buah dan ikan. Kembali ke zaman orang tua dulu yang makanannya rebus-rebusan tanpa minyak dan pengawet. Seperti salmon bisa di ganti dengan ikan kembung yang ternyata lebih tinggi kandungan gizi baiknya, murah meriah pula. Catering healty food bisa di ganti dan murmer dengan masak yang tanpa banyak olahan dan sedikit porsi nasi putihnya, dan lebih banyakan proteinnya. Dan lain sebagainya.

8.) Jangan Stres!! Karena stres akan menambah dampak buruk terhadap sistem kekebalan tubuh kamu. Kamu stres, maka semua sel dalam tubuhmu pun ikutan stres. Berusahalan tenang meskipun di kondisi yang tidak nyaman. Dibawa enjoy aja, yakin bahwa ini hanyalah sebuah jalan, ikhtiar. Semua orang bisa hamil tapi dengan caranya masing-masing. Tidak perlu berfikir kalau ini spesial atau gimana-gimana yang akan menumbuhkan bibit ujub dan ingin berbeda dari yang lainnya. 

Seperti orang ingin berlibur eropa, tidak semua orang bisa membiayai liburannya dengan naik pesawat kesana karena biayanya yang mahal. Maka ada saja yang naik sepeda motor kesana, dapet voucher gratisan, free karena perjalanan dinas kantor, dan sebagainya. Jadi pikirkan saja ini hanya sebuah jalan, ketika kamu hamil esok, kamu sama seperti bumil lainnya yang hamil secara gratisan (tanpa effort tinggi). Jadi jangan stres, karena semua terjadi hanya atas kehendak Allah, yakin saja Allah akan kasih yang terbaik.

Doc : Pixabay.com

Ini mungkin sedikit bocoran/ info yang saya tahu dari orang-orang yang sudah berpengalaman  dan berhasil menjalankan program IVF nya. Hal ini bisa jadi penting buat kamu ketahui. 

👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇

1.) Hindari gorengan, jeroan, santan, gula, dan tepung

2.) Olah raga 3 bulan sebelum promil, kalau pilih jalan kaki minimal 30-45 menit dan lakukanlah dalam seminggu 4-5 hari,

3.) Konsumsi protein tinggi, utamanya saat stimulsi suntik pembesar telur menjelang OPU dan 2ww

4.) Makanan penunjang stimulasi dan 2ww : Saripati gabus 2-3 kali sehari (bisa yang cair atau yang kapsul), Susu tinggi protein seperti Peptisol atau Goodway, putih telur 3-5 perhari

5.) Makanan/ cemilan penunjang lainnya : Gojiberi, Brazilian nuts, Almond, Aprikot, Chia seed

6.) Buah yang di sarankan : Pear hijau

7.) Minum jus buah 3 diva (tomat, wortel, apel malang)

8.) Jika sedang 2ww, disarankan makan makanan seperti, sum-sum tulang sapi, ayam herbal dan pakai kaos kaki kalau tidur malam.

9.) Sehari sebelum FET/ ET lakukan hubungan intim dengan suami tapi jangan keluarkan di dalam, tapi di luar. Ini dilakukan agar peredaran darah ke rahim itu lebih lancar dan rahim lebih rilex dan hangat

10.) Mintalah dokter lakukan endoscratching, gunanya untuk menggemburkan rahim dengan membuat sayatan-sayatan kecil di dalamnya. Jadi seperti sebelum menanam benih, tanah di cangkulin dulu supaya gembur,

11.) Rutin berjemur pagi,

12.) Minum seduhan hangat setiap pagi : madu, jeru nipis/ lemon dan chia seed 

13.) Konsumsi Asam folat, vitamin D,

14.) Tidak konsumsi Soda, Kopi, Teh

15.) Usahakan tidur tidak lewat dari jam 10 malam

16.) Tidak konsumsi sea food - kerang

17.) Tidak makan buah yang bergetah (nangka, sawo, duku, pepaya muda, durian),

18.) Tidak menggunakan kosmetik yang berbahan merkury, hydroquinon, rodhamin

19.) Menurut info, jika kamu menginginkan bayi kembar makanlah umbi umbian saat 2ww

20.) Pakai kaos kaki saat tidur malam, agar badan lebih hangat (karena embrio suka yang hangat-hangat)

21.) Saat 2ww, posisi tidur kalau bisa kaki lebih tinggi sedikit dari tubuh (di ganjal menggunakan guling atau bantal) agar badan lebih rilex dan membuat embrio nyaman dalam proses penempelan.

22.) Setelah 2ww bedrest'lah 1-3 hari kalau bisa, karena waktu ini masih krusial, embrio masih mencari tempat yang nyaman untuk menempel di dalam rahim, untuk mengurangi goncangan. Setelah itu baru bisa aktifitas seperti biasa, tapi dengan catatan gerakannya lebih slowly ya.


Semoga contekan dari saya banyak membantu kamu semua yang sedang menjalankan promil terutama IVF. Dimanapun kamu berada, semoga Allah memberi rahmatNYA kepada kamu dan suami, aamiin..

Lancar dan sukses ya programnya :)



Kunjungi juga channel Youtube saya

👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇

Video : Youtube/ Catatan Anita




Post a Comment