10 Manfaat Punya Void di Dalam Rumah - Edisi Renovasi Rumahku

Picture : Dokumen pribadi/ Anita Komala Sari

Salah satu hal yang paling menyenangkan ketika dirumah adalah nongkrong di spot paling kece di sudut rumah. Rumah idaman ya rumah sendiri bagaimana pun bentuknya rumah adalah surga bagi setiap penghuninya. Buat saya sendiri rumah adalah segalanya, tempat kembali setelah bepergian jauh, tempat saya bisa mengekspresikan diri dan terutama nyaman di setiap waktu yang saya habiskan.

Bagian setiap sudut rumah adalah cerminan si pemiliknya. Mau di tata dengan indah atau cukup sesuai fungsinya saja  tergantung pemiliknya. Dulu saat di rumah orang tua, saya cuma tahu rumah ya rumah, didalamnya kita hanya memerlukan barang sesuai keperluannya saja. Bahkan mama saya sendiri tidak begitu mengekspresikan dekorasi di setiap detail sudutnya. Cuma memang mama seperti wanita lainnya yang menyukai beberapa pemanis ruangan seperti vas bunga yang di pajang di meja ruang tamu, gambar foto ka'bah di dinding dan foto anggota keluarga yang di pasang di dinding sudut ruangan.


Kunjungi juga Channel Youtube saya

👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇


Video : Youtube/ Catatan Anita

Sayapun jadinya tidak terlalu memperhatikan bahwa suatu ruang itu sebenarnya butuh sentuhan apik dari sang penghuni. Butuh yang namanya perhatian khusus dalam penataannya. Dan akhirnya sampailah saya pada momen "menata ruangan itu sebenarnya sangat menyenangkan lho". 

Punya rumah setelah menikah membuat saya jadi design interior dadakan untuk rumah saya sendiri. Meski terkadang penataan itu buat saya sudah pas atau cocok tapi belum tentu buat orang lain yang melihatnya, meski demikian saya cukup cuek dengan beberapa komentar yang datang karena ini adalah rumah saya, dan ini adalah seni saya dalam menata rumah, jadi biarkan saya berkreasi.



Rumah yang tidak terlalu luas membutuhkan penataan yang cukup cermat. Baik dalam mengisi barang - barang di dalamnya maupun cara menempatkannya. Suatu kesalahan fatal dalam membeli barang bisa berdampak pada ketersediaan ruangan lainnya di dalam rumah. 

Contoh saya pesan sofa tanpa ukur dan cek ruangan yang akan ditempati sofa tersebut, alhasil sofa yang kami pesan pun kepanjangan. Hampir menghabiskan space ruang keberadaannya.  Sofa itu panjang dan besar.  Terdapt 3 set pada sofa yang panjang dan 2 set pada sofa yang pendek plus meja kaca yang ukurannya juga terlalu besar untuk ruang tamu kami yang mungil.

Picture : Dokumen pribadi/ Anita Komala Sari

Begitupun dengan meja makan yang kami punya, dulu kami beli juga karena lapar mata duluan sebelum ukur ruangan yang tersedia untuknya. Terdapat 4 kursi, dan 1 meja utama. Karena ruangan yang ada tidak mencukupi akhirnya tidak terpakai ke empat kursi tersebut. Malahan kursinya tercecer satu ada di kamar depan dan satu lagi ada di kamar belakang. Lalu dua lagi kemana ? karena tidak terpakai, jadilah ujung-ujungnya di hibahkan kepada yang membutuhkan. Benar-benar sangat disayangkan. Maka teliti sebelum membeli itu sangat-sangat diperlukan!

Ngomongin masalah rumah, saya dari dulu memang suka dengan ruangan yang terbuka. Seperti jendela kamar yang harus dibuka setiap pagi membuat sirkulasi udara masuk di dalamnya. Hal ini membuat ruangan lebih terang, segar dan atmosfernya berubah menjadi lebih cerah. Jadi meskipun sekarang sudah selesai renov dan kami punya lantai atas yang baru saya pun membiasakan jendela atau pintu terbuka sampai siang. Karena selain bisa menghilangkan bau yang gak enak, hawa pengap di sekitar ruangan bisa hilang ketika jendela dibuka.

Ngomongin masalah renov rumah kemarin, kami berdua memang sudah ada niat dari jauh-jauh untuk menghadirkan void di sisa tanah belakang rumah. Karena adanya void membuat aliran udara masuk lebih banyak ke dalam rumah dan sirkulasi udara pun lebih terjaga. Maka dari itu meski ada bangunan baru kami berprinsip ruangan ini tidak boleh kekurangan sirkulasi udaranya dan bahkan harus lebih banyak mendapatkan cahaya yang masuk.

Picture : Dokumen pribadi/ Anita Komala Sari


Void itu apa ?

Mengutip dari dekoruma.com, void merupakan ruang kosong terbuka yang terletak di tengah-tengah konstruksi antar dua lantai. Bagi sebagian orang, void rumah bisa diartikan, dan sering juga disebut dengan istilah “plafon ganda”. Keberadaan void rumah yang terbuka juga akan membuat alur sirkulasi udara di dalam hunian jauh lebih baik yang akan mencegah kelembapan udara berlebih dan membuat rumah menjadi jauh lebih sejuk untuk kamu yang tinggal di daerah tropis. Sirkulasi udara yang baik merupakan ciri-ciri dari rumah sehat lho!

Void itu seperti paru-paru rumah, jadi kalau pernapasan dalam rumah tidak baik bisa jadi yang menghuni juga akan gak betah didalamnya. Masa iya harus ketergantungan sama kipas angin dan ac. Selain jadi boros hal ini tentu gak sehat buat tubuh.

Picture : Dokumen pribadi/ Anita Komala Sari


Apa alasan pakai void ?

Void buat kami seperti kehidupan, kehidupan yang menyertai penghuni di dalam rumah. Kami masih bisa merasakan aliaran udara masuk ke dalam rumah meski hanya berada di dalam rumah. Masih bisa aktifitas seperti biasa namun memberi kesan sedang di luar rumah. Dan terutama tidak merasakan kepanasan meski di dalam rumah.


Apa manfaat lainnya dari penggunaan void dalam rumah saya?

1. Void memberi kesan elegan dan ekslusif dalam suatu hunian

2. Memberikan kesan menenangkan karena bisa menikmati hijaunya rumput meski di dalam rumah 

3. Dari penggunaan sliding door yang membatasi antara void dengan ruang dapur membuat kesan nyaman dan aman, apalagi ketika hujan turun jadi tidak mengganggu aktifitas dalam rumah.

4. Atap void yang di tutupi oleh rangka baja warna hitam membuat fungsi lain yang menguntungkan, bisa dijadikan jemuran dadakan. COntohnya buat jemur barang dengan ukuran bog size, seperti selimut, seprei, karpet, protector kasur, selimut, dll.

5. Void menjadikan ruang dapur tidak terasa panas meskipun kami juga menambahkan exhaust fan pada bagian atas sliding door.

6. Kedepannya bisa ditambahkan ornamen kolam ikan koi atau sekedar tampilan batu alam di bagian dinding void agar view pada saat makan di meja dapur lebih memanjakan mata.

7. Kesan elegan muncul ketika void ini di padukan dengan pagar roster yang menjulang ke atap, yang sebenarnya tujuan awal roster ini buat untuk menutupi sebagian ruang laundry/ jemuran-jemuran yang gak enak di pandang mata.

Picture : Dokumen pribadi/ Anita Komala Sari


8. Menjadi salah satu best spot buat saya untuk sekedar leyeh-leyeh abis beberes rumah atau ngeblog cantik disana. 

9. Suasana yang nyaman membuat secangkir kopi saja tidak cukup untuk menikmati aliran udara yang masuk dari void. Maka dari itu view makan siang kami pindah kedepan void meski dapur belum beres di renov.

10. Ini yang paling penting, pencahayaan masuk maksimal kalau siang jadi gak akan merasa gelap kecuali kondisi sedang mendung otomatis cahaya pastinya berkurang.

Saya rasa ide membuat spot bagus dirumah tidak melulu tentang dekor cantik, tapi ini tentang fungsi kenyamanan dan manfaat yang di dapat penghuni rumah itu sendiri. Ide membuat void ini memang disengaja, berawal dari keinginan di beberapa tahun lalu alhamdulilah saat ini kesampaian.

Meski tidak terlalu besar tapi keberadaan void ini sangat mengubah mood kami, suasana rumah pun beda. Yang tadinya paling banter cuma ngerem di kamar atau ruang tamu atau juga ruang depan tivi. Tapi sekarang saya bisa berekspresi di area sekitar void, ngeblog, leyeh-leyeh, goleran bahkan makan siang ya enaknya di depan void. 

Bekerja dari rumah bukan melulu tentang uang, tapi tentang kenyamanan. Menciptakan rumah yang enak di tinggali tidaklah sulit. Tinggal bagaimana kamu mengaplikasikan mimpimu menjadi nyata.

Void bisa di bilang jangan di anggap remeh, keberadaannya benar-benar membuat mood berubah jadi happy. Ada kelebihan pasti ada kekurangan, tapi kekurangannnya masih bisa di akali dengan baik jika dikonsultasikan dengan jasa renovasi. 

Picture : Dokumen pribadi/ Anita Komala Sari


Apa saja kekurangannya dari pengaplikasian void ini ?

Sejauh ini cuma ada 2 kekurangan void kami.

Satu, belum adanya seng talang untung menghalau derasnya debit air hujan yang jatuh langsung ke rumput void membuat aliran air hujan yang deras jatuhnya lebih banyak, hal ini membuat debit air itu mengambang di rumput lebih banyak.  Jadi kalau gak di jaga dengan baik saluran airnya/ bak kontrol di sampingnya bisa menyebabkan banjir. 

Kedua, serpihan pupuk atau rumput di void sewaktu-waktu bisa membuat kotor lantai sekitar karena tingkat ketinggian dataran void dengan lantai sekitarnya tidak terlalu signifikan hanya beberapa cm saja. Memang ini jadi pelajaran khsusus untuk kami kedepannya. Tapi selebihnya semua sangat oke, kami puas dengan design yang kami buat.

Indahnya berbagi, syukur alhamdulilah jika sudah menginspirasi :)


Baca Juga :



Kunjungi juga Channel Youtube saya

👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇


Video : Youtube/ Catatan Anita


Post a Comment