Widget HTML Atas

Dekor Rumah Pakai Barang DIY Hasil Karya Sendiri

Picture: Dokumentasi pribadi/ Anita komala sari

Dekor rumah yang paling hemat ya pakai hasil DIY sendiri, makanya dinding rumah saya jadi lebih rame dari biasanya dalam hal perintilan dekor mendekor. Kebanyakan memang dari karya saya sendiri dan hasilnya sudah di pajang di beberapa sudut rumah. Sayapun membuat ini memang untuk keperluan konten di channel youtube, yang memang isinya kebanyakan tentang DIY. Entah sudah dari sananya atau gimana, kadang hobby ini membuat saya merasa enjoy dalam membuat DIY. Ketertarikan dari barang bekas pakai membuat saya berfikir kalau ini akan membuat nilai tersendiri dari channel youtube ini. Selain enjoy dalam setiap prosesnya, membuat DIY membuat saya menghilangkan stres, proses healing yang sempurna yang bisa membuat kebosanan itu hilang.

Beberapa barang hasil karya sendiri juga sudah terpajang di dalam rumah. Bagus tidaknya hasil tersebut hanya saya dan suami yang menikmati, selebihnya mungkin tamu atau saudara yang kadang berkunjung ke rumah.


Kunjungi juga channel youtube saya

👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇


Menurut saya setiap orang punya hobbynya masing-masing. Hobby yang membuatnya puas hasil dalam menjalani proses. Saya sendiri punya background kuliah IT tapi sekarang malahan jadi blogger dan content creator di youtube dan tiktok. Saya merrasa happy ketika melakukannya dan senang jika orang lain juga bisa menikmati karya saya. Tidak ada yang sempurna dalam hasil yang di dapat, tapi proses membuat saya menjadi belajar lagi dari nol tentang banyak hal yang saya tidak tahu sebelumnya.

Seperti di blogger saya harus banyak belajar menulis, menuangkan isi pikiran dan pemikiran dalam bentuk tulisan yang orang lain bisa mengerti tentang apa yang saya sampaikan. Lalu via media content creator di youtube dan tiktok membuat saya mem'push diri untuk bisa menghasilkan produk isi konten yang sesuai dengan tema yang saya bawakan. Dengan masih banyaknya yang harus dipelajari dari merekam, editing video, tumbnail dan juga menambahkan suara didalamnya membuat saya sadar kalau belajar itu tidak ada mudah, perlu effort, niat dan kemauan yang tinggi untuk bisa mencapai tujuan. 

Semua tidak mudah, sayapun masih belajar untuk bisa diterima publik dan terus berkarya  membuat diri saya bermanfaat bagi orang lain. Kadang tidak dipungkiri pekerjaan sebagai youtuber itu identik dengan penghasilan dollar, tapi seiring waktu berjalan, ternyata hal itu bukanlah yang paling penting. Karena yang paling penting itu ternyata bukan di uangnya tapi di seberapa besar kamu bisa bermanfaat buat orang lain. Karena uang, kepopuleran dan lainnya hanya akan mengikuti. Dulu pernah ada yang bilang, "seberapa besar kita bisa melayani orang, sebesar itu kamu akan dibayar oleh Tuhan". Dari sini saya menyimpulkan bahwa sebaik-baiknya manusia adalah yang bermanfaat untuk sesama. Jika kamu bisa bermanfaat untuk orang lain, maka biar Allah yang membayar kamu.



Bayaran itu tidak melulu harus uang, tapi bisa dengan kesehatan, keberkahan hidup, kebahagiaan dan pahala dariNYA. Konten youtube yang saya bawakan juga masih sangat baru dan sayapun masih sangat belajar atas apa yang saya niat bawakan. Dan nyatanya semua tidak mudah. Membuat diri ini setiap hari harus memompa sikap konsisten atas apa yang dikerjakan. Karena bisa saja jika niat melemah ditengah jalan malah akan berhenti, hanya karena udah gak ada niat lagi, semoga saja tidak ya.

Kembali ke dekorasi rumah, dekorasinya sebuah rumah itu sebenarnya sesuai dengan minat dan kesukaan si pemiliknya. Di zaman KPOP ini banyak pasangan muda yang suka banget gaya rumahnya yang jadi koreaan gitu, semua bisa terlihat dari penggunaan pernak pernik di dalam rumahnya. Saya sendiri awalnya menyukai gaya scandinavian yang terkesan sederhana tapi elegan. Tapi kesini-sini malah menjadi javanese scandinavian. Entahlah malah jadi berubah. Menjadi content creator di youtube malahan juga membuat saya jadi punya pernak pernik rumah ala korean style. 


Picture: Dokumentasi pribadi/ Anita komala sari

Seperti bagian ruang keluarga ini yang jadi keliatan berbeda ketika saya cat sebagian dindingnya dengan warna cat wood dan di tengahnya saya berikan aksen berbeda dari kerajinan tangan macrame. Untuk menambah kesan hijau saya juga tambahkan tanaman rambat artificial di bagian atasnya.


Picture: Dokumentasi pribadi/ Anita komala sari

Lalu ambalan yang berada di atas tempat tidur ini, saya dekor menggunakan beberapa bingkai foto, yang seharusnya di isi dengan foto pemilik rumah, tapi saya putuskan untuk mengisinya dengan gambar abstrak yang bisa keliatan lebih aesthetic juga penggalan QS surat Al-baqarah yang bisa menyimbolkan bahwa si pemilik rumah ini adalah seorang muslim yang menyukai keindahan dalam tatanan yang cantik dan elegan. Gak lupa juga di sandingkan vas sendok hasil karya DIY dari konten youtube yang juga ikut mempercantik isi ambalan ini.

Di bagian lain sudut ruang tamu, saya mempunyai sudut cantik di atas meja kecil disudut sofa. Terdapat kalender abadi, vas bunga yang berasal dari botol susu dan pigora kecil yang ikut mempercantik bagian sudut ruang tamu ini.

Pada penempatan hasil DIY nya pun di usahakan merata keseluruh ruangan rumah dengan catatan tentu pas dan cocok untuk ruangan atau bagian sudut tersebut bukan menjadi sesuatu yang memaksakan. Di beberapa sudut saya hanya menggunakan metode padu padankan saja, sekiranya cocok saya tempatkan tapi jika tidak ya tidak perlu paksakan. Tapi memang ya, semua butuh ilmunya, dalam dekorpun juga begitu, dekor tanpa ilmu malah akan jadi acak adul. Jika memang sudah punya bakat dekor tentu akan cantik hasilnya. Gak usah yang ribet-ribet, kita bisa kok dekor secara autodidak. Dengan banyak liat, banyak cari tahu insya allah kamu juga akan bisa dan langsung bisa di aplikasikan sendiri di rumah kamu. 

Contoh paling gampang cari bahan contekannya itu bisa dari pinterest, akun-akunnya IG para home decor lovers, majalah dan lain sebagainya. Dari situ bisa kita dijadikan acuan dan referensi untuk mengubah tampilan interior rumah kita sendiri. Dan menurut saya dekor itu tidak harus selalu mahal, tinggal kitanya saja yang pintar-pintar mengakalinya, agar bisa menatanya seindah mungkin.

Picture: Dokumentasi pribadi/ Anita komala sari


Barang-barang DIY yang saya buatpun tidak luput dari barang bekas pakai dari keseharian. Mulai dari botol bekas, wadah bekas kue kering, kardus bekas paket, dan lainnya. Dari situ saya mencoba merubahnya menjadi sesuatu yang bermanfaat. Dan hasilnya memang bisa menjadi bagian barang dekorasi di ruangan dalam rumah.

Kreatifitas itu bisa menjadi hal yang berguna, bermanfaat dan tentunya bikin happy. Jika kamu lakukan hobby dalam pekerjaan, maka tidak akan terasa berat, malahan kamu bisa enjoy di dalamnya. Dan gak bisa dipungkiri, jika kita bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah dari hobby bukankah akan jadi menyengkan ? Selamat mendekor!


Baca juga :



Kunjungi juga channel youtube saya

👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇

Picture: Dokumentasi pribadi/ Anita komala sari



No comments for "Dekor Rumah Pakai Barang DIY Hasil Karya Sendiri"