Kerennya Trip ke Anak Gunung Krakatau, Gunung Laut dapet semua

Picture : Dokumen pribadi/ Anita komala sari

Kali ini saya akan berbagi cerita perjalanan trip saya ke anak gunung krakatau dan pulau-pulau sekitarnya. Saat itu, ketika tahu kalau saya ikut diajak outing kantor suami ke krakatau rasanya senang bukan main. Karena traveling kesana kedaerah sana cukup baru buat saya yang sebelumnya belum pernah jalan backpackeran apalagi sejauh itu. Karena juga masih newbie, jadilah saya mesti nurut apa yang apa saja yang harus di persiapakan kesana. Karena suami sebelumnya sudah pernah traveling kesana jadi dia cukup tau spot-spotnya dan apa bagaimana mempersiapkan semuanya.

Berikut penjelasannya :
1. Kita bakal dapet viewnya pemandangan gunungnya pulau anak gunung krakatau, kita akan naik gunung di pagi hari. Nikmati eksotis pantai dan keindahan lautnya karena kita akan snorkeling, menikmati sunset. Pulau-pulaunya yakni pulau sebuku kecil, sebuku besar, umang-umang dan krakatau dan pulau sebesi ,
2. Kita akan lebih banyak aktivitas di lautnya karena itu akan banyak di kapal berjam-jam,
3. Kita akan banyak aktivitas snorkling dibeberapa pulau berbeda (3 tempat = 3 pulau berbeda),
4. Kita akan menginap di homestay bukan hotel ya, yang fasilitaasnya seadanya jadi gak ada selimut       apalagi ac, jadi siapkan aja pasmina sebagai pengganti selimut.
5. Jangan manja waktu disana karena ini bener-bener truly backpekeran lho,
6. Baju jangan terlalu banyak karena kita akan bepergian menggunakan kapal, jangan sampai barang bawaan kita malah menghambat jalannya trip dan malah menambah beban di kapal.

Kunjungi juga channel youtube saya
👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇

Video : Youtube/ Catatan Anita

Itulah beberapa catatan suami sebelum kita berangkat, huuft banyak ya, ada info yang bikin penasaran dan ada juga yang bikin telen ludah. Itu lho jangan bawa banyak pakaian, lho kan namanya cewek pasti banyak ya. Tapi yasudahlah, yang penting trip ini berjalan lancar dan sukses. aamiin..

Oh iya sebeneranya dapet penjelasan tentang rutenya itu membuat saya yang belum pernah traveling sepenuh itu jadwalnya dan tujuannya yang dituju sangat jauh-jauh itu berasa kaya gimana gitu, dalam hati langsung telen ludah, hahaa yup saya serasa bilang "sanggup gak ya badan gw trip yang begitu". Tap karena di racunin eh di sugesti spotnya yang bagus dan gak bisa dibandingin sama kalau trip ke pulau seribu, yasudah saya benar-benar memutuskan ikut saja dan bertekad bisa! ya kalau mereka bisa gw pasti juga bisa. SEMANGAT!!

Dan berikut itenarary saya "Goes To Krakatau"

JUMAT
Pukul 20.00 : Perjalanan dimulai dari Slipi menggunakan bus pariwisata yang telah disewa berangkat dan pulang (Slipi-Merak), karena ada personil yang telat 30 menit, maka jalan pukul 20.30 wib

Pukul 22.30 : Sampai di pelabuhan merak, lalu ketua team (suami saya sendiri) ketemu pemandu trip 2 orang (merekalah yang mengurusi semua acara selama kita disana). Disana kita kumpulkan dahulu untuk diberikan informasi kemana saja rute kita selama trip ini, apa saja jadwal acaranya. Dan selanjutnya kami menunggu tiket keberangkatan 34 orang menuju pelabuhan bakauheni yang sedang di urus oleh kedua pemandu tersebut.

SABTU
Pukul 00.00: Kapal Fery kita akhirnya jalan dari pelabuhan Merak ke pelabuhan Bakauheni- Lampung. Agar kita semua bisa selonjoran dan tiduran, maka kita sepakat menyewa ruangan VIP dengan hanya cukup menambah per orang Rp 20.000

Pukul 03.00 : Sampai di pelabuhan Bakauheni

Pukul 03.30 : Naik angkot menuju Dermaga Canti - Lampung, perjalanan ini cukup lama juga jadi kita yang masih setengah sadar bisa lanjut bobo di angkot, santai bener ya bisa bobo lagi hehee, iya karena pak ketua standby di samping pak supir angkot jadi kami percayakan saja kepadanya.

Pukul 04.30 : Sampai Dermaga Canti - Lampung, Bersih-bersih dulu, Solat subuh trus ganti baju buat foto-foto plus sekalian ganti baju buat snorkling. Oh iya sama sarapan pagi juga, biar pas snorkeling gak kelaperan.

Pukul 06.00 : Mulai Berangkat ke Pulau Sebuku Kecil untuk snorkeling pertama

Pukul 08.00: Sampai di pulau sebuku kecil dan mulai snorkeling, karena untuk penyesuaian snorkeling jadi kami kebanyakan hanya main-main di bibir pantai saja dan mencoba peralatan snorkeling untuk pemanasan saja. Belum bisa dikatakan snorkeling yang sebenarnya karena kita masih bisa memijakkan kaki di bibir pantai. 20 menit bermain dan foto-foto cukup, lalu lanjut lagi ke pulau kedua Pulau sebuku besar.

Pukul 10.00 : Sampai di pulau Sebesi Besar, nah disini kapal kita gak mendarat di pulaunya tapi lebih ketengah dari bibir pantainya, Inilah snorkling yang sebenarnya, saya yang baru merasakan snorkling awalnya sempet takut karena saya gak bisa berenang, tapi karena ikuti terus anjuran suami yang bilang jangan pernah pakai hidung bernafasnya tapi HARUS PAKAI MULUT, Alhamdulilah gak ada yang bermasalah saat menyelam. Cuma kadang-kadang ada air masuk aja di dalam kaca mata snorkling jadi saya harus membersihkan dengan mengeluarkan airnya dulu supaya tidak mengganggu saat menyelam. Beberapa menit menikmati snorkling dan kami selanjutnya menuju Homestay di Pulau Sebesi.

Picture : Dokumen pribadi/ Anita komala sari

Pukul 11.30 : Sampai penginapan kita langsung bersih-bersih, tempatnya cukup nyaman. Tapi untuk para wanita hanya kurang kamar mandi saja. Kami mendapat kamar mandi cuma 1 padahal jumlah wanita itu ada 11 orang. Tapi karena di kamar pria ada 2 kamar mandinya dan luar homestay juga ada kamar mandi, cukuplah bisalah dipergunakan kamar mandi yang kosong itu.

Pukul 12.30 : Makan Siang bareng

Pukul 13.00 : Istirahat, Perut sudah kenyang, sudah mandi juga, solat dzuhur juga sudah, lalu lanjut bobo deh atau istirahat sampai sore, karena sore kita akan jalan lagi ke pulau umang-umang buat nyari sunset.

Picture : Dokumen pribadi/ Anita komala sari

Pukul 16.00 : Bangun dari bobo dan selesai istirahat, bersiap berangkat naik kapal lagi menuju pulau umang-umang.

Pukul 16.30 : Sampai pulau umang-umang yeay. Sudah ready banget liat sunset eh ternyata cuaca gak mendukung awan hitam dari balik pulau sebelah cepet banget berlari ke arah kita, dan akhirnya kita memutuskan untuk balik lagi ke homestay daripada kena badai hujan karena sepertinya kita memang sedang tidak berjodoh dengan sunset saat itu.

Pukul 17.30 : Sampai Homestay lagi di pulau sebesi. Balik ke kamar sebentar buat bersih-bersih kaki karena abis kena air laut.

Pukul 18.30 : Makan malam bareng

Pukul 20.00 : Pesta Barbeque - dengan berbagai macam ikan dan acara bebas sampai malam

MINGGU
Pukul 02.30 : Bangun, Persiapan menuju pulau anak gunung krakatau
Pukul 03.00 : Berangkat ke pulau anak gunung krakatau

Picture : Dokumen pribadi/ Anita komala sari

Pukul 06.00 : Sampai di tujuan, dan mulai mendaki anak gunung krakatau sampai atas

Pukul 07.30 : Turun gunung, Sarapan pagi dengan nasi kotak, foto-foto di depan pulau.

Pukul 08.30 : Berangkat menuju Lagoon Cabe (spot paling bagus buat liat ikan-ikan cantik dan ikan yang paling terkenal 'Nemo', yup from 'Finding Nemo')

Pukul 09.30 : Berangkat, pulang lagi menuju homestay

Pukul 11.30 : Sampai Homestay, mandi dan makan siang lalu bersiap untuk pulang ke jakarta

Pukul 13.30 : Berangkat dari pulau sebesi menuju dermaga canti.

Pukul 15.30 : Sampai dermaga canti naik angkot menuju pelabuhan bakauheni

Pukul 16.30 : Sampai pelabuhan bakauheni, beli oleh-oleh di pelabuhan dan nunggu tiket yang sedang di urus oleh pemandu trip

Pukul 17.00 : Naik kapal fery pulang menuju merak

Pukul 20.00 : Sampai di Pelabuhan merak

Pukul 20.30 : Naik Bus untuk kembali ke slipi

Pukul 10.00 : Sampai di slipi lagi

Kesan yang muncul dari trip kali ini adalah AMAZING, saya puas banget dan yang lainnya pun juga berkomentar yang sama. Puas dengan semuanya, meskipun cape tapi kita dapet semuanya indah pulaunya, pantainya keren dengan pasir putih, dan gunungnya. Indonesia memang indah, kamu gak perlu keluar negri buat dapetin surga tersembunyi itu. Semua pemandangan alamnya masih murni dan bagus banget, bener-bener keindahan yang sejati lukisan alam yang hanya dimiliki oleh Allah SWT. Subhanallah, bener-bener bikin ngengenin sama semuanya terutama sama aktifitas snorkling hehee.. Saya sendiri bisa merasakan melihat ikan-ikan yang cantik, terumbu karang yang masih bagus berdiri tapi sayang banget saya gak menemukan nemo, ikan kecil yang menghipnotis saya untuk kembali menyelam ketiga kalinya untuk melihat dia. Tapi meskipun saya gak bisa menemukannya, tapi setidaknya saya punya foto dari teman yang berkesempatan melihat dia dan mengabadikan di foto di lagon cabe saat itu. Tunggu apalagi, kalau kamu ada waktu dan kesempatan, buruan datang ke sini ya guys!