Keberhasilan Dalam Menghadapi Proses Bayi Tabung

Source : Pexels.com/ freestock.org

Banyak yang DM ke saya di instagram, untuk menjalani proses bayi tabung sebenarnya persiapannya apa aja sih? tentunya selain uang ya. Berbagai macam permasalahan mereka ceritakan ke saya, ada yang punya masalah saluran rahimnya sudah tidak berfungsi alias sudah di potong, ada yang rahimnya terdapat miom, ada yang sudah sampai 8 tahun menanti dan cerita-cerita lainnya. Yang membuat kita itu senasib lho, masih berjuang untuk dapat garis dua.

Buat saya sendiri kenapa saya mau menulis pengalaman tentang proses bayi tabung ini, dikarenakan saya ingin berbagi cerita dan pengetahuan seperti apa proses yang saya tahu dan alami sendiri waktu itu. Proses bayi tabung memang sangat menguras sisi emosional kita. Apalagi sebagai wanita yang hakikatnya punya sensitifitas yang lebih dibanding laki-laki. Pasti ada perasaan senang, sedih, suka duka semua bercampur jadi satu. Terutama menjelang terima hasil rapot, perasaan makin kalut dan campur kaya nano-nano atau kaya gado-gado menjadi satu. Layaknya anak sekolah yang belajar dan endingnya pasti ujian di ujung semester pastinya akan deg-degan dong terima hasilnya bagus atau engga ya. Tapi ini beda, keberhasilan proses bayi tabung nilainya langsung diberikan oleh Allah bukan Dokter. Karena Allah lah yang berkuasa atas segala kehidupan, membuat semuanya terjadi sukses atau gagal dan lancar atau tidak.

Kecemasan dan ketakutan pasti ada saat menjalani proses bayi tabung berlangsung. Cemas hasilnya gak memuaskan, dan khawatir kalau gagal. Ya, belum apa-apa sudah khawatir itu ada saja yang merasakannya. Tapi jika semua di jalani dengan ikhlas dan berpasrah kepadaNYA insya allah akan lebih mudah. 

Keberhasilan proses bayi tabung buat saya pribadi percaya bahwa semua ada pada ridho Allah. Secanggih apapun teknologinya, seceedas apapun dokternya kalau Allah belum meridhoi, ya kita harus terima. Tapi jika Allah sudah merestui jalan ini, jungkir balik kondisi kita entah itu embrionya kualitasnya poor atau, kita kena kecelakaan pun, kalau Allah sudah berkehendak jadi maka jadilah. Tentunya di bali itu semua ada ikhtiar/ usaha yang maksimal, doa yang tak pernah putus dan sikap menerima kita atas semua ketetentuannya.

Dan rangkuman ini, atau apa saja yang bisa menunjang keberhasilan proses bayi tabung ini, merupakan atas pengalaman saya juga teman-teman yang berhasil dinyatakan hamil dulu di tahun 2019.


Baca juga :



1. SARIPATI GABUS

Saripati gabus diyakini oleh para survivor ivf bisa membantu lahan/ tanah atau rahim kita lebih subur dan lebih siap menerima embrio yang sudah di satukan di luar. Dimana di dalam kandungan saripati gabus terdapat protein yang tinggi dibanding dengan ikan lainnya. 

Dikutip dari hello.com ikan gabus atau channa striata dikenal memiliki jenis kandungan gizi yang lebih tinggi. Kandungan protein ikan gabus sebesar 25,5%, lebih tinggi jika dibandingkan dengan kadar protein dari ikan bandeng 20,0%, ikan mas 16,0%, ikan kakap 20,0%, ataupun ikan sarden sebesar 21,1%. Ikan gabus sangat kaya akan albumin, salah satu jenis protein penting bagi tubuh manusia. Albumin diperlukan tubuh manusia, terutama dalam proses penyembuhan luka-luka. 

Kan gak luka, kok harus minum itu dimana rasanya enggak banget lho. Kadang kita mesti tahan dengan yang gak kita sukai, Contoh proses OPU (pengambilan sel telur yang sudah matang sempurna setelah di suntik stimulasi pembesarannya), akan membuat perut kita bagian bawah akan terasa nyeri dan itu sangat tidak enak. Selain nyeri, akan ada efek juga lebih banyak buang angin, perut terasa begah juga lebih besar dari sebelumnya. Dengan konsumsi saripati gabus insya allah akan sangat menolong untuk menyembuhkan luka lebih cepat.

Di Toko cina waktu di surabaya, kamu bisa dapatkan di toko Ban Chi Thong, atau bisa juga order di market place. Yang merek cina ini baunya amis, saya sarankan jangan di cium baunya sebelum minum. Lebih baik langsung tenggak saja, dan selesai sudah permasalahan kita. Sedangkan saripati gabus dari akun instagram bunda.abc.strore rasanya lebih friendly, tidak amis dan lebih oke untuk di minum.

 Source : Google.com/  Toped


Source : Instagram/ Bunda.abc.store


Sekedar info, bahwa pemilik akun bunda abc store ini, punya pengalaman kalau pernah kosong sampai 5 tahun pernikahannya lelu mereka jalankan promil ivf dan prosesnya dibantu dengan sari pati gabus. Lalu DI IVF yang mesekian mereka berhasil dan saat ini punya 3 anak kembar, masya allah ikutan seneng banget denger info ini.

Catatan :
Saripati gabus ada dalam bentuk cair (kental) gitu, merek cina atau lokal. Dan juga dalam bentuk kapsul, semuanya sama dan bagus khasiatnya. Manfaatnya jika konsumsi ini saat promil ivf itu sangat dirasakan betul hasilnya. Kalau boleh saran jangan skip minum ini pada saat suntik stimulasi menjelng OPU, dan juga pada saat 2ww.


2. SUSU PEPTISOL


Source : Pelxels.com/ freestock.org


Ada yang bilang "ah gak enak minum saripati gabus, mending minum susu peptisol aja". Ya sebenarnya itu juga bisa sih, karena kandungan protein dalam susu peptisol juga tinggi. Mengutip dari halaman halodoc.com, Peptisol merupakan makanan diet khusus berupa susu tinggi protein yang berkualitas, mudah diserap dan rendah residu untuk menunjang kebutuhan tubuh yang meningkat terutama pada kondisi setelah operasi, stroke, luka bakar, trauma, perawatan di ICU atau kondisi khusus lainnya. 

Jadi pilihan kembali kepada diri anda sendiri, mau pakai yang mana untuk tambahan proteinnya. Bisa dari susu atau dari saripati gabus/ sari kutuk atau susu peltisol. Di Ferina susu peptisol di jual di mini toko milik istri dokter Aucky di sebelah cafetaria Devina. Tapi kalau mau beli online di market place juga banyak ya.


Kunjungi juga channel Youtube saya,

๐Ÿ‘‡๐Ÿ‘‡๐Ÿ‘‡๐Ÿ‘‡๐Ÿ‘‡๐Ÿ‘‡๐Ÿ‘‡๐Ÿ‘‡๐Ÿ‘‡๐Ÿ‘‡๐Ÿ‘‡๐Ÿ‘‡

Video : Youtube/ Anita komala sari




3. JUS 3 DIVA


Source : Pexels/ Josh sorenson


Meskipun sebenarnya pelengkap, tapi di catering yang klaimnya bisa membantu keberhasilan proses bayi tabung sangat menyarankan menu ini. Kalau dari dokter sendiri lebih menekankan protein tinggi, makanan sehat dan tidak stress itu saja. Selebihnya bisa di tambahkan menu-menu sehat lainnya yang bisa mendukung keberhasilan proses ini. Jus 3 diva sendiri (yang terdiri dari buah wortel, apel, tomat) sebenarnya juga bagus buat orang-orang di luar sana yang mau promil bukan, jadi tidak ada salahnya juga jika menambahkan menu ini dalam list kamu.


4. AKUPUNTUR


Source : Pixabay.com

Ada kalanya rumah sakit menyarankan metode ini, tapi ada juga yang tidak menginfokannya. Akupuntur sendiri di pengobatan cina sangat terkenal untuk memperbaiki beberapa bagian tubuh dengan dilakukan tusuk jarum di area titik-titik tertentu. Di rumah sakit, biasanya di lakukan oleh tenaga profesional seperti dokter atau seseorang yang sudah berlisensi menggunakan alat tersebut. Untuk yang di luar rumah sakit ada juga tenaga profesional tradisional yang gak kalah kualitasnya, biasanya seperti shinsei (orang cina tulen) yang tahu ilmunya entah dari nenek moyangnya atau hasil mengikuti pelatihan-pelatihan sendiri. Gimana kualitasnya? sama kok, mereka punya cara masing-masing dalam menangani pasien. Saya tahu yang berhasil sebelum FET melakukan ini adalah salah satunya artis terkenal Rianti Catwirght. Yang pertama bayi tabungnya gagal tapi yang kedua berhasil setahu saya Rianti mengawalinya dengan menggunakan layanan akupuntur sebelum FET dan hasilnya semua prosesnya berhasil, saat ini babynya lahir sehat dan lucu banget.


5. HINDARI MAKANAN ASAM, KECUT, PEDAS, RAGI


Untuk hal ini saya dapat informasi langsung dari dokter. Tapi balik lagi ya beda dokter beda info, beda rumah sakit beda juga informasi yang di sampaikan. Rumah sakit lain yang melayani proses bayi tabung bilang makan duren, mangga, makanan kecut lainnya dan makanan pedas-pedas lainnya boleh asal tidak berlebihan atau makan sampai sekian kilo aja, tapi di ferina bilang sebaiknya jangan. Kembali kepada keyakinan akan kenyamanan anda saat hamil, apakah dirasa tubuh dan calon bayi menerima atau tidak. Karena jika dipaksakan tetap makan, maka yang kasian calon baby di dalam perut kan. Tapi untuk menghilangkan rasa pengen, ya boleh lah merasakannya secuil saja hihiii..


6. BB NORMAL 


Source : Pexels/ Nathan cowley


Perkara BB pasti ini akan mempengaruhi, karena BB bisa membuat dosis obat yang harusnya murah jadi mahal. Kalau bisa, jadikan BB kamu lebih ideal, jangan kelebihan atau kekurangan di saat promil ini. Hal itu bisa berdampak juga. Contoh saja saat suntik stimulasi yang dilakukan seharusnya sekian hari 7-9 hari (tergantung kondisi ukuran sel telur) jika BB lebih dari normal ampul yang di dapat akan lebih banyak, otomatis biaya akan lebih besar dibanding dengan BB yang normal. Oh ya usia juga mempengaruhi ya, makanya kenapa dokter bilang jika wanita sudah usia 35 tahun  produksi sel telurnya akan mulai berkurang, dan juga semakin tambah umur, responsif tubuh ke obat-obatan semakin berkurang, hal ini membuat tubuh semakin kurang berdaya dalam proses kehamilan.

Sedikit informasi,

Jadi wanita yang bermasalah reproduksinya saat ini sebenarnya banyak juga yang sudah bawaan (genetik) dari semenjak dia berada dalam kandungan ibunya dahulu. Setelah lahir ke dunia, reproduksi wanita akan berkembang sesuai dengan usianya. Tapi pada kenyataannya seorang wanita mempunyai batas perkembangan reproduksinya, dimana batas itu seperti penanda bahwa sel telur akan mulai berkurang produksinya dalam rahim, sedih ya...
Lalu bagaimana laki-laki ?
Laki-laki selama hidupnya masih terus bisa memproduksi sel sperma. Makanya gak heran kan, sudah tua bahkan sudah kakek-kakek, laki-laki masih bisa menghamili wanita. Karena produksi spermanya ya selama hidupnya. Beda dengan wanita yang ada batasnya.

Usia 35 tahun adalah batas, seorang wanita subur kondisi rahimnya. Istilahnya ya sudah Bahaya'lah. Atau alarm merah berbunyi. Ini menurut pemaparan dokter, meskipun begitu kuasa Allah bisa berkata lain jika Allah sudah menghendaki. Don't Be Sad, tetap positif thingking aja, segalanya masih mungkin terjadi. Semangat!!!

Meskipun begitu juga wanita punya andil besar lho dalam proses penyatuan antara sel telur dengan sel sperma. Menurut Dokter Aucky waktu itu saat saya ikut seminarnya keberhasilan tentang bayi tabung, "seburuk buruknya, atau sejelek jeleknya kualitas sperma laki-laki akan tercover oleh kualitas sel telur yang bagus". Jadi, kalau pasangan kamu kualitas spermanya kurang oke, masih bisa kok terbantu dengan kualitas sel telur kamu yang bagus.

Dari sini terlihat saling melengkapi ya, masya allah. Proses bayi tabung kemarin itu membuat saya lebih pintar, karena dapet ilmu yang belum pernah saya ketahui sebelumnya. Bagaimana islampun juga mengajarkan tentang pasangan yang harus saling melengkapi, ternyata fakta itu juga berlaku ada pada benih masing-masing suami istri.


7. PUTIH TELUR



Source : Pexels/ mona sabha cabrera


Mau gak mau ini harus dilakukan, ya saya dulu makan putih telur setiap hari paling tidak 5 butir, kuningnya ada satu yang saya makan, lainnya di kasihkan ke suami atau bahkan seringnya ya di buang. Satu putih telur sama dengan empat gram protein. Ya memang di persiapan untuk pembentukan sel telur yang bagus dan berkualitas sangat disarankan menu makanan yang satu ini. Dulu saya jadwalkan pagi untuk makan putih telur kampung yang sudah di rebus. Sedikit mengutip dari kumparan.com, dalam putih telur mengandung kolin, sebuah nutrisi yang dapat membantu melancarkan proses metilasi atau proses pembentukan sel DNA. Pas banget kan untuk kelancaran proses ini.


8. MAKAN MAKANAN SEHAT


Source : Pexels/ mark stebnicki


Usahakan makan makanan sehat. Kalau bisa dibilang masakan rumahlah, tidak junk food apalagi cemilan gak bergizi. Kalau saat di ngekos di deket Ferina dulu yang terkenal itu cateringnya bu dini, menurut info temen catering ini melayani menu untuk program bayi tabung, seperti jus 3 diva, rebusan telur ayam kampung, sum-sum iga sapi dan masakan rumahan lainnya. Catering lainnya juga sama, rata-rata mereka men'support orang yang sedang proses batab di Ferina tinggal dipilih mau catering yang mana yang sesuai dengan budget di kantong.


9. OLAH RAGA


Source : Pexels/ enric cruz-lรณpez


Sebenarnya hal ini diterapkan sebelum proses batab ini dimulai. Jadi badan biar lebih fit saat proses berlangsung. Kan gak mungkin kalau olah raga malah di 2WW, yang ada bubar jalan embrio yang di rahim. Olah raga biar bagaimanapun memang penting agar tubuh lebih maksimal kondisinya. Meskipun gak sedang proses batab, saat promil alami juga hal ini sangat di sarankan. Agar aliran darah lebih lancar dan mood juga bisa lebih baik. Tidak perlu yang sudah dan mahal, cukup jalan kaki, atau sepedaan sekitaran rumah juga menjadi solusi terbaik.


10. RIDHO


Source : Pexels/ fatemah khaled


Last but not least, ridho adalah yang paling penting. Buat saya yang pernah menjalani proses ini, saya rasa ridho bahkan menjadi pondasi atau hal paling utama dalam kelancaran proses bayi tabung ini. Pastikan kamu dapat ridhonya orang tua, suami tentunya, dan sangat sangat utama adalah ridho dari Allah. Jika Allah sudah meridhoi semua jalan akan lancar, bebas hambatan bahkan kamu gak akan merasakan kesulitan sekalipun. Karena Allah lah yang punya kuasa atas kehidupan semua makhluknya. Allah tahu mana yang terbaik untuk kamu dan pasangan. Carilah ridholah melalui kebaikan-kebaikan. Contohnya bisa dengan sedekah lebih banyak dari sebelumnya, jalankan solat-solat sunnah, lalu berbicaralah dengannya di sepertiga malam dan curhatkan semuanya. Bertemanlah baiklah dengan al quran agar hati selalu tenang dan jauh dari kecemasan, dan tautkanlah selalu hati kepada Allah, pasrahkanlah semuanya hanya kepada Allah.

Karena sebenarnya jalan ini hanyalah salah satu dari sekian banyak jalan lainnya. Dan semua keberhasilan hanya Allah yang punya. Dekatkan diri lebih dari biasanya kepada Allah. Ikhlaskan bahwa hasil gagal atau sukses esok itu adalah kehendak dari Allah, karena dokter dan team cuma media pembantu saja. Karena keikhlasan yang tulus akan membawa anda kepada jawaban yang termanis, insya allah.


Baca Juga :




Kunjungi juga channel Youtube saya,

๐Ÿ‘‡๐Ÿ‘‡๐Ÿ‘‡๐Ÿ‘‡๐Ÿ‘‡๐Ÿ‘‡๐Ÿ‘‡๐Ÿ‘‡๐Ÿ‘‡๐Ÿ‘‡๐Ÿ‘‡๐Ÿ‘‡

Video : Youtube/ Anita komala sari



Post a Comment