Dekor Ulang Rumah Apa Memang Perlu Modal Gede ya, Yuk Intip Tipsnya !

Picture : pexels.com/ max vakhtbovych

Kadang kita suka bosen dengan tampilan ruangan yang itu-itu saja. Trus puter otak supaya lebih keliatan fresh itu gmn ya? Apa harus dengan ganti semua peralatan, furniture dan perintilan pajangannya? Ah kok terkesan lebay ya. Trus gimana supaya murah tapi oke hasilnya ?

Sebenarnya banyak cara memimalisir pengeluaran tapi masih bisa decor ruangan dengan murah. Memang gak dipungkiri, adanya barang baru akan membuat kita lebih exited. Tapi bukan berarti barang lama jadi gak punya nilai jika kita mau dekor ulang suatu ruangan.

Saat ini orang begitu mudah mendapatkan barang yang di inginkan, yang lucu, yang eye catching untuk ruangannya. Dan menjadikan tampilannya bikin mupeng orang yang melihat.


Kunjungi juga channel Youtube saya

👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇


Video : Youtube/ Catatan Anita


Keberadaan market place menjadi salah satu penyebab orang jadi kenapa orang suka berbelanja. Dengan kemudahannya membuat orang gampang dalam memenuhi kebutuhan mereka. Meski demikian semua itu kembali ke pribadi masing-masing, apakah memang kita gampang keluarin uang untuk barang yang hanya dinilai lucu dan unik atau memang butuh.

Dulu orang akan pergi ke pasar buat cari barang, cek dari toko satu ke toko lainnya, kunjungi tempat satu ke tempat lainnya. Meski jauh tempatnya gak jarang orang-orang tersebut rela datang demi mencari barang yang di inginkan. Hal tersebut tidak berlaku sekarang kemudahan orang mengakses market place untuk belanja membuat kebiasaan tersebut banyak ditinggalkan. Meski tidak 100% ya, tapi sekarang orang tinggal scroll di handphone sudah dapat barang yang mereka inginkan. Mereka tinggal bandingkan harga antar toko , cek review, cek kualitas toko dan barang, dan cuus.. bayar langsung seketika. Mudah, murah dan cepat. Banyak konsumen jadi gelap mata yang pada akhirnya, hal ini menguntungkan sang pedagang. Di sana banyak barang bagus tapi banyak pula barang yang abal abal kualitasnya,  tergantung kecermatan kita waktu memilih barang.


Baca Juga :

Ada 7 Macam Hiburannya Ibu Rumah Tangga di Kala Pandemi Virus Corona Masih Menghantui, Yuk Simak!

Dapetin Uang Recehan Dari Nonton Video Di Tiktok Buat Kaum Rebahan

14 Cara Rumah Jadi Lebih Rapih Dengan Penuh Nilai, Hasilnya Puas!!

Pengalaman Pertama Renovasi Rumah - Bahas 7 Hal Persiapannya Yuk!


Kembali ke decor, yang dibutuhkan adalah kecermatan dalam mendesign. Efektif, dan efisien penggunaan barangnya dan nyaman untuk sang penghuni rumah. Trus gimana cara yang tepatnya ?

Picture : pexels.com/ rachel claire

1. Pastikan Barang Itu Memiliki Fungsi

Kebanyakan orang suka dengan barang baru, saat melihat barang itu di toko sering yang terlintas pertama kali itu naksir, trus pengen beli, dan hal ini cuma dikarenakan warna atau bentuknya yang unik. Yang sering terpancing kondisi semacam ini adalah kaum hawa. Bilangnya "ih lucu, boleh nih beli untuk dirumah". Tapi setelah pulang ke rumah trus mikir lagi tadi beli buat apa ya? kan sudah punya, trus tadi ngapain beli ya? trus ini taruhnya dimana ya? waduh, kena deh jebakan batman hihihi...

Sering penyesalan itu terlambat datang, barang yang sudah dibeli tidak dapat dikembalikan lagi. Maka memang jadi pembeli haruslah cerdas, cerdas membeli dan mengaplikasikannya setelah dibeli. Karena jika cuma asal membeli barang, barang tersebut akan mubazir atau sia-sia keberadaanya. 

Begitupun dengan niat mau mendecor ulang, anda harus pikirkan fungsi barang tersebut. Bagaimanapun juga fungsi akan tertap menjadi prioritas untuk jangka waktu kedepannya, dibanding hanya niatan untuk sedap dipandang mata saja. Tapi jika itu alasannya, maka saya bisa bilang umurnya akan pendek, alias barang itu nantinya pun akan tergusur oleh barang baru lagi yang akan menggantikan barang tersebut.


2. Bagus Belum Tentu Mahal

Banyak barang di sekitar kita yang bisa dijadikan bahan dekorasi murah meriah tanpa harus membeli barang mahal di luaran sana. Tinggal apakah kamu mau mengubahnya atau tidak. Memang akan dubutuhkan effort untuk hal tersebut. Contoh salah satunya, cover bantal sofa, dengan mudah bisa kamu beli di online shop harga memang gak murah untuk 1 setnya, tapi jika kamu mau berusaha sedikit saja, kamu bisa beli bahan sesuai dengan tema yang kamu suka lalu jahit sesuai ukuran bantal dan taraaa,,, jadi deh DIY cover bantal cantik barunya. Bagitupun dengan taplak meja ruang tamu, buat kamu yang punya hobby jahit atau merajut ini adalah waktu yang tepat untuk kamu berkreasi untuk ruang tamu di rumah kamu. Jika tidak bisa itu semua, memang jalan terakhir adalah cari dan beli di online shop dengan harga yang miring, kualitas yang bagus dengan design yang sesuai.

3. Cek Lagi Apakah Barang Lama Akan Benar Disingkirkan

Sebelum menata ulang ruangan sebaiknya memang sebaiknya pikirkan lagi akan ditaruh kemana barang lama, apa akan di hibahkan, di buang saja atau di recycle menjadi barang baru. Keputusan atas sesuatu tindakan memang bukan hanya di kondisi urgent saja, tapi untuk hal-hal simpel dan gak terlalu penting ini juga kadang gak mudah. Dari sini kita akan belajar untuk me'manage barang kedepannya untuk lebih efisien kegunaanya dan keberadaannya. Bukan hanya nafsu sesaat hanya untuk memilikinya saja.


  
Picture : Doc Pribadi/ Anita Komala Sari


4. Reborn Barang Lama

Jika keputusan ada di recover barang lama, maka anda sudah selangkah lebih pintar dan cerdas mengelola barang. Recover tidak selamanya buruk, karena tidak semua orang juga bisa mengelola ulang barang lama miliknya. Contoh kamu bisa mengganti cover lemari yang sudah keliatan lama, karena cat yang mengelupas atau warna yang sudah tercoreng dengan tempelan stiker. Daripada membeli lemari baru, kamu bisa mengubahnya dengan beli cover lemari di online shop. Hal ini tentu akan jauh lebih murah bukan. 

Begitupun vas bunga yang terlihat membosankan warnanya daripada menggantinya dengan vas baru dengan harus mengeluarkan kocek yang gak sedikit. Lebih baik buat vas baru dari bahan botol minum bekas yang berbahan kaca/ beling hasil beli di mini market lalu ubahlah menjadi vas cantik dengan tampilannya menggunakan cover macrame yang siap di kasih bunga kering untuk di taruh disudut ruangan rumah kamu.

5. Buang Barang yang Tidak terlalu Penting

Sudah dipikirkan dan memang keberadaannya tidak terlalu penting, maka sebaiknya hibahkan kepada yang membutuhkan atau kalau memang sudah tidak layak maka dibuang saja. Hal ini adalah keputusan terbaik, paksakan diri kita untuk memilih barang yang penting saja yang di pertahankan. Hal ini bisa berlaku untuk isi lemari baju, mainan, buku, peralatan dapur, dsb. Selain perasaan jadi lega, kita jadi gak merasa berdosa jika suatu hari main ke toko peralatan rumah beli barang baru dan bingung mikir penempatannya atau merasa sia-sia beli. Karena sudah tersedia ruang lega untuknya.

Picture : pexels.com/ rachel claire

6. Jadikan Ruangan Lebih Nyaman Tanpa Kebanyakan Barang

Keberadaan barang memang harus disesuaikan dengan kondisi ruangan di rumah anda. Kan gak mungkin beli sofa besar tapi ruang tamu ukurannya mini, tentu ini kesalahan besar karena keberadaannya akan menghabiskan space ruangan. Maka sebelum membeli sebaiknya kamu ukur terlebih dahulu, dan sesuaikan dengan ruangan yang di miliki. Lalu minimalisirlah kebiasaan koleksi barang yang tidak terlalu penting, karena hal ini akan mengakibatkan ruangan minimalis yang kamu punya akan kepenuhan barang. Beli pertama tidak masalah tapi ketika beli kedua ketiga dan selanjutnya akan menjadi masalah bagi ruangan rumah kamu. Meski di taruh box di dinding tetap saja, akan menjadikan rumah kamu seperti kebanyakan barang, mata yang melihat tidak leluasa. Jadi kembalikan semua, sesuaikan saja tidak perlu berlebihan yang penting pas.

Picture : pexels.com/ maksim goncharenok

7. Pakai Cat Yang Terang Untuk Membuat Suasana Lebih Ceria

Penggunaan cat secara tidak langsung akan mempengaruhi kondisi suatu ruangan. Banyak orang cari aman dengan menggunakan cat warna putih tapi banyak juga yang berani padu padakan warna agar suatu ruangan terlihat lebih hidup. Mau decor tapi gak punya basic, takut salah gimana dong ? gampang, kamu bisa cari-cari referensi di media sosial. Saat ini banyak orang gak pelit untuk share gaya dekorasi mereka terhadap rumah-rumah mereka, jadikan itu sebafai referensi kamu. Bisa di IG, Pinterest, Tiktok atau media lainnya. Dari sana kamu akan bisa bandingkan sebenarnya kamu lebih suka gaya dekorasi yang seperti apa. Karena ilmu sekarang mudah di dapat maka manfaatkan saja.

8. Selalu Bersyukur Kepada Allah Subhanahuata'ala

Apapun kondisi kita usahakan selalu bersyukur, karena dengan dengan bersyukur maka akan di tambahkan nikmatNYA. Syukur adalah kebahagiaan yang hakiki. Dan kebahagiaan itu letaknya di hati. Kesehatan, kebahagiaan, kecukupan, kelimpahan barokah, suami dan istri yang penyayang adalah harta terindah. Tinggal kita yang harus pintar memeliharanya agar kebagiaan duniawi tentang rumah yang indah dengan di isi penghuni yang pandai beryukur akan sampai di surganya Allah, aamiin.


Baca Juga :


Kunjungi juga channel youtube saya

👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇


Video : Youtube/ Catatan Anita




Post a Comment