Widget HTML Atas

Makeover Kamar Tidur Minimalis Menggunakan Cat Dinding Nippon Paint Flaw-less (Sable Brown)

A door in a room

Description automatically generated with low confidence

Picture : Dokumentasi pribadi/ Anita komala sari



Make over kamar tidur belakang, kenapa tidak? Pas banget kan kondisinya sudah tidak bagus lagi catnya, kita harus pilih cat yang bagus kualitasnya nih seperti cat dinding interior Nippon paint. Memang keberadaan kamar kedua atau kamar belakang dalam rumah buat saya sangat amat membantu. Meski kami tidur di kamar utama, kadang kalau sedang bosan pasti perginya ke kamar belakang, entah sekedar pengen leyeh-leyeh atau lakukan aktifitas lainnya. Selain hal itu keberadaan kamar belakang punya manfaat lainnya. Seperti bisa diandalkan kalau sedang ada tamu yang datang, jadi bisa istirahat atau sekedar numpang ibadah solat. Dengan demikian adanya kamar belakang menjadi hal penting untuk diperhatikan jadi tidak dibiarkan begitu saja. 



Di sisi lain saya sendiri sudah lama punya keinginan untuk merubah cat interiornya atau sekedar dekor-dekor simple agar kelihatan cantik. Mengubah tampilan awalnya yang semula catnya berwarna putih (bawaan developer) ke warna yang lain yang lebih hidup. Saya rasa dengan perubahan ini akan membuat tampilan kamar akan lebih berbeda. Atmosfernya juga pasti berubah. Saya mau pemilihan warna ini nantinya akan lebih bisa memberikan efek positif dari segi sifat dan pikiran untuk penghuninya, juga mampu menciptakan aura/ energi yang lebih bagus.


Karena untuk saat ini jujur saja cat dari bawaan developer yang menggunakan merek lain itu banyak yang mengecewakan hasilnya, seperti banyaknya timbul jamur juga retak-retak rambut di beberapa titik dinding kamar yang membuat pemandangan jadi mengganggu. Belum lagi catnya itu mengelupas membuat debu-debu gampang mengotori kamar. Kalau sudah seperti ini sudah sangat jelas, memang harus segera di renov.


Berikut ini adalah penampakan dinding yang sudah di amplas dan di dempul menggunakan matex dari Nippon Paint. Proses dempul ini dilakukan untuk menutup retak-retak rambut yang sudah mewabah ke seluruh dinding kamar.


No image

Description automatically generated 

Picture : Dokumentasi pribadi/ Anita komala sari



Lalu gambar dibawah ini merupakan sudut dinding lainnya yang lembab dan berjamur. Sungguh pemandangan yang sama sekali gak asik bukan. 


A picture containing wall, indoor, white, dirty

Description automatically generated

Picture : Dokumentasi pribadi/ Anita komala sari



Sejak pandemi Covid-19 memang telah merubah kondisi dan kebiasaan-kebiasaan kita disegala aspek.  Yang tadinya suka aktifitas di luar, sekarang semua terbatas. Yang tadinya bisa lakukan banyak hal secara offline sekarang kebanyakan online. Seperti sekolah online, kerja online, kajian pengajian online, dan semua hampir rata-rata menjadi online. Dunia jadi berubah, jadi lebih sedih dan sendu, tapi jangan sampai diri kita juga ikutan sedih dan stress dengan kondisi dunia yang sedang tidak baik-baik saja, bukan. Maka solusinya kita harus membuat perubahan positif itu dari dalam lingkungan kita sendiri.


Memang dari sejak pandemi fungsi rumah itu sendiri telah mengalami banyak perubahan, tidak hanya tempat untuk beristirahat dari seharian bekerja, tapi saat ini fungsi rumah sudah merevolusi dengan lebih banyak dituntut oleh penghuninya untuk bisa memberikan kenyamanan, keamanan yang bersifat melindungi penghuninya dari serangan virus jahat yang ada di sekitar. Maka dari itu saya rasa semua akan kembali ke penghuninya, apakah rumah hanya akan di ditinggali begitu saja tanpa ingin merubah sedikitpun, atau malah ingin men-settingnya menjadi rumah nyaman sebagai tempat tinggal idaman setiap orang. 


Menurut saya dengan mengubah sebagian sisi interior dalam rumah atau tepatnya bagian kamar belakang akan membuat perubahan yang baik bagi penghuninya.  Seperti waktu pemilihan warna cat, jika kita mampu mengeksplorasi warna tertentu ternyata bisa menciptakan rasa dan atmosfer ruangan yang berbeda lho. Perubahan warna ruangan itu seperti lembaran baru, cerita baru dan dalam sebuah buku. Ah jadi makin excited nih!


Dan pas banget momennya sebentar lagi kita akan menyambut bulan yang suci, bulan ramadhan, bulan yang penuh keberkahan. Bersemangat untuk beribadah dengan lebih baik lagi, menata hati dan emosi untuk lebih terkontrol, lebih bisa menjaga akhlak menjadi muslimah sejati dan berniat menjadi pribadi yang jauh lebih baik di setiap harinya.  Ah jadi gak sabar menanti ramadhan ini. Menunggu ramadhan ini seperti sedang menanti tamu kebesaran atau kehormatan yang akan datang. Jadi lebih semangat dan energik!!



A picture containing person, person

Description automatically generated A person painting a wall

Description automatically generated with low confidence

Picture : Dokumentasi pribadi/ Anita komala sari



A picture containing person, outdoor

Description automatically generated A picture containing person, indoor

Description automatically generated

Picture : Dokumentasi pribadi/ Anita komala sari



Memilih Merk Nippon Paint Flaw-less

Pemilihan merek, type dan warna jelas menentukan hasil akhir dari sebuah dekorasi interior. Saya sendiri memilih Nippon Paint Flaw-less dengan kode warna Sable Brown - NP N 1876A. Menurut saya warna ini akan membuat dinding kamar belakang tampak hidup. Memberikan nuansa kehangatan yang teduh. Juga memberikan efek psikologis yang tenang, intimate, hangat di dalamnya. Oh ya warna ini juga ternyata masuk dalam tren warna ramadhan tema warm lho. Apalagi kalau sudah ditambahkan dengan ornamen-ornamen pendukung lainnya, akan semakin pop up.





Chart, calendar, treemap chart

Description automatically generated A cup of coffee

Description automatically generated with low confidence

Picture : Dokumentasi pribadi/ Anita komala sari



Karena suami juga setuju membantu proses renov ini, maka dimulailah proses pengecatannya. Hal pertama yang harus dilakukan pastinya pergi ke toko bangunan dulu untuk mencari merk dan type cat yang dituju. Lokasinya cari yang terdekat dengan rumah saja supaya lebih gampang.



Sekilas tentang Nippon Paint


Ternyata merek ini sudah sangat dikenal di dunia per'catan ya. Kualitasnya yang bagus membuat konsumen gak perlu ragu dalam memilih merek ini. Merek dagang Nippon Paint ini berasal dari jepang dan sudah berdiri dari tahun 1969 di indonesia. Jadi kurang lebih sudah 53 tahun ya berdiri di indonesia. Di negara pusatnya sendiri di jepang sudah berdiri sejak tahun 1881. Nippon Paint sendiri merupakan perusahaan manufaktur cat pertama dan pelopor industri cat di Jepang. Dengan kualitasnya yang  bagus merk ini senantiasa selalu berinovatif sehingga menjadi merek cat nomor satu  di kawasan Asia Pasifik, wah keren ya!


Produk Nippon Paint bisa di andalkan untuk berbagai kebutuhan, contohnya untuk interior, eksterior, kayu, besi, hingga lantai.  Nippon Paint juga memiliki lebih dari 10.000 koleksi warna. Produknya telah terdistribusi luas ke seluruh nusantara. Produk-produknya pun sudah ada kurang lebih di 5000 toko CCM di seluruh indonesia (Sabang sampai Merauke). Nippon Paint sendiri telah menjanjikan bahwa produknya itu bergaransi dan keakuratan dan konsisten warna yang dihasilkan itu sampai 100%. Keren ya!! Nippon Paint memang serba bisa, benar-benar solusi total untuk segala pengecatan.




Ngobrol dengan Pegawai Toko Bangunan

Menurut si bapak produk cat yang paling handal memang Nippon Paint dibanding produk lainnya. Produk ini memang laris manis dan banyak banget di cari customer. Untuk ruangan yang akan saya cat ulang, kalau menurutnya ukuran ruangan 3x3 dengan dua sisi saja yang akan di cat coklat/ Sable Brown dengan hasil yang maksimal bisa dengan menggunakan 2 kaleng ukuran masing-masing 2.5L. 


Di toko bangunan, saya melihat sendiri proses pencampuran cat tersebut dilakukan oleh mesinnya Nippon Paint. Wow service yang totalitas ya. Dari sini kita bisa tahu dari dua mesin pencampur cat yang mereka taruh di toko-toko yang melayani customer yang membeli produknya, Nippon Paint memang diakui sangat serius dalam menjaga kualitas produknya demi kepuasan customer. Cara yang benar-benar elegan untuk menjaga semua keaslian produknya dengan baik untuk sampai ke tangan customer. Oh ya Nippon Paint juga memberikan informasi mengenai Colour Scheme Service yang gratis lho!!




A picture containing text, indoor, cluttered

Description automatically generated

Picture : Dokumentasi pribadi/ Anita komala sari



Kembali ke proses pengecatan yang kita awali dengan pergi ke toko bangunan. Dan memilih warna yang akan dibeli, kemudian cat tersebut dicampur dengan proses ting ting, cara ini digunakan agar bisa mendapatkan warna sesuai yang diinginkan. Prosesnya pun dilakukan oleh mesinnya Nippon Paint. Disini ada dua mesin yang bekerja mencampur cat supaya tercampur dengan sempurna. Mesin pertama, cat di akan di campur dengan warna lain sehingga akan menghasilkan warna yang diinginkan (sesuai kode cat). Mesin yang kedua, bekerja mencampur isi cat dalam kaleng supaya cat tercampur secara sempurna.



A person opening a refrigerator

Description automatically generated with low confidence

Picture : Dokumentasi pribadi/ Anita komala sari



Proses Pengecatan

Setelah mendapatkan warna yang di inginkan di toko bangunan, kami bayar dan langsung pulang untuk persiapan pengecatan kamar belakang. Tahap di awal ini rasanya gak mudah ya, karena kami tidak terbiasa akan kegiatan pertukangan seperti ini jadi pelan-pelan saja saja melakukannya. 


Proses selanjutnya agar dinding lebih rata dan nantinya hasil catnya bagus, yang harus kami lakukan adalah dengan melakukan pembersihan dan pengamplasan. Hal ini diaplikasikan ke semua luas dinding yang nantinya akan di cat. Setelah itu dinding yang retak-retak juga harus di tambal/ dempul dulu menggunakan matex agar nanti hasilnya rata dan lebih sempurna. 



A ladder leaning against a wall

Description automatically generated with medium confidenceA picture containing indoor, wall, floor, bedroom

Description automatically generated 

Picture : Dokumentasi pribadi/ Anita komala sari



Proses pengecetannya tidak sulit, hanya saja mesti sabar karena kita akan membuat dua lapisan di dinding agar hasilnya sempurna, bagus dan tidak ada celah samar di sekitarnya. Warna cat dengan tipe flawless ini menghasilkan warna dinding yang doff. Tipe ini memang warnanya itu seperti tanah ya, atau kalau kamu ingat dengan seragamnya anak pramuka, nah mirip deh itu. Kelebihannya dengan warna ini hiasan dinding akan lebih pop up, tentunya dengan dinding yang keliatan lebih bersih dan baru. 


 

Nippon Paint Flaw-less,

Dengan teknologi Colour Protect, warna jadi tidak mudah pudar dan tahan cuci. Aman bagi keluarga 

karena rendah VOC.


*VOC, merupakan komponen kimia yang menguap di udara ketika mengaplikasikan cat atau ketika dalam proses pengeringan. 



Nippon Paint Flaw-less ini direkomedasikan untuk :

Untuk ruang tamu, ruang keluarga, kamar tidur utama, hotel, restaurant, balai pertemuan, dan ruang pertemuan.        


A picture containing cup, indoor

Description automatically generated 

Picture : Dokumentasi pribadi/ Anita komala sari



Untuk warna Sable Brown tampilannya itu membuat dinding kelihatan lebih natural lebih homey. Jadi bisa menambah nilai aesthetic dalam ruangan. Setelah di cat di sisi dinding yang saya inginkan, selanjutnya bisa saya tambahkan ornamen hiasan dinding lainnya seperti pajangan macrame, frame foto.


Dan inilah hasil pengecatannya, ruangan tampak lebih hangat dengan sentuhan warna cat baru. Ruang kamar belakang jadi semangkin hidup dan rasanya makin betah buat saya leyeh-leyeh di kamar ini. Rasanya kamar depan atau kamar utama juga ingin rasanya segera di dekor ulang deh menggunakan cat Nippon paint juga.


A door in a room

Description automatically generated with low confidence

Picture : Dokumentasi pribadi/ Anita komala sari



A door with a light above it

Description automatically generated with medium confidence

Picture : Dokumentasi pribadi/ Anita komala sari



A window in a room

Description automatically generated with low confidence

Picture : Dokumentasi pribadi/ Anita komala sari



A picture containing wall, indoor

Description automatically generated

Picture : Dokumentasi pribadi/ Anita komala sari



A window in a room

Description automatically generated with medium confidence

Picture : Dokumentasi pribadi/ Anita komala sari


 

Terima kasih Nippon Paint, sudah membuat kamar belakang rumahku menjadi baru. Cakep banget hasilnya. Saya dan suami juga puas dengan hasilnya. Dinding sekarang lebih cantik dan siap untuk di dekor sesuai keinginan saya. 


Memang gak usah diragukan lagi produk ini, saya juga telah memakainya juga di ruang dapur, laundry room dan lantai atas yang habis di renovasi tahun kemarin, kesemuanya kami juga menggunakan Nippon Paint. Hasilnya bagus, berkualitas dan juara pokoknya deh!



No comments for "Makeover Kamar Tidur Minimalis Menggunakan Cat Dinding Nippon Paint Flaw-less (Sable Brown)"