Membuat Risol Mayo Smoked Beef Ala-ala (Risol Viral Di Tiktok, Jadi Ikutan Buat Juga)

Picture : Dokumentasi pribadi/ Catatan Anita

Suka keracunan gak sih kalu lagi scrol-scrol medsos gitu. Kalau saya sih kacang-kadang. Nah apalagi yang namanya tiktok. Beberapa bulan trakhir ini saya suka dengan dengan konten-konten yang ada di video tiktok. Saya suka karna informasinya tuh dapet banget dari video durasi pendek yang selalu up to date terus saat kita buka aplikasinya. Bahkan info terbaru di berita tivi atau medsos lain, sering datangnya dari tiktok dulu. Itu hasil saya pengamatan saya ya. Meski gak 100% selalu infonya dari tiktok, tapi info dari aplikasi ini selalu yang terdepan menurut saya.


Baca juga :


Kembali kenapa suka keracunan, karena infonya sering banget beseliweran. Berawal dari liat, trus kepo eh jadi dateng deh akun-akun lain yang sejenis. Racun ini juga sempet membuat saya masukin barang ke keranjang belanja tiktok shop yang terbatas jumlahnya. Entah itu tas, baju, sendal dan perintilan lainnya. Nah kali ini keracunannya karna ada produk makanan yang sempet viral. Risol margo namanya, karna yang viralin namanya margo. Seorang cewek yang suka bantuin ibunya jualan kue pagi, dan ia membantu membuat  risol sampe tengah malam. Postingannya sukses menembus jutaan view. Like, comment, share juga memenuhi postingannya.


Kunjungu juga channel youtube saya
👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇

Video : Youtube/ Catatan Anita

Jadinya saya juga ikutan bikin deh. Yah meski gak 100% sama bentuk dan isinya, tapi ini sudah mengobati rasa penasaran saya terhadap cemilan satu ini yang sempet viral. Plus rasa penasaran ini makin menghantui dikarenakan juga saya belum pernah buat sebelumnya. Bahan-bahannya sama kok, kita tinggal nyontek aja dari akun-akun yang pernah recook sebelumnya. Dan ini versi saya.


 

 
Picture : Dokumentasi pribadi/ Catatan Anita

Bahan untuk kulit :

250gr tepung terigu 

2 sdm tepung tapioka

1 butir telur

Garam secukupnya

Lada secukupnya

Kaldu jamur secukupnya

Air matang 600ml


Peralatan :

Teflon (Creps maker)


Isian risol :

Telur 5 butir

Smoked beef 1 pack

Thousand Island 1- 2 botol ukuran sedang

Keju 1 batang

Tepung panir 1/4 kg


  
Picture : Dokumentasi pribadi/ Catatan Anita

Dalam satu kali pembuatan menghasilkan 14-16 pcs risol. Dan karena bahan-bahan isiannya masih ada, dari yang saya sebutkan di atas. Jadilah kulitnya dibuat sampai dua kali. 

Kalau versi risol margo isinya menggunakan mayonnaise merek mamayo plus dicampur dengan skm. Tapi versi saya menggunakan thousand island yang biasanya untuk salad sayur.

Yang paling menyenangkan dari proses ini adalah, saat membuat kulitanya pakai teflon creps maker. Prosesnya jadi gampang dan sama sekali gak ribet. Saya jadi gak begitu kesulitan dalam menakar di teflon untuk tebal tipisnya si kulit risol ini. Step kedua yang menyenangkan versi saya adalah, ketika mengisi dan melipat kulit juga menempelkan tepung panir keseluruh badan risol.

Picture : Dokumentasi pribadi/ Catatan Anita

Oh ya kemarin saya melengketkannya kulitnya itu menggunakan telur, tapi ternyata lama-lama tepung panirnya gak mampu lengket ke permukaan risol lho. Buliran tepung panir yang ukurannyajadi ke filter menjadi yang besar-beasr aja. Alhasil tepung panir tidak bisa menempel sempurna. Mungkin next time bisa di coba dengan tehnik menggunakan tepung basah menggantikan si telur.

Karna saya masih amatir, jadinya lipatan risol pun masih berantakan. Plus ditambah meja dapur juga berantakan karna tepung panir yang berhamburan ini karena wadahnya kekecilan, jadi keluar-keluar gitu deh tepungnya).

Kalau kamu sendiri gimana, ikutan penasaran buat juga kayak saya gak ?


Baca juga :



Kunjungu juga channel youtube saya
👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇

Video : Youtube/ Catatan Anita


Post a Comment