10 Hal Yang Bisa Membunuh Waktu Dengan Cepat (Buat yang suka bosen dirumah)!!

Pic : Pexels/ Daria Shevtsova

Dirumah aja bosenin juga ya. Kalau kita gak pintar-pintar cari kerjaan sendiri akan bosan abis jadinya. Meski begitu kita tuh bisa lho membunuh waktu dengan cepat alias mengakalinya dengan aktifitas yang bisa bikin happy dan waktu seakan berjalan dengan cepat. Emang bisa? Bisa dong, segala hal bisa dilakuin dengan menyenangkan tentunya ini sangat bisa membuat waktu habis dengan cepat. Bahkan saking astiknya bisa kurang waktu yang dinikmati. 

Sebagai IRT atau ibu rumah tangga, setiap hari sepertinya perkerjaan rumah itu gak ada habisnya ya. Saya sendiri sebagai mantan pekerja kantoran, dulu sempat bingung dan kikuk tentang program keseharian. Haduuh mesti ngapain ya kalau gak kerja ngantor, dengan pemikiran penuh prinsip, "yang bener aja, gak ngantor ya gak asik lah". Tapi ternyata semua gak sekikuk itu, gak seburuk itu kalau di rumah aja. Gak tau mesti ngapain, takut bosen, takut gak bisa ini itu, semua sirna dengan sendirinya.  Bahkan menjadi me time saya dalam keseharian dirumah. Entah itu beberes rumah, masak, dan kerjaan lainnya yang menyenangkan. Simpelnya seperti saya sekarang mengurusi konten youtube dan mencoba konsisten nulis blog lagi yang baru-baru ini sudah berhasil approve google adsense. Dan itu buat saya menyenangkan.


Kunjungi juga channel youtube saya

👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇

Video : Youtube/ Catatan Anita


Buat saya yang sudah lama jadi mantan pegawai kantoran. Rumah sudah menjadi tempat paling nyaman dan aman dari melakukan berbagai aktifitas. Contoh hal yang setiap orang lakukan, kalau pagi biasanya ya beberes rumah, kadang masak, entah itu untuk sarapan atau untuk makan siang. Kalau lagi gak mood masak ya beli aja. Trus siangnya mulai di depan laptop sampai sore atau malam. Entah itu editing video, bikin konten, blogging disambil sela-selanya istirahat suka rebahan scroll medsos. Asyik bukan.

Alhamdulilah suami tidak pernah menuntut banyak, dia hanya mau saya gak terlalu cape mengerjakan semua dalam satu waktu. Memang meski gak keliatan kerjaannya tapi kalau dijumlahkan kerjaan rumah banyak juga lho. Salah satu hal tercape adalah kalau udah kelamaan di dapur, berdiri, bukan sekedar masak tapi sampai bersihin peralatan masak yang kotornya itu bisa 1-2 jam sendiri lho. Belum lagi ditambah beberes rumah lainnya. Jadi ya wajar kalau dikerjain sendiri semuanya ya tentu ini melelahkan bukan.


Baca juga :



Jadi menurut saya jangankan orang kantoran, ibu rumah tangga, atau pekerja freelance juga butuh yang namanya hiburan. Sesuatu yang menyenangkan dilakukan dan menjadi moodbooster terbaik.

Setiap orang punya cara yang berbeda-beda dalam mengatasi masalahnya. Entah gimana caranya membunuh waktu, yang penting balik lagi waras dan kembali ke rumah dengan penuh ide dan inspirasi. Jadi membunuh waktu yang mujarab versi saya itu seperti ini lho : 


1. Beberes rumah 

Siapa bilang dirumah gak ada kerjaan, kalau suami udah cape dengan berangkat paginya dan pulang malem otomatis kerjaan beberes rumah kalau bukan ART yang pegang siapa lagi coba kalau bukan kita. Mskipun suka bikin cape karena listing pekerjaannya banyak tapi mau gak mau harus dikerjakan. Makanya itu kewarasan sesorang yang dirumah aja mengerjakan pekerjaan rumah itu penting. Apa itu? tidak di jadikan beban. Dan inilah sederetan kerjaan daily yang jadi job desc saya sekarang ini, masak, cuci, jemur, nyapu, ngepel, setrika, repotting tanaman, deep cleanning daan perintilan lainnya yang pastinya menjaga kebersihan rumah agar rumah enak ditinggali. Setidaknya listing semua pekerjaan rumahan itu membuat saya meliha jarum jam berlalu dengan cepat jadinya suka mager kalau pergi keluar.


Pic : Pexels/ Cottonbro


2. Pergi keluar (shopping, cari jajanan, nonton dll)

Tapi kalau udah bosen dirumah, jelas cara paling ampuh mengatasinya adalah dengan keluar rumah. Cari hiburan yang menyenangkan hati. Tinggal dapet restu dari suami, selebihnya kita adalah raja dari waktu yang akan kita habiskan hari itu. Mau kemana aja dari pagi atau siang ya hayuk. Kalau saya biasanya keluar dengan tujuan memenuhi wish list barang-barang, dan emang sengaja carinya di toko offline. Sebenernya bisa aja sih beli online, tapi emang moodnya hari ini pengen keluar rumah ya jadinya sekalian aja deh. Selain shopping acara selanjutnya yang bisa dijadikan sasaran tempat untuk membunuh waktu adalah jajan. Kita bisa aja jauh-jauh tempat yang pengen dituju itu cuma sekedar pengen jajan. Kalaupun niatnya mau sampai sore atau malam diluar rumahnya, cara yang paling jitu selanjutnya adalah nonton di bioskop. Pas banget bukan. Pikiran fresh, hati senang, dan pulang bisa bareng deh sama suami, cihuyyy..


Pic : Pexels/ Marta Dzedyshko


3. Seharian di salon perawatan

Next, buat para wanita ke salon udah pasti jadi agenda. Kalau saya gak harus tiap bulan kesana tapi setidaknya kelau dirasa sudah pengen ya sudah jalan aja. Minimal creambath atau malah pake pijat badan dan reflexy ya bisa bisa banget. Udah jelas kalau ke salon itu memang akan menghabiskan waktu berjam-jam, jadi ya dinikmati aja deh waktu yang panjang ini dengan memanjakan diri sendiri. Mantab bukan ?!


4. Nongkrong di coffeeshop sambil blogging

Kalau ke mall tapi gak ada yang dituju ya bingung juga ya. Eits jangan salah, mall kan juga ada coffeeshop. Tentu ini jadi sasaran empuk buat para blogger kaya saya bukan. Banyak lho para pengunjung yang ingin mencari suasana berbeda dari tempat biasanya dan mereka lebih senang kesini buat sekedar mencari hiburan. Di coffeeshop sendiri udah jadi tempat kedua setelah rumah, kantor atau tempat lainnya. Dari mereka banyak yang nyaman dengan suasananya dengan membawa tugas atau pekerjaan seperti laptop untuk bekerja dsb. Jadi menurut saya tempat ini juga banget dijadikan tempat tujuan buat yang sedang bosen dirumah aja.


5. Pergi ke acara-acara talk show atau even-even tertentu

Nah ini adalah kondisi yang baru saya jalani kemarin. Baru saja saya dengan berani sendirian datang ke acara Jakarta Beauty di jcc senayan. Bisa dibilang jaraknya lumayan jauh lho dari rumah saya di depok. Mendatangi sebuah acara yang jaraknya gak bisa dibilang deket seperti ini juga harus ada niatan yang gede lho. Karena kalau enggak, yang ada mager aja dirumah. Pastikan kamu juga kalau mau datang ke acara besaritu, cek dulu lokasinya, detail acaranya, tahu jalur transportasi untuk menuju tempat dan apa saja yang diperlukan untuk menuju kesana seperti tiket, dan info persyaratan lainnya.


6. Manjain mata ke tempat perabotan rumah yang aesthetic, contoh : IKEA, ACE harware, Informa.

Main ke tempat seperti ini sudah jadi surganya para ibu rumah tangga. Gimana enggak, kita jadi terinspirasi dengan design dan segala pernak pernik yang di pamerkannya. Seperti IKEA, buat saya tempat ini menjadi iconic dalam menginspirasi trend rumah kekinian dengan gaya scandinavian. Meskipun suka naksir gaya penataan barangnya tapi pada kenyataannya banyak juga orang-orang kesana hanya untuk cuci mata saja lho. Tapi buat saya kesana itu dapat menginspirasi dalam mendesgn ruangan dan menata barang. Suka banget denga barang-barangnya, berkualitas dan elegan. Cocok buat di taruh diberbagai sudut rumah.  Ya kalau naksir tinggal tulis aja di kertas yang di siapkan, lalu ke bawah atau rak gudang cek kode trus  dibawa pulang deh, hihihi... Juga pastinya kalau kesini itu ya buat makan siang. Karena menu masakannya suka bikin ngangenin bukan.

Pic : Pexels/ Fatemah Khaled


7. Datangi kajian agama offline, meski jauh hajar aja

Mendatangi kajian yang tempatnya agak lumayan juga ya trus pertama kali plus sendirian. Nah gimana itu rasanya? Itu adalah saya haha… saya cuek dengan keadaan apalagi sendirian. Niatnya memang mau cari ilmu agama ngapain takut, ngapain minder. Ah sudahlah cuek aja. Toh disana kita juga menedengarkan cermah bukannya nyari temen trus bergosip. Syukur alhamdulilah pulang kajian dapat temen baru, masya allah. Dapat ilmu plus dapat kenalan baru yang sama-sama seneng datangi kajian offline seperti ini. Tapi semenjak pandemi, lock down dsb, kajian agama offline seperti ini belum sepenuhnya lagi di adakan, karena kebanyakan online. Tapi gpp setidaknya saya sekarang sudah bergabung di grup yang isinya setiap hari suka share tentang ilmu dan info agama. Alhamdulilah. So, buat kamu yang bingung mau kemana alias bosen dirumah, cara ini bisa banget kamu ikuti juga ya. Tahunya dari mana? Kamu bisa cari tahu di komunitas, misal dari follow akun-akun agama yang berseliweran di IG atau FB. Kalau saya dulu, pertama saya follow akun agama yang sesuai dengan apa yang saya cari. Nah dari situ akan berteberan beberapa akun sejenis lainnya. Kamu bisa cek kebenarannya dulu sebelum follow. Jika sudah sreg, baru deh bisa kamu ikuti kajiannya. Nantinya mereka akan rajin share mengenai info-info tersebut. Cobain juga ya!


8. Datangi kopi darat komunitas

Bergabung di komunitas adalah jawaban dari segala kegundahan hati. Saya sendiri bergabung di kominitas emak-emak bloger membuat saya jadi belajar gimana caranya menulis, gimana cara mencari cuan lewat tulisan di blog, bertemu dengan teman-teman lainnya yang sama hobynya dengan saya. Belajar bersama cara menulis di blog dan segala hal seputar ngeblog.. Saya rasa kamu juga bisa bergabung di komunitas yang membuat kamu happy. Sesuaikan saja dengan minat kamu dan ketika ada pertemuan yang bisa kamu ikuti, akan membuat kamu senang karena kita sefrekuensi gaes. Tentunya hal ini membuat kita tambah ilmu baru dan wawasan jadi lebih luas lagi.


9. Ngemall cari diskonan atau sekedar cari jajan

Anak jakarta sebagian besar memang identik dengan ngemall. Saya sendiri dari lulus kuliah dulu trus jadi cewek kantoran, sabtu minggu hiburannya ya cuma ngemall. Makanya sekarang ini cari hiburan yang gampang ya ke mall. Di mall apa aja bisa dilakuin, nonton, jajan, belanja baju, sembako, sepatu, cari diskonan, cari buku, bahkan pijet juga bisa di mall. Mall udah jadi tempat one stop shopping yang menjawab segala keperluan kita. Meski begitu sering-sering ngemall juga kadang bosen ya. Jadinya ya sudah sekedar cari hiburan sesekali aja ya gpp. Tapi sekarang ini ke mall yang  ada cuma nonton dan makan aja deh ujung-ujungnya. Tapi buat yang emang niat ngabisin waktunya di mall saya rasa gak ada salahnya, sekian jam bisa kamu buang disini. Karena memang tempat yang jadi sasaran empuk bange kesini ya ngabisin waktu sekaligus ngabisin uang hahahaa..


10. Ke toko buku, cari buku-buku referensi terbaru

Yap ke toko buku buat saya jadi tempat bahagia selanjutnya seletelah listing di atas tadi. Di toko buku saya bisa 2 jam bahkan lebih. Kayaknya seneng aja kalau saya berkutat dengan buku-buku bagus. Mencari cari mana buku yang cocok dengan apa yang saya mau saat ini. Seperti sedang memilih bunga mana yang mau saya bawa pulang. Karena banyak yang bagus dan rasanya tuh kayak mau dibeli semuanya aja. Meski demikian rutinitas ke toko buku tidak serutin ke tempat lainnya. Ke toko buku juga selain buku-bukunya yang menarik, tempat lain yang menarik adalah lihat-lihat ke bagian pernak pernik atau peralatan ATK. Rasanya kok unik-unik ya, kok lucu-lucu ya. Eh jadi lama deh disekitaran situ. Apalagi kalau ada yang dituju, makin lama aja karena pilih-pilihnya :( 


Meski demikian setiap orang punya cara masing-masing dalam mengatasi kebosanannya. Mungkin cara saya belum tentu cocok dengan cara kamu. Tapi sebenarnya cari hiburan ini atau healing yang dibilang anak muda sekarang atau juga me time’nya kita bisa dilakukan dimana saja asal bisa bikin happy. Ini semua tidak harus menjadi rutinitas yang wajib tapi mungkin cara-cara itu bisa membantu dalam mengatasi kebosanan sesaat. Setiap orang perlu hiburan dan hiburan terbaik adalah dekat dengan orang tersayang melakukan segalanya bersama.  Semangat!!!!     


Baca juga :


Kunjungi juga channel youtube saya

👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇

Video : Youtube/ Catatan Anita














Post a Comment