Memanfaatkan Uang Dari Sisa Bulanan, 10 Hal yang Bisa Di Perhatikan !!

Picture : Pexels.com/ Cottonbro


Buat orang yang sudah menikah pasti perencanaan keuangan tiap bulan itu sangatlah penting. Bukan hanya kita dituntut untuk pintar mengatur semua keuangan dalam keluarga tapi juga harus cerdas dalam memanage keuangan. Uang belanja, uang liburan, uang pembayaran ini dan itu, harus rapih dalam kantong-kantongnya.

Saya sendiri jika dapat jatah uang bulanan dari suami pasti akan langsung di masukan ke beberapa sekat atau kantong dalam satu dompet. Bahkan saya juga punya lebih dari satu dompet yang mengatur keuangan secara fisik/ uang cash. Karna memang ya uang cash itu masih sangat dibutuhkan. Dengancara seperti ini membantu banget dalam pengelolaan uang tiap bulannya. Saya jadi bisa lebih gampang mengatur uang masuk dan uang keluar dalam satu bulan.


Baca juga :


Kunjungi juga channel youtube saya
👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇

Video : Youtube/ Catatan Anita


Dompet yang saya gunakan seperti dompert organizer keuangan yang sekarang sedang trend. Kita tinggal ngasih label aja pada setiap sekatnya dan taruh uang sesuai yang sudah di bugetkan. Cara ini lumayan efektif lho, kita jadi lebih berhati-hati kalau mau menggunakan uang. Karena sudah dilimit untuk pemakaian seminggu atau sebulan. Jadi bisa meminimalisasi over budget dari konsumtif yang berlebihan.

Picture : Pexels.com/ Cottonbro


Saya rasa tentu setiap orang memang punya caranya masing-masing dalam mengelola keuangan. Ada yang gak suka uang cash jadi apa-apa sudah via transfer atau bahkan sebaliknya. Bank transfer atau via mobile banking untuk bayar menggunakan QR code sudah sangat memudahkan kita dalam bertransaksi, tapi ternyata gak semua sektor sudah full digital lho. Ada kalanya kita juga pasti butuh yang namanya uang cash. Bahkan masih sangat banyak transaksi yang juga pakai uang cash. Contohnya aja kalau kita jajan di pinggir jalan, atau sedang di pasar para pedagang kecil pasti atau kebanyakan menerimanya ya uang cash.  Belum lagi bayar parkir di depan alfamart yang gak resmi gitu juga pakai uang cash. 


Kembali ke cara mengelola uang bulanan yang setelah di kasih jatah trus di kelola, pasti ada dong sisa-sisa uang dari semua kewajiban bayar dan beli kebutuhan rumah yang sudah terpenuhi itu. Nah sisanya mendingan dikemanain ya, mending alokasikan aja yuk supaya lebih bermanfaat.


Picture : Pexels.com/ Michael steinberg


1. Untuk beli emas

Emak-emak jaman dulu, atau orang tua dulu kalau kasih nasihat suka banyak benernya. Percaya kan kalau emas itu adalah investasi terbaik sepanjang masa. Bahkan di agama juga disarankan begitu. Gak papa kalau bulan ini masih belum bisa beli emas 1 gram aja, setidaknya kekumpul sekian ratusnya dulu aja bisa untuk modal beli emas di bulan mendatang. Bisa emas batangan atau contohnya antam, atau emas perhiasan. Kalau perhiasan enaknya bisa kita pakai, kalau bosen tinggal ganti-ganti model aja. Gak semua mesti dipakai juga, simpan dan kapan aja bisa pakai. Juga kapan aja bisa kita jual dan langsung jadi uang yang bisa dipakai sewaktu-waktu.

2. Tabung untuk tabungan berjangka

Namanya manusia hidup pasti punya tujuan dan impian di masa mendatang. Agar hidup lebih sejahtera. Bisa dengan buka tabungan haji, umroh, tabungan untuk anak, dana pensiun, kesehatan, dan sejenisnya. Dengan buka tabungan berjangka kita tuh kayak jadi harus rajin menabung, bahkan wajib. Karna ada tanggal yang wajib setor ke bank dan ada jangka waktu di ambilnya. Persiapan dari dini membuat kita lebih pintar menentukan tujuan di masa depan. Dan enaknya saat dibutuhkan eh sudah siap, keren bukan.

Picture : Pexels.com/ Pixabay


3. Jadikan bahan modal jualan

Buat para ibu rumah tangga yang pengen berbisnis kecil-kecilan atau bisnis online yang minim modal, uang sisa bulanan sepertinya bisa banget dialihkan kesini. Lebih bagus lagi kalau sudah mengantongi ridho suami, biar jalannya lancar. Nah bisnis dari rumah dengan modal minim ini bisa banget jadi tujuan. Biar bisa membantu keuangan keluarga plus dapetin penghasilan sendiri, ah alangkah nikmatnya. Keuangan utama gak keganggu malah kita jadi bisa membantu menambahkannya.

4. Beli perintilan rumah

Kebutuhan utama rumah memang setiap bulan seperti gak boleh di otak atik. Apalagi yang wajib. Harus di banget dijaga. Tapi kayaknya selain yang wajib itu, kok kayaknya ada aja yang di pengenin. Entah itu perabotan baru yang belum dimiliki atau barang lain di rumah yang memang mau ganti dengan model yang baru. Dengan mengunakan sisa uang belanja rumah yang sudah kita simpan baik-baik, rasanya itu kayak kita tuh punya harta karun untuk memiliki barang impian. Jadi gak perlu ganggu keuangan utama tapi kita berhasil beli dengan menyisihkan uang dari sisa belanja.


Picture : Pexels.com/ Cottonbro

5. Untuk modalin hobby

Jika hobby itu membuat kita lebih baik kenapa enggak. Memang gak dipungkiri hobby juga butuh yang namanya modal. Seperti hobby berkebun dengan membeli koleksi tanaman hias yang cantik, hobby baking, mesti beli peralatan baking dan bahan-bahannya dan hobby lainnya yang jelas memerlukan modal. Memang sih bisa aja kita dapat uang tambahan dari suami. Tapi kalau kita sudah modal sedikit lainnya yang sudah terkumpul akan lebih baik bukan.

6. Beli elektronik

Ganti kulkas baru, ganti kipas angin baru, ganti air fryer baru. Ah semua kayaknya mau di ganti aja deh. Nah lho, ini bener gak ya? gak semua nafsu itu harus kita ikuti. Apalagi kalau barangnya tuh gak papa cuma kitanya aja yang latah biar terkesan lebih aesthetic. Kalau suami dengan gampang menuruti permintaan kita sih gak papa juga, tapi kelau keuangan terbatas kita juga harus berfikir waras apakah bermanfaat, apa betul diperlukan. Jika iya yagak ada salahnya kumpulin dulu uangnya, syukur-syukur dari uang sisaan belanja bisa kebeli, mantab kan.

7. Untuk investasi 

Investasi dijaman modern ini bisa macem-macam bentuknya seperti deposito dibank, investasi di aplikasi- aplikasi yang sudah terpercaya dan di awasi OJK, properti dan lainnya. Selama itu halal saya rasa sah-sah aja. Karna wanita juga harus melek dengan investasi, kalau punya dana yang besar bisa main yang besar pula kayak orang jaman dulu kos-kosan atau kontrakan, tapi jika uangnya masih terbatas bisa dari kecil dulu seperti emas.


Picture : Pexels.com/ Cottonbro

8. Untuk sedekah

Kalau kita kejar akhirat maka dunia akan mengikuti, tapi kalau kita cuma mengejar dunia belum tentu akhirat akan mengikuti. Itulah pedomannya umat muslim. Jika menomor satukan akhirat insya allah semua akan gampang, sedangkan kalau mata kita cuma tujuannya uang, gemerlap kemewahan dunia, dan popularitas jangan menyesal kalau besok itu semua akan jadi nol. Sedekah dalam islam mempunyai kedudukan tinggi dalam nilai amal ibadah. Sedekah bisa menjauhkan kita dari segela macam bencana, sedekah mendatangkan ridhonya Allah, dan orang yang bersedekah itu di doakan malaikat.
 

9. Untuk arisan

Arisan sudah menjadi makanannya para ibu-ibu. Temu, kumpul dan ajang yang katanya silaturahmi bisa menjadi alasan terjadinya yang namanya arisan. Makan bareng, gosip bareng dan ketemu dalam suatu perkumpulan membuat arisan gak lekang dimakan waktu. Arisan menjadi alasan juga agar para ibu-ibu bisa dapat uang tambahan dariuang jajannya. Padahal arisan itu juga mirip kayak nabung bukan. Yang kita harus menyisihkan keuangan di kantong setiap bulannya.


Picture : Pexels.com/ Pixabay


10. Untuk liburan

Nah ini nih hal yang bikin semangat kita dalam menabung. Liburan memang menjadi hal yang selalu dinantikan. Liburan itu selalu menyenangkan. Maka kalau mau ada liburan dalam setahun, kita juga harus pintar menyisihkan uang untuk kegiatan ini. Meski jelas menyenangkan, liburan itu tentu mengeluarkan uang, bukannya menghasilkan uang. Maka dari itu untuk liburan memang harus ada budget khusus. Dan sisa uang belanja juga lho di alihkan kesini.


Baca juga :


Kunjungi juga channel youtube saya
👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇

Video : Youtube/ Catatan Anita



Post a Comment