Tahu Kreasi !! Rekomendasi Cemilan Untuk Arisan

Picture : Dokumentasi pribadi/ Catatan Anita


Pas banget suami yang doyan makan itu suka sama apa aja yang saya buat. Dari sekian banyak menu masakan ada beberapa menu yang memang dia suka. Di masakan harian yang jadi favoritnya adalah sayur sop, sedangkan di lauk sepertinya ibunya bilang favoritnya dari kecil itu ya ayam goreng. 

Jujur aja belajar buat cemilan juga saya masih sangat baru. Dulu saat masih single atau gadis paling banter bikin bolu atau kue kering pas mau idul fitri. Tapi semenjak nikah, kadang saya juga suka mencoba membuat beberapa cemilan yang gampang dibuatnya dan tentunya disukai suami.


Baca juga :



Berawal dari catering saat di gresik dulu, menu cemilan yang satu ini baru banget saya ketahui saat itu. Maklum dulunya makanan saya kurang variasi jadi tahunya ya itu-itu aja. Cemilanpun kurang beragam. Nah karena penasaran trus rasa kuat ingin coba buat juga, jadilah pas balik ke depok saya juga coba buat. Dan alhamdulilah di approve rasanya oleh suami. Tahu kreasi yang beneran asli gampang buatnya dan simple bentuknya. Yuk langsung aja bikin.


 
Picture : Dokumentasi pribadi/ Catatan Anita


Bahannya :

Tahu putih 1 pcs

Daun bawang

Bawang putih 2-3 siung (haluskan)

Sosis 2-3 batang (kalau sosinya kecil)

Wortel 2-3

Lada (secukupnya)

Garam (secukupnya)

Kaldu jamur (secukupnya)


 
Picture : Dokumentasi pribadi/ Catatan Anita

Alat :

Kukusan

Cetakan kue talam


Cara Pembuatan :

Hancurkan tahu putih dengan menggunakan garpu atau biar lebih gampang hancurkannya pakai ulekan (yang penumbuknya itu di tutup pakai plastik putih biar steril). Setelah hancur dan halus baru masukan wortel yang sudah di iris tipis-tipis. Masukan juga daun bawang dan semua perbumbuan dengan takaran dikira-kira saja.

Selanjutnya potong sosis, 1 batang potong beberapa bagian dan bagian tengahnya potong seperti tanda tambah. Fungsinya agar nanti potongan itu bisa mekar di tengah-tengah cetakan (jadi biar mirip kayak bunga). Setelah semua sudah di aduk dan merata, masukan ke cetakan gak usah terlalu penuh buat hampir penuh saja, agar ketika mengembang gak terlalu keluar-keluar adoannya dan biar pas. 


 
Picture : Dokumentasi pribadi/ Catatan Anita

Dalam satu kali pembuatan bisa jadi 10-12 pcs cetakan kue talam ya. Lalu setelah itu kukus selama 15-20 menit aja. Setelah dikeluarkan dan didinginkan, lumeri adonan yang sudah jadi itu ke dalam kocokan telur. Dan goreng hingga berwarna coklat keemasan. Selanjutnya tahu kreasi bisa segera di sajikan bersama menu lainnya.

Cocoknya makan ini tuh di siang hari, bisa bersanding dengan cabe rawit hijau atau saus. Semua bebas. Yang jelas menu ini menurut saya rekomendasi banget buat di masukan ke dalam list sajian untuk keluarga.

Oh ya menu cemilan ini, isiannya juga bisa dicampuri berbagai macam yang kamu suka ya. Bisa gilingan udang, ayam atau lainnya. Dan bagian tengahnya atau hiasannya juga bisa diganti dengan telur puyuh. Karena memang bahan-bahannya isiannya itu masih sangat bisa di modif lagi lho. Tahu kreasi ini juga sangat bisa dijadikan cemilan pada saat ada acara-acara tertentu, seperti arisan, pertemuan, rapat, reuni dan lainnya.


Kunjungi juga channel youtube saya

👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇


Video : Youtube/ Catatan Anita


Baca juga :




4 Comments

  1. waah simpel ya mbaa
    kalau makannya cuman tahu kukus aja tanpa digoreng, enak juga ga ya mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. enak juga mba, jadi low kalori juga. Atau kalau gak mau di goreng bisa juga pakai air fryer mba

      Delete
  2. Langsung save resepnya, bisa buat lauk juga. Sekeluarga doyaaan banget Ama tahu mba. JD mau dimasak apapun pada doyan. 👍 .

    Dibayangin kalo tambah pake udang pasti lebih gurih yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulilah klo resepnya bermanfaat mba. iya bisa di tambahkan dengan bahan lainnya biar makin manteb mba :D

      Delete

Post a Comment