Cara Mendapatkan Ide Kreatif, Bagi Konten Kreator New Bie [Tiktok & Instagram]

Picture: Pexels/ Anna shvets

Rasanya suka suntuk, bingung, mau bikin apa hari ini. Mau ngerjain apa hari ini. Kalau sudah begitu rasanya tuh stress sendiri, bingung sendiri dan galau kalau kata anak muda sekarang mah. Keinginan kuat menjadi yang berbeda dari latar belakang kuliah dulu, membuat saya kadang juga dilanda kegaluan yang gak jelas. 

Konsep yang rasanya sudah matang kok tiba-tiba jadi kelihatan hambar. Dan memikirkan apalagi strategi yang harus dilakukan agar supaya tetep jalan dan bergerak setiap hari. Segala cara sudah dicoba. Mungkin ini karena kurangnya wawasan, membuat saya jadinya kebingungan sendiri. Kadang diskusi panjang pun dilakukan dengan suami tapi hasilnya tetap kurang puas, alias kurang membantu dalam menjawab semua kegalauan ini. 


Baca juga :




Menjadi konten kreator artinya sudah siap dengan segala resiko. Sama dengan pekerjaan lainnya yang pastinya juga punya dampak atau resiko yang akan diterima dibelakang. Besar kecil tanggung jawab itu membuat kita harus bener-bener pintar mengatur segala perintilan di dalamnya.

Begitupun dengan niat menjadi konten kreator, artinya jiwa raga kita terkuras untuk hal yang satu ini. Mungkin hal ini ada yang memandang sepele, karena tidak pernah tahu apa saja yang di alami dibelakangnya. Dan memang konten kreator itu tidak harus punya gelar tertentu, tapi kecerdasan dan kreatifitas itu sangat dibutuhkan disini.  Meski beigtu dengan latar belakang apa saja, sangat bisa menyelami dunia ini asalkan ada niat yang kuat.


Kunjungi juga channel youtube saya

πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡

Video : Youtube/ Catatan Anita


Bermula dari berniat menjadi blogger, kadang ada saja perasaan malas untuk nulis. Bingung mau membuat tulisan apa sampai akhirnya beberapa lama gak nulis dan nulis jadi mood-mood'an. Semua harus ada goalnya. Apa yang mau dituju dan sebesar apa sih diri ini mau berkiprah di dalamnya. Kalau hanya ngikutin trend saya yakin lambat laun pasti akan ditinggalkan. Beda jika niatnya memang niatnya dari hati, karena segala yang dari hati akan mudah dan ringan melakukannya.


πŸ€How To ?

Kembali kepada gimana sih cara mendapatkan ide setiap harinya. Gimana sih mengatasi kebingungan ini. Saya uraikan ini berdasarkan pengalaman yang saya alami.

Untuk konten kreator medsos seperti instagram, tikok dan youtube yang dominasinya sekarang adalah gambar berjalan atau berupa video. Saya cuma bisa bilang ikuti saja pasar maunya apa. Pasar maunya gimana, ya berikan maunya pasar. Karena kadang kalau mengikuti ego sendiri rasanya sayang, hanya buang-buang waktu aja. Dan berikut saya jabarkan sesuai yang saya tahu.


Picture: Pexels/ Cottonbro


πŸ€TIKTOK

Seperti di platform tiktok, tiktok mengatakan kalau ia bukanlah medos tapi suatu platform pendistribusian video. Ia akan berikan video-video video pendek yang menjadi ketertarikan setiap orang. Jika orang tersebut suka video yang berisi orang curhat, maka video-video selanjutnya yang diberikan kepadanya akan berisi demikian. Begitupun dengan orang yang suka video tentang DIY, maka video-video yang ia scroll selanjutnya akan diberikan yang serupa.

Menjadi konten kreatornya memang susah-susah gampang, untuk menjadi FYP video itu haruslah menarik sehingga orang makin banyak yang menonton. Dengan demikian follower organik akan terus berdatangan dengan sukarela memfollow akun kamu.


Picture: Pexels/ Liza summer


🌡Berikut tips dari pihak tikok dan senior seleb tiktok, agar video kita menarik :

1. Upayakan video kamu menarik di 3 detik pertama

2. Isi video tidak bertele-tele dan pakai bahasa yang gampang di mengerti

3. Usahakan video hanya berdurasi 1-3 menit saja, karena kalau terlalu lama orang akan bosen

4. Gunakan music yang lagi trending dalam setiap upload video


🌡Lalu untuk mendapatkan ide segar setiap hari, lakukan ini :

1. Lakukan brainstorming, kamu bisa menganalisa masalah yang terjadi di sekitar

2. Perhatikan pasar maunya apa, dan kamu juga bisa lakukan ATM (Amati Tiru Modifikasi)

3. Tanyakan kepada netijen mau dibuatkan video seperti apa

4. Gunakan fasilitas stitch atas pertanyaan netizen yang komentar di video kamu

5. Bisa juga membahas tentang yang lagi viral untuk mendapatkan perhatian netizen.


πŸ€INSTAGRAM

Setiap platform pasti ada pasarnya, ada yang suka main di instagram ada juga sukanya di tiktok saja karena lebih update. Instagram pada awalnya dibuat hanya untuk mengabadikan foto-foto pribadi, yang sayang kalau hanya di taruh di memory hp bisa kehapus setiap waktu. Trus lambat laun instagram menjema menjadi primadonanya medsos yang banyak di gunakan setiap orang. Bukan hanya untuk berbagi foto saja tapi sudah jauh lebih dari itu. 

Kini instagram bersaing ketat dengan tiktok dalam performance, grafik menunjukan orang makin rendah minatnya dalam membuka instgram dan beralih ke video bergerak yang dimiliki tiktok. Tapi bukan instagram namanya kalau diem saja. Instagram pun membuat vitur reels dimana orang juga bisa menikmati video bergerak di platform ini.

Sayapun memperhatikan jika update status di feed menggunakan reels, jangkauannya itu luas. Bukan hanya ke follower saja tapi ke semua orang. Terlebih jika video yang seper sekian detik itu menarik akan dapat like banyak dari orang-orang di luar sana.


🌡Tips untuk instagram rame, info dari beberapa pakar sbb :

1. Gunakan fitur reels setiap update status

2. Perhatikan maunya pasar itu instagram seperti apa

3. Perhatikan gaya status reels orang-orang yang ramai dengan like, comment, share

4. Beda toko beda penjual, beda platform beda tipe netizennya. Instagram memang tipe toko yang menjual barang cantik dan aesthetic di pasar swalayan. Jadi gambar atau videonya juga masih aesthetic banget bukan.

5. Usahakan update setiap hari, karena algoritma instagram akan mengenali akun kamu yang hidup dan bukannya gak mungkin kalau akun kamu juga akan di rekomendasikan instagram di bagian pencarian

6. Penggunaan gadget seperi iphone berpengaruh, karena kualitas gambar dan videonya lebih bagus

7. Bergabung dengan komunitas di instagram yang mendukung niche kamu, maka insya allah dari situ akun kamu akan besar dengan lebih mudah


Baca juga :



Kunjungi juga channel youtube saya
πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡

Video : Youtube/ Catatan Anita


4 Comments

  1. Saay tuh suka takjub sih sama para konten kreator, saking menurut saya, bikin konten video khususnya susah amir sih, saya lebih suka nulis, jadinya lebih nyaman ngeblog ketimbang di mesdos yang mengandalkan video atau gambar :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang gak mudah jadi content creator mba. Dan memang semua bidang ada sisi sulitnya masing-masing

      Delete

Post a Comment