Pengalaman Promil IVF (Bayi Tabung) Di Bocah Indonesia - Pusat Fertilitas Di RS Primaya Tangerang 2021 (Part 1)

Picture : Dokumentasi pribadi/ catatananita.com

Saya tidak pernah tahu sebelumnya tentang keberadaan tempat ini sampai suatu saat suami dapat info dari medsos, tiktok dan instagram kalau ada klinik fertilitas bagus di darerah tangerang. Dari situ langsung aja deh kita cari tahu lebih dalam mengenai info yang kita dapat ini. Selama ini yang saya tahu tempat fertilitas bagus di area jakarta ya salah satunya Morula, yang pusatnya di menteng. Dan memang sudah terbukti banyak artis atau orang ternama lainnya yang percayakan program kehamilan mereka disana dan banyak pula yang berhasil.

Dari informasi yang kami ketahui, Bocah Indonesia (BI) ini baru berdiri di tahun 2019, jadi saat kami kesana di tahun 2021 masih baru banget berumur 2 tahun. Umur yang masih sangat muda untuk ukuran tempat fertilitas yang berkualitas. Bagaikan bayi yang baru belajar berjalan, masih banyak yang harus di benahi untuk sampai berjalan dan berlari sampai sempurna.


Seputar Bocah Indonesia

Untuk menuju BI kamu tinggal masuk saja ke RS Primaya yang dulunya namanya RS Awal Bros. Setelah masuk di loby rumah sakit, langsung aja jalan terus menuju lift paling ujung. Selanjutnya tinggal bilang sama security mau ke Bocah Indonesia atau ke lantai 7, nanti akan dibantu akses lift menuju lantai tersebut. Keluar dari lift kamu akan langsung akan di sambut oleh receptionist dengan latar belakang backround logo khas BI yang akan siap melayani sesuai keperluan. Biasanya jika ada officer yang standby di pintu klinik kamu juga akan di berikan ucapan selamat datang, suatu service yang jadi nilai plus lah ya. Oh ya setiap kedatangan di BI pastinya sudah sesuai dengan booking online terlebih dahulu. Dari nomor hotline biasanya calon pasien akan di arahkan untuk isi form untuk selanjutnya akan di jadwalkan konsultasi dengan dokter yang bersangkutan. 


Picture : Dokumentasi pribadi/ catatananita.com


Pelayanan antar pasiennya juga sudah cukup oke, mereka mengaturnya dengan membuat schedule via WA atau via form aplikasi yang sudah calon pasien isi sebelum datang ke Bocah Indonesia. Jadi pasien tidak dibiarkan menunggu sampai berjam-jam. Oh ya tapi ada beberapa kondisi yang urgent dari dokter atau pasien yang membuat jadwal ketemu dokter akan sedikit lebih lambat dari jadwal awal. Biasanya ti kondisi ini seperti tindakan dadakan untuk pasien yang dadakan atau semacamnya. Selebihnya jam tunggu biasanya hanya 30 menit sampai 1 jam.

Saat kami datang, manajemennya sudah cukup baik. Tempat menunggunya juga nyaman sudah seperti lobby hotel. Di sudut meja ruang tunggu ada juga beberapa jenis minuman yang disajikan. Waktu itu sebelum aturan pandemi yang ketat, kami masih bisa pilih minuman. Seperti coklat panas, teh, air mineral, minuman ringan lainnya, benar-benar tamu yang datang itu di service deh. Para tamu hanya tinggal ambil sendiri di mesin minuman yang sudah di sediakan. Tapi belakangan ini karena pandemi semakin menjadi, jadinya aturannya lebih ketat, yang di sajikan hanyalah air mineral gelas saja.

Keputusan IVF memang sudah setahun kebelakang kami putuskan lagi jika dateline promil alami akan habis di depan mata dan belum ada tanda-tanda kehamilan. Saya sendiri sudah bilang mau promil di jakarta saja, dekat rumah dan tentunya bisa ditemani suami kapan saja. Meski biayanya masih belum tahu dari mana. Pengalaman tentangga yang berhasil IVF di Morula yang telah menghabiskan kurang lebih 150 jutaan membuat saya berfikir, mungkin kurang lebih segituan. 


Picture : Dokumentasi pribadi/ catatananita.com

"Masalah biaya memang masalah yang krusial, pasangan yang bisa membiayai promilnya sampai ke tahap IVF itu memang luar biasa. Dari segi harga yang fantastis dan adanya embel-embel drama di dalamnya, membuat IVF sangat wow di mata semua orang."

Saya sendiri tidak ada trauma dengan semua rangkaian prosesnya, tapi balik lagi itu semua tidak mudah di jalankan. Maka di bulan Mei, setelah lebaran 2021 setelah diskusi panjang dengan suami, akhirnya kami berdua memantapkan hati dan niat untuk bismillah memulai semua dengan meminta ridho Allah Subhanahuata'ala.

Mungkin di ferina dulu, tidak perlu waktu lama untuk memulainya, saya dan suami hanya butuh waktu persiapan 1 bulan. Saya dengan adanya case resistent gula darah yang sudah terkontrol dokter SP.Int dan suami dengan 4 injeksi ovidrel sebelum memulai serangkaian prosesnya. Tapi berbeda dengan di Bocah Indonesia. Ternyata suami harus melalui treatment pengobatan yang kurang lebih 5 bulan lamanya. Hal ini dalam pengawasan dokter, sampai dokter Sp.And memberikan acc untuk bisa lanjut program IVF. 


Mencari Dokter Andrologi Yang Bagus

Sebenarnya kami sendiri pertama kali datang kesini niatnya tidak langsung untuk promil, apalagi IVF. Tidak ada niat itu sama sekali! Niatnya hanya untuk konsultasi dengan dokter andrologi seperti yang sudah kami tuju sebelumnya. Sebelum kesini suami memang sudah cek and ricek di internet, dokter andrologi mana sih yang kompeten, dimana dan di daerah mana? Semua informasi di kumpulkan mencari dokter andrologi yang nyatanya benar-benar bagus ternyata tidak mudah juga ya. Tentu kami baca kredibilitasnya, latar belakangnya, juga pastinya reviewnya. 

Kenapa sampe sedetail itu? karena salah dokter bisa mengakibatkan ketidakpuasan, kekecewaan, yang seringnya pasein gak ngerti tentang apa yang di alaminya, hanya manut-manut aja dan ngikuti semua resepnya, eh hasilnya sama sekali gak memuaskan.  Niat cari dokter andrologi juga berawal dari perasaan kurang puas dengan hasil screening waktu menang undian dalam 10 besar kandidat untuk IVF di Morula kemarin. Jadilah akhirnya kami memutuskan untuk cari dokter yang menurut kami kompeten dan bisa konsultasi lebih dalam tentang semuanya.


Baca Juga :


Semua langsung dilakukan dengan gerak cepat, padahal pengumuman tentang siapa pemenang dari undian IVF di Morula Margonda belum di umumkan. Kami sendiri sudah pasrah dan tidak terlalu berharap menang juga. Dan memang benar, pemenangnya bukanlah kami, tapi 1 nomor di atas nama saya dari list 10 nama kandidat tersebut.

Bisa dibilang pengumuman siapa pemenang dari acara giveaway itu menurut saya sangat lama. Seingat saya giveaway program free bayi tabung itu di broadcast di instagram pada bulan februari 2021, lalu selanjutnya pengumuman 10 besar kandidat pemenang itu di umumkan pada bulan april 2021 (screening 10 kandidat pasangan), saat bulan puasa. Lalu di umumkannya pemenang utama baru di share di bulan september 2021.

Kami rasa dari hasil screening hari itu di acara 10 kandidat pemenang giveaway, seperti sebuah sinyal dari Allah kalau kita harus memulai lagi dan sepertinya sudah cukup untuk berleha-leha, atau bersantai-santai dalam promil ini. Waktu santai atau masa tenggang itu sudah berlangsung dari masa kegagalan saya FET (Frozen Embrion) saat di Ferina di bulan maret 2020. Dan waktu terus berlalu begitu saja dengan cepat, ditambah juga ada pandemi yang benar-benar membatasi ruang gerak kami. Tapi sebenarnya kami tidak santai juga apalagi tidak memikirkan hal ini, tapi kami benar-benar berharap yang ditunggu itu datang dengan sendirinya dengan promil alami. Tapi ternyata gak semulus itu keinginan kami. Lalu pada akhirnya dateline promil alami sudah ada di depan mata. Ditambah hasil screening yang membuat kita harus benar-benar segera bergerak.


Flashback kenangan Ferina 2019-2020

Saya pernah mencoba IVF di ferina surabaya pada bulan agustus 2019. Transfer embrio fresh pertama dilakukan dan saya di nyatakan hamil pada bulan september 2019 dengan kadar beta HCG 468. Tapi 2 minggu setelah pengumuman kehamilan (after 2WW) saya pun mengalami pendarahan dan gugur 3 embrio fresh yang sudah dimasukan. Lalu selang beberapa bulan selanjutnya kami langsung mencobanya lagi dengan sisa tabungan 3 embrio lagi yang masih di bekukan, yakni di bulan maret  2020. Tapi lagi lagi belum rezeki dan lagi lagi kami harus sabar atas semua ketentuan Allah subhanahuata'ala. Sedih tapi kami harus ikhlas.


Picture : Dokumentasi pribadi/ catatananita.com


Cerita sampai ke Bocah Indonesia

Maksud hati sebenarnya mau ngecek lebih dalam dulu aja keadaan suami. Tapi setelah konsultasi dalam dan tahu kondisinya lebih detail, dan pertanyaan saya yang kepo tentang, apa bisa dengan cara alami. Sayangnya dokter yg bilang "sayangnya tidak ada cara lainnya bu, selain kembali IVF". Hal ini membuat saya dan suami jadi berfikir keras, apakah kita langsung maju sekarang juga ? disini ? Tentu syok bukan, ini tuh seperti ditembak langsung. Memang semua opsi tergantung kita. Tapi penjelasan dokter sudah jelas, suami akan diterapi sekitar 3-6 bulan. Akan dilihat bagaimana reaksi tubuhya. Pabriknya ini tuh sedang coba diperbaiki, tapi apakah tubuhnya akan support dengan semua treatment tersebut? Jika iya, maka di saat sudah terlihat stabil di saat itulah waktu yang tepat untuk memulai IVF ini. Yang artinya dalam jangka waktu 3-6 bulan kedepan kita harus siap atas semuanya. Dan tentunya materi dong pastinya. 

Dengan adanya hal ini jelas diskusi panjang kami lakukan. Berdasarkan informasi Dokter Tiara.SpAnd, dimana jika suami di treatment dan akan membaik dalam kurun waktu yang dibutuhkannnya 3-6 bulan, maka saat itulah IVF bisa dimulai. Suami di handle olehnya, dan saya di handle oleh Dokter Cyntia.SpOG.

Kami sempet bingung juga karna bisa dibilang belum siap banget. Jadi keingetan lagi kalau perjuangan IVF itu sangatlah gak mudah. Hal yang paling utama jelas materi yang nilainya gak recehan. Lalu hati, perasaan, tenaga dan pikiran tentu sangat berperan disini. Tapi mau gimana lagi, jalur medis menyatakan demikan. Memang segalanya hanya Allah yang punya kuasa, tapi manusia wajiblah berikhtiar atau bisa dibilang berjuanglah sampe titik darah penghabisan. Dan bismillah kami lakukan usaha ini semaksimal mungkin.


Dana sudah siapkah ?

Jangan di tanya, kami baru banget aja selesai renov rumah, jelas dana terkuras ke pembiayaan renov rumah. Tapi saat kembali ke rumah, suami ternyata sudah yakin dengan keputusannya untuk lakukan treatment dengan dokter Sp.And sesuai pilihannya, Dokter.Tiara. Dan dimulailah semuanya. 


Tindakan Yang Dilakukan Dokter Andrologi

Treatment yang dilakukan mulai dari bulan mei akhir 2021. Mulai minum obat hormon dan vitamin antioksidan, lalu tes darah, cek lab, lanjut konsul ke dokter andrologi (dokter tiara). Begitu aja terus begitu aja setiap bulannya, sampai waktu yang di tentukan kalau ini sudah cukup. Dan akhirnya treatment itu berakhir di bulan oktober 2021. Dan benar saja sesuai yang dokter bilang di awal, bahwa waktu yang di perlukan dokter untuk masa treatment itu sekitar 3-6 bulan, dan suami dinyatakan oke lanjut ke IVF di bulan ke 5 treatment

Dalam 5 bulan tersebut, dokter tiara memantau terus perkembangan atas resep-resep yang diberikannya. Apakah resep itu sudah bereaksi dengan baik dan mendapat respon baik dari tubuhnya. Apakah cocok dan diterima oleh tubuhnya. Kondisi suami benar-benar distimulasi dan di cek mana hormon yang mesti di tekan dan mana yang harus di bangkitkan dalam tubuhnya. Dokter melakukan itu semua karena ingin efeknya itu alami, bukan dengan fake. Bukan dengan cara memalsukan suatu kondisi untuk masuk ke tubuh, tapi berniat membangunkannya secara alami.

Memang yang dikatakan alami disini, bukan murni alami dengan contoh pure mengubah gaya hidup saja. Tapi dengan mendorong hormon itu bekerja balance sesuai yang diharapkan. Jadi menghasilkan hasil yang bagus dan berkualitas produksi pabriknya. Memang cara ini memakan waktu dan waktu yang dibutuhkan pun juga gak sebentar. Jadi memang harus ekstra sabar. Dan dari sinilah yang membuat biaya ivf kami makin membludak. 

Treatment suami yang setiap bulan beserta resep yang harus di tebus harganya juga gak recehan lho ya, lagi-lagi bikin saya bingung sendiri. Cuma saya tetap memantapkan hati kalau ini semua akan berujung di IVF. Jadi, berusaha ikhlas dengan semua yang sedang berjalan. Dan berharap yang terbaik dari Allah saja. Dan benar saja, treatment 5 bulan itu membuahkan hasil, meski sudah menyedot biaya hampir 50 juta. Padahal IVF aja belum di mulai lho. hahahaa...


Picture : Dokumentasi pribadi/ catatananita.com

Bocah Indonesia dengan Ferina


Oh ya Bocah Indonesia berbeda dengan Ferina - Surabaya yang pernah saya kunjungi. Bocah Indoneisa menerima pasangan yang ingin promil alami, inseminasi sampai program IVF. Sedangkan Ferina Surabaya, jelas terima pasien yang memang sudah jelas bertujuan untuk IVF (bayi tabung).

Dari segi biaya juga berbeda, BI menetapkan biaya perpaket-paketnya sepertinya berdasarkan AMH / tes darah yang dilakukan kepada pihak istri untuk mengetahui jumlah cadangan telur sang wanita, apakah bagus, sedang atau jelek. Seberapa besar angkanyakah. Semakin besar angka AMH berarti cadangan telur sang wanita artiya bagus atau masih banyak. Sedangkan di Ferina bayarnya per tindakan, per resep bukan per paket.

Mau itu suntikan, OPU, pokoknya semua biaya itu benar-benar per tindakan apa yang akan di ambil hari itu. Yang membuat besar disini setahu saya di suntikan stimulasi, karena setiap wanita itu bisa beda-beda dosisnya. Disinilah kelihaian dokter dalam meracik dan meresepkan obat, suntikan atau apapun tindakannya sesuai dengan kondisi per pasien. Karena kasus setiap pasien tidak pernah sama antara satu dengan lainnya.


Nilai AMH menentukan biaya paket

Kalau angka AMH tinggi dan umur si wanita masih dibawah 30 tahun otomatis jika programnya sampe ke step IVF, besar kemungkinan akan dapat paket Hyper atau paket yang nilainya paling murah. Sedangkan jika AMH tinggi tapi umur si wanita sudah di atas 30 atau bahkan di atas 35, bisa jadi kena paket Normo (sedang). Dan jika angka AMH wanita itu rendah apalagi di tambah faktor usia sudah di atas 35 bisa jadi dan kemungkinan besar akan dapet paket Poor, alias paket dengan harga paling tinggi. Kurang lebih seperti itu cara mengetahui kamu akan dapet paket yang apa nantinya.

Sepengetahuan saya hyper, normo dan hyper selain di nilai dari faktor AMH sang wanita, juga nantinya akan ketauan dari respon tubuh saat pemberian suntikan atau obat-obatan. Karena ada kasus wanita yang punya AMH kecil sekali, membutuhkan suntikan stimulasi lebih banyak dibanding dengan yang seharusnya. Jika yang yang seharusnya suntikan stimulasi wanita hanya akan mendapat 9-10 suntikan saja, tapi untuk kasus wanita ini bisa 13-14 suntikan.  Jika Bocah indonesia hanya memberikan di paketnya sebesar 2100ml saja maka selebihnya tentu masuk biaya baru.  Jika 1 hari dibutuhkan 300ml Gonal, dan 2100ml yang di dapatkan hanya bisa meng'cover 7 hari saja, tinggal di kali saja berapa kekurangan yang harus di tebus dan di kali jumlah per dosis yang diberikan dokter. 

Untuk informasi, per 300ml Gonal/ suntikan itu seharga kurang lebih 3 juta. jika dibutuhkan waktu lebih panjang untuk menstimulasi telur maka tentunya memakan biaya akan lebih besar lagi.


Picture : Dokumentasi pribadi/ catatananita.com


Sekilas Info tentang Bocah Indonesia

Yang saya tahu hampir semua lulusan dokter andrologi dan embriologinya dari surabaya Unair, dimana dokternya banyak yang masih muda-muda. Tapi muda bukan berarti bisa di pandang sebelah mata ya, karena saya tahu sekali mereka semua pasti adalah dokter pilihan yang memang terbaik dibidangnya.

Alat ICSI IMSI yang dimiliki BI tidak main-main harganya menurut info dari selebgram atau influencer yang juga pernah promil disana, alat itu seharga mobil bentley, bisa di bayangkan berapa harganya bukan. Alat canggih itu benar-benar sangat berperan penting dalam penyatuan sperma dan telur di saat hari OPU dan mereka tentunya sudah terpilih dari yang terbaik oleh para embriolog.

Di bocah juga  menggunakan metode ICSI (Injeksi Sperma Terpilih secara Intracytoplasmic), "dengan prosedur IMSI, ahli embriologi menilai struktur sperma secara lebih baik serta menghindarkan sperma yang diduga abnormal disuntikkan ke dalam sel telur yang tersedia".

*ICSI, info dari web bocah indonesia


Info biaya paket

Oh ya ada 3 paket yang ditawarkan Bocah Indonesia, Hyper, Normo, dan Poor di tahun 2021

Paket 1 Hyper 86 Juta

Paket 2 Normo 92 Juta

Paket 3 Poor 99 Juta


Picture : Dokumentasi pribadi/ catatananita.com


Tapi ingat ya paket ini BELUM bisa meng'cover biaya kesemua perintialan di dalamnya. Di sini uang itu bisa saja keluar terus tanpa tahu akan berhentinya di angka berapa sih sebenarnya, tapi kembali setiap pasien beda kasus beda penanganan. Beda biaya yang akan keluar di depannya.

Tapi kembali lagi ke kondisi setiap pasangan itu berbeda beda tidak akan pernah sama. Meski dari range saja sudah berbeda dengan yang di surabaya, yang perlu di perhatikan biaya untuk IVF dijakarta ini bisa tinggi dan kamu berserta pasangan harus benar-benar siap dengan segalanya, uang, waktu, tenaga, fikiran dan keyakinan yang dalam.

Ketika kamu di nyatakan dapat paket hyper, normo atau poor oleh dokter. Saat itu juga pastikan dana yang di siapkannya adalah 2x lipat dari harga paket itu, bahkan lebih itu harus banget !!! Karena semua kemungkinan dalam persiapan bisa mungkin terjadi. Bisa dibilang uang akan keluar terus seiring dengan kebutuhan perintilan di belakang-belakangnya.  


Picture : Dokumentasi pribadi/ catatananita.com


Lho kok bisa gitu ?

Karena ada kalanya biaya itu akan habis untuk istri saja (karena istri yang lebih banyak yang yang harus diperbaiki) dibanding suami, atau dana itu bisa juga terbagi rata untuk kalian berdua suami istri (pada bagian istri, jelas akan lebih banyak saat proses tindakan IVF) dan setengahnya untuk treatment suami misalnya. Oh ya belum lagi biaya transportasi, biaya obat-obatan yang diluar paket plus vitamin atau suplemen tambahan. Dimana sebelum IVF dimulai dokter akan menyarankan mengkonsumsi obat hormon, antioksidan atau sejenis multivitamin dan lainnya dalam beberapa waktu. Dan kalau di total-total besar juga lho habisnya. Mau nangis atau tetep jalan terus nih??? jalan terus dong, semangat!!!


Informasi Biaya Bocah Indonesia 2021

Biaya konsultasi Dokter Andrology dan Dokter Obgyn : 500k 

Biaya admin selalu dikenakan per kedatangan / Bayar di kasir : 100k


Biaya IVF disini bisa di cicil, atau kamu mau menggunakan cc juga bisa, Kurang lebih begini cara Bocah Indonesia membagi cicilan ke pasiennya.


Contoh saya mendapat paket Normo dengan harga 92 juta :

Cicilan pertama sebagai DP 35 juta,

Cicilan kedua 15 juta

Cicilan ketiga 15 juta

Cicilan keempat 15 juta

Cicilan keenam 12 juta - yang ini harus di bayarkan saat mau OPU, Jadi saat OPU menurut Bocah Indoneisa semua cicilan harus lunas


Picture : Dokumentasi pribadi/ catatananita.com


Seluruh biaya paket IVF ini mencakup :

Suntikan stimulasi Gonal F 2100ml (jadi kalau kurang dosis habis- terpakai di tengah jalan ya jelas harus keluar dana lagi), Konsultasi dengan Dr.Obgyn, OPU, ET dan tes lainnya yang diperlukan.


Jangan siapkan budget yang pas-pasan

Bukannya mau nakut-nakutin, tapi jika masih setengah hati atau ragu untuk jalan di jalur ini (IVF) sebaiknya dipikirkan kembali. Terutama pastikan keuangan ready ya!! dan sebisa mungkin dana yang sudah di siapkan itu berlebih bukan di pres budgetnya. Kalau budget pas-pasan, sangat amat tidak di sarankan. Karena sayang aja kalau sampe berhenti ditengah jalan. Siapkan 2-3x lipat dari dana paket!!

Karena ada saja kasus baru setengah jalan, mereka kehabisan dana jadinya berhenti, kan sayang. IVF di jakarta memang benar - benar wow... semua perhatian tersedot kesini.

Oh ya hal penunjang juga membuat biaya semakin membesar yakni mulai dari treatment, obat-obatan (vitamin, suplemen, hormon, suntikan), transportasi, biaya konsul yang diluar paket, biaya tes lab, biaya akupuntur, catering sehat, makanan dan cemilan sehat lainnnya, dan semua biaya printilannya banyak banget kalau di list. Semangat ya mom & dad, semoga kita semua sang pejuang garis dua, selalu di mudahkan jalannya oleh Allah subhana hua'tala, aamiin..

Oh ya, kalau kamu mau tahu info-info lainnya seputar ivf, kamu juga bisa ikuti channel youtube : infertility tv. Banyak info detail didalamnya mengenai ilmu ivf dari dokter terkait.


Alamat lengkap

RS Primaya yang dulunya bernama RS Awal Bros

Jalan MH Thamrin No. 3, Kebon Nanas Cikokol, Panunggangan Utara, Pinang, Kota Tangerang, Banten, Indonesia 15117

Bocah Indonesia ada di lantai 7,

𝐏𝐫𝐨𝐠𝐫𝐚𝐦 𝐇𝐚𝐦𝐢𝐥 | 𝐁𝐚𝐲𝐢 𝐓𝐚𝐛𝐮𝐧𝐠 | 𝐈𝐧𝐬𝐞𝐦𝐢𝐧𝐚𝐬𝐢 | 𝐋𝐚𝐩𝐚𝐫𝐨𝐬𝐤𝐨𝐩𝐢 | 𝐇𝐢𝐬𝐭𝐞𝐫𝐨𝐬𝐤𝐨𝐩𝐢

Hotline 𝟎𝟐𝟏-𝟓𝟎𝟐𝟎𝟎𝟖𝟎𝟎

Instagram https://www.instagram.com/bocahindonesia_/

Web https://bocahindonesia.com/layanan/ivf/


Baca juga :




Kunjungi juga channel youtube saya
👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇

Video : Youtube/ catatananita.com



Post a Comment