Pengalaman Naik Taksi Online Yang Nyebelin

Picture : Pexels/ Oleksandr pidvalnyi


Para pengguna transpportasi online pasti banyak banget pengalaman yang pernah di alami ya, dari yang enak sampai yang gak enak. Dari yang ngebantu banget sampe yang nyebelin. Dari pak drivernya yang supel sampai yang wajahnya asem. Saya sendiri sebagai masyarakat kota besar, meski rumah masih di pinggiran kota jakarta, intensitas menggunakan transportasi online sudah seperti kebutuhan primer yang candu dan wajib setiap hari.

Kalau gak ada transporatasi online rasanya bingung banget. Dulu sekitar sepuluh tahun yang lalu sebelum transportasi online menjamur yang bisa di andalkan hanyalah ojek pangkalan, angkot dan tentunya kendaraan pribadi aja ya. Tapi semenjak ada fasilitas transporasi online, ini tuh kerasa baget ngebantunya. Semua jadi mudah, apa aja bisa di anterin, bepergian, makanan, belanjaan, paket semua tinggal pesen aja di handphone. Saya yang gak lancar menggunakan motor mereasa kebantu banget. Apalagi fasilitas yang di tawarkan juga banyak ya dalam satu aplikasi, asli ini surga.



Baca juga :


Kunjungi juga channel youtube saya
👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇

Video : Youtube/ Catatan Anita


Dalam beberapa tahun terakhir pun saya banyak juga menggunakan taksi online. Selain karena kebutuhan bepergian yang jaraknya lebih jauh, faktor ex lainnya juga jadi penting untuk kami dalam menggunakan armada ini. Meski begitu tidak selalu juga kami menggunakan transportasi ini, kalau bisa cepet pakai motor alias ojek kenapa harus pakai taksi yang seringnya juga kena macet yang gak gerak.

Ngomongin pengalaman dengan transporasi online, saya pun merasakan dari drivernya yang baik attitudenya sampai yang biasa aja. Ada yang suka ngajak ngomong nanya-nanya ini dan itu, ada juga yang lebih suka diem aja. Saya sendiripun kalau di tanya lebih suka yang diem aja, dibanding yang suka ngajak ngobrol di sepanjang perjalanan. Kalaupun ngobrol ya sesekali aja, alias gak terus-terusan intensitasnya. Tapi pengalaman beberapa saat kemarin membuat saya jadi kesal sendiri, ya meskipun tidak semua driver seperti ini ya. Bukan hal kriminal, bukan juga masalah lain yang lebih krusial. Tapi ini menyangkut masalah privasi.

Saya bukannya sombong atau gimana, tapi ada kalanya kita sebagai penumpang hanya ingin diam menikmati perjalanan dan tidak mau ngobrol. Buat saya ini sangat privasi. Kalaupun bertanya beberapa hal, ya monggo selagi pertanyaan itu bersifat tidak masuk ke ranah pribadi, dan juga kalaupun sang driver ingin menyalakan musik itu sama sekali gak masalah buat saya. Selama sang penumpang juga gak merasa terganggu dengan volumenya. Dan inilah pengalaman saya yang sepanjang naik taksi online yang satu membuat saya kesal, dongkol dan cukup khawatir karna gak betah sama sekali di dalam mobil. 

Picture : Pexels/ lisa fotios


Pada awal perjalanan saya sudah di tanya, ibu tujuan kemana ya? gambir pak, 
si bapak bilang, bukannya senen ya? dalam hati lho kok senen, jelas-jelas di aplikai itu ke arah gambir,  bukan senen. Dan saya pun menjelaskan secara baik-baik kalau ini benar tujuan gambir bukan senen. Oke sampai disitu sudah merasa sedikit aneh, tapi yaudhlah gpp mungkin si bapak salah liat, tapi kan senen dan gambir itu beda jauh ya.

Kedua, saat mobil mulai jalan si bapak mulai tanya-tanya,

ibu sendiri aja?
tujuannya kemana naik kereta?
ada acara apa?
kertanya jam berapa?

Sayapun menjawab setiap pertanyaan masih biasa dan okelah saya merasa si bapak sedikit kepo, tapi okelah untuk di awal-awal ini..

trus si bapak yang usianya sekitar 60-70 tahunan ini konfirm,
maaf ya bu tadi saya makan dulu di ruko depan, tadi saya anter orang ke daerah komplek belakang rumah dari arah jakarta, eh sekarang ada sewa ke jakarta lagi pas banget nih, kata si bapak.

oh iya gpp pak, saya bilang.
meski begitu, sempat rada kesal di awal, karna si bapak klik terima tapi gak chat sama sekali. Jarak dia di ruko ke rumah saya yang cuma 5 menit, itu menjdi 10-15 menit, tanpa ada penjelasan. Tapi masih saya biarkan dan ternyata kejawab, si bapak sedang makan.

Entah apa karena dia merasa nyaman saya jawab terus pertanyaannya. Lho kok pertanyaannya malahan jadi merambat terus ya dan menjadi kekepoan yang mengganggu.

ibu kerja apa?
ketika saya jawab kerja dari rumah, si bapak langsung SKSD, saya juga mau dong di ajari kerja dari rumah, 
dalam hati, hah maksudnya gimana pak ?????????
memang kerja apa bu dari rumah gitu?
bapak (mksdnya suami saya), kerja di dimana? 
bapak kerja di derah mana?
nanti ketemunya gimana?
ibu udah punya anak?
menikah udah berapa lama?
pasangan muda ya?

disini saya sudah mulai risih dengan pertanyaan-pertanyaan yang tetangga saya aja gak pernah sekepo itu.

ibu di perumahan itu dari tahun berapa?
rumahnya tipe apa?
berapa tahun cicilnya?
sebulan cicilannya berapa?
DPnya berapa?
harga rumahnya berapa?
suaminya S2 ya?
setiap hari bawa mobil ke kantor?
kantornya dimana?

Dari pertanyaan itu, saya menjawab sudah mulai setengah-setengah. Dalam hati, kapan ini sampenya, kalau dicuekin, nanti saya di apa-apain, entah dibawa kemana yang saya gak tau detail jalanan jakarta. Asli udah negatif thingking aja. Ah baca-baca doa dan memohon kepada Allah, supaya Allah bikin dia diem. Kok sampe segitunya sih mba, iya karena saya merasa risih dengan pertanyaan-pertanyaan yang menurut saya terlalu dalam, terlalu kepo, mengganggu dan membuat risih.

Selanjutnya, dia curhat kalau dia sebelumnya gabung di perusahaan kompetitor yang potongannya gak sbesar yang disini, yang di perusahan ini dia baru bergabung 2 bulan. Oh ya di awal tadi si bapak tanya kan berapa yang di tagihkan di ibu? saya jawab mau-mau enggak enggak, alias gak detailin rupiahnya hanya di kira-kira saja, males liat hp. Dan di tengah jalan, si bapak masih ngeyel tanya berapa yang di tagihkan di ibu, trus saya baru deh liat hp dan sebut angkanya, ternyata ada selisih yang lumayan. Yang membuat si bapak bilang, kalau istri saya tahu bakalan marah nih. Dan si bapak bilang,

coba ibu cek deh berapa selisihnya sama yang saya dapat ini?
trus cek berapa persentase yang di potong itu?
sepertinya si bapak kesel dengan persentase yang besar dari yang ia dapat.

Lah.. lah.. tiba-tiba saya disuruh jadi hitung-hitung begitu..
dari situ saya mulai males. Ada perasaan, kasian juga ya potongannya gede juga dan saya di momen itu jadi meladeni obrolan itu, tapi kayaknya semakin di ladeni obrolan ini, kok semakin bikin malesin ya...

Ada kalanya saya merasa perjalanan saat itu seperti lama banget, serasa seabad. Karena kedongkolan saya terhadap sikap si bapak yang gak sensitif kalau saya males ngeladenin obrolannya dan semua pertanyaan yang gak etis ditanyakan kepada penumpang yang sebenernya udah ketahuan males-malesan jawabnya.

Gak berhenti di situ saja, 
ketika masuk gate stasiun gambir kartunya tiba-tiba gak bisa di gunain. Mesin parkir itu gak bisa membaca isi saldo di kartunya. Daripada lama, akhirnya saya ngasih kartu saya, biar bisa cepet masuk dan cepet keluar dari mobilnya.  

Picture : Pexels/ stan


Dan alhamdulilah akhirnya saya keluar juga dari mobilnya. Ambil barang di bagasi dan semua tas, langsung aja masuk ke dalam stasiun, duduk dan ngucap alhamdulilah ya allah....

Baru aja ngasih kabar ke suami kalau udah sampai gambir, gak lama leha-leha di tempat duduk penumpang di deket sekitaran starbucks, eh lho kok tiba-tiba ada si bapak si driver tadi nongol bilang, ibu saya driver yang tadi, saya gak bisa keluar bu ketahan di gate pembayaran. Soalnya pake kartu ibu tadi masuknya, maaf saya pinjam dulu ya biar bisa keluar.

Ya allah apaan lagi ini, dia kok nongol lagi. Tapi emang bener sih masuk pake kartu saya dan keluar juga ya harusnya pake kartu saya. Ini sebenernya salah saya juga, tapi karna pengen buru-buru keluar dari mobilnya ya mau gimana lagi.

Trus puter otak dengan barang saya yang banyak harus di titipin dulu nih, si bapak bantuin bawa barang ke penitipan dan kita ke parkiran, plus ke gate keluar parkiran buat gesek kartu emoney. Dan akhirnya selesai, case closed.

Entahlah mungkin di kamu luar sana menganggap ini tuh biasa ya, tapi buat saya ketidak sensitifan si bapak dengan rasa keponya yang sigitunya terhadap saya dan keluarga membuat saya sangat terganggu. Saya cuma bisa berdoa supaya gak ketemu lagi sama driver yang perilakunya seperti ini. Saya cuma sempat berfikir, tetangga di sekitar rumah aja gak ada yang sekepo ini. Kenapa malah ketemu sama orang asing seperti driver yang seperti itu ya. Hmmm.....

Mungkin ini bisa dijadikan pelajaran kalau kamu memang merasa ragu di awal, mending cancel aja. 
Kalau pun sampai casenya sama dengan saya, mungkin kamu perlu kasih penegasan ke driver kalau kamu gak mau ngobrol dan memang itu privasi ya. Sayangnya saya belum bisa bersikap setegas itu ke driver atau orang lain yang baru saya temui. Saya cuma berharap dengan mimik muka dan jawaban saya yang males-malesan udah membuat orang sadar, tapi ternyata gak begitu pada kenyataannya.

Semoga cerita ini bisa menjadi info buat kamu di luar sana, yang harus hati-hati di setiap waktu dan setiap saat. Juga jangan lupa berdoa setiap keluar rumah. Plus kasih print screen driver manapun yang sedang kamu tumpangi ke orang terdekat biar kalau terjadi apa-apa bisa gampang terlacak.



Baca juga :


Kunjungi juga channel youtube saya
👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇

Video : Youtube/ Catatan Anita


1 Comments

  1. Mbaaaa, kita sama kok. Aku juga tipe yg ga suka ngobrol kalo naik kendaraan umum. Intinya sih, aku ga bisa LGS terbuka begitu dengan orang yg aku ga kenal. Jadi memang lebih suka diem aja.

    Jujur aku ga suka naik taxi online. Ojek online aku msh mau, tapi taxol males. Prefer naik bluebird kemana2. Bukannya napa2, tapi ngerasain juga supir bluebird lebih tau karakter penumpang. Memang ada yg suka ngomong, tapi kalo dilihat ya penumpang banyak diem, biasanya mereka ga akan ajak ngobrol lagi. Dan mungkin Krn masalah keamanan sih, makanya aku LBH suka taxi konven drpd yg online

    Sbnrnya memang sedih kalo tau selisih yg mereka dpt dan yg kita bayar. Aku denger cukup besar. Tapi ttp aja ga etis Yaa bicarain ttg itu. Toh itukan management mereka yg mutusin, bukan kita sebagai penumpang.

    ReplyDelete

Post a Comment