Ngobrolin Tempat Layanan Laundry, Ternyata ada Plus Minusnya Lho Yuk Bahas!

Picture : Pexels.com/ rodnae productions

Kebutuhan layanan yang satu ini bisa dibilang penting gak penting. Penting kalau buat orang-orang yang waktunya habis untuk kerjaan yang menghabiskan waktu. Berangkat pagi pulang malam, seperti aktifitas kantor yang seharian plus dijalan yang bikin cape dan gak ada lagi tenaga tersisa untuk seperti hal cuci mencuci. Dan hal ini gak terlalu penting kalau di tanyakan kepada ibu rumah tangga yang rata-rata masih punya waktu melakukannya. Ya kembali, ada ada barang karena ada permintaan pasar, maka ada jasa juga karena masyarakat yang meminta. 

Sebagai mantan pekerja kantoran yang dulu dunia saya sebagian besar waktu habiskan dikantor, dari pagi sampai sore bahkan gak jarang sampai malam. Keberadaan layanan laundry sangatlah membantu. Saya dulu sangat merasakan kalau sudah sampai kosan (karena sempat beberapa bulan setelah menikah itu kami ngekos bareng), maunya cuma tinggal leyeh-leyeh males-malesan aja dan nonton tivi. Tanpa ada kerjaan lagi yang harus di kerjakan setelah pulang kerja. Memang keputusan tepat untuk menggunakan jasa laundry.

Picture : Pexels.com/ karolina grabowska


Tapi ada kalanya karena kecewa dengan tempat laundry pulang kerja harus merendam pakaian dan paginya baru di eksekusi jemur. Receh tapi penting juga kan gak mungkin saya biarkan pakaian kotor menggunung di pojokan kamar. Sempat merasakan kecewa sama pihak jasa laundry, karena ada aja pakaian yang hilang belum lagi setelah selesai, pakaian kok kurang wangi. Rasanya tuh bikin bete, meski hal ini seringnya gak terlalu diambil pusing.


Kunjungi juga channel youtube saya
👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇

Video : Channel youtube/ Catatan Anita


Keputusan pakai jasa laundry pun gak 100% di serahkan. Dalam arti pakain dalam tentunya di cuci sendiri. Meski malesin ya tapi harus di paksa juga. Beberapa waktu saya lalu sempat ngekos sendiri sendiri,  dan memang sempat pakai jasa laundry tapi setelah baru beberapa kali coa tempat laundry deket kosan mengecewakan dan males juga cari laundryan yang lebih jauh tempatnya, akhirnya saya kembali ke nyuci sendiri aja. Dengan modal rendam dan sedikit kucek-kucek juga effort setrika, pakaian kerja kembali bersih dan wangi. Untungnya gak lama ngekos saya kembali ke pindah ke rumah ortu, jadi masalah pakaian selesai sudah.


Baca juga :


Tapi ketika ngekos bareng suami setelah nikah permasalahan itu untungnya tidak terjadi, suami yang sebelumnya memang ngekos (karena anak rantauan) disitu telah berpengalaman cari  tempat laundryan yang bagus. Dia tahu tempat laundryan di daerah sekitarnya dari yang bikin kecewa, lumayan oke sampai yang oke bangget!! Hanya saja, beberapa tempat laundryan terkadang selesainya itu lama, bahkan sampe pakaian kerja kami di lemari pun hampir habis dalama waktu beberapa hari. Tapi secara keseluruhan, okelah.

Dan berikut rangkuman berdasarkan pengalaman saya menggunakan jasa laundry di daerah kami :

Picture : Pexels.com/ cottonbro

Kelebihan Jasa Laundry

1. Semua pakaian rapih & wangi 

Jelas wangi & rapihnya pakaian kita yang sebelumnya kotor sangat ditunggu, gak usah lagi susah-susah urus pakaian. Pakaian yang di laundry datang dalam keadaan siap pakai kembali. Kita tinggal buka bungkusnya dan pakaian tinggal di atur di lemari lagi seperti biasa. Kalau kaya gini gonta ganti pakaian jadi kaya gak merasa bersalah karena pakaian kotor yang bertumpuk, gak perlu lagi ribet-ribet nyuci, jemurin, angkat jemuran, setrika, lipet dan taruh kembali ke lemari ya kan. 

Picture : Pexels.com/ dom j

2. Tempatnya yang selalu ada di sekitaran tempat tinggal

Jasa ini ada dimana mana sekarang, gak perlu jauh-jauh. Gak perlu ribet-ribet nyari. Kamu tinggal catet nomor kontaknya, tanya apakah ada jasa layanan pick up dan kirim. Kelar sudah masalah pakaian kotor. Dulu saat saya berlibur di jogja, saking seringnya kami main ke area tempat basah, seperti pemandian, rafting dan air terjun gitu. Dan kebanyakan pakaian kotor jadi basah dan berat tas jadi lumayan. Dan daripada pulang dengan membawa beratnya pakaian kotor yang basah, akhirnya kami memutuskan pake jasa laundry kilat yang bisa jadi dalam sehari saja. Hal ini sangat meringankan beban, ini benar-benar worth it lho. Tas jadi gak berat karna pakaian kotor, permasalahan pakaian jadi aman terkendali, gak ada lagi bau pakaian basah kotor yang kami timbun di dalam tas.

3. Ada layanan antar jemput

Memang gak semua jasa ini menggunakan fasilitas ini, seperti yang saya alami di jogja saat itu. Jasa laundry yang kami pakai sekitaran hotel tidak ada pasilitas antar pakaian jadi. Yasudah mau gimana lagi, kita memang harus di paksa effort untuk ambil baju yang sudah jadi. Untuk keseharian jika layanan ini tidak ada, tempat laundry semacam ini akan bisa kalah bersaing dengan jasa laundry yang punya fasilitas lebih. Karena tidak semua orang punya waktu untuk ini. Tapi semua kembali kepada keputusan kamu, masih tetap mau ambil sendiri atau pakai saja fasilitas ini yang terkadang juga pegawai laundry suka telat kirimnya. Meski demikian fasilitas ini sangat utama dalam meningkatkan orderan jasa laundry customer tentunya. Makanya kebanyakan orang sangat mengandalkan jasa pick up dan kirim ini.

4. Punya layanan cepat atau standart

Layanan ini memang ngasih beberapa pilihan, ada yang stadart sampai cepat. Bisa selesai dalam hitungan jam dan ada juga yang 1 hari selesai. Semua dikembalikan lagi ke kebutuhan setiap orangnya.  Memang sekarang kita semua serba di mudahkan. Gak seperti dulu mesti bersusah payah untuk mendapatkan kemudahan. Tapi ada harga di balik layanan itu tentunya.


5. Yang penting bayar berapapun jumlah kg pakaimu

"Rasa malasmu merupakan rejekiku", itulah kalimat yang tepat di gunakan untuk orang-orang jaman sekarang yang menginginkan kemudahan. Kemudahan jaman sekarang sangat mudah di dapatkan bermodal handphone di tangan semua masalah bisa beres seketika. Berapa banyak pakaian kotor yang kamu punya kamu tinggal ambil handphone, chat pegawai layanan laundry dan pakaian siap di pick up. Bahkan sekarang gak usah pakai asisten rumah tangga semua masalaha bisa terselesaikan dengan jasa dengan layanan serupa.

Picture : Pexels.com/ andrea piacquadio


Kekurangan Jasa Laundry

1. Kalau musim ujan suka apek bajunya kalau keringnya gak maksimal

Segala sesuatu pasti ada saja kekurangan dan kelebihan. Begitupun dengan layanan jasa yang satu ini. Kadang kita harus pintar-pintar memilih tempat laundry yang bagus, salah-salah kita bisa kecewa. Seperti yang saya alami, niat hati mau berhemat dengan cari jasa laundryan yang murah-murah saja eh tapi kok hasil cuciannya gak oke ya. Pertama pakaian gak wangi, trus waktu musim ujan pakaian setelah di taruh di lemari beberapa saat jadi apek dan bau, karena mereka mengeringkannya gak maksimal. Mau murah jadi kaya gini hasilnya. Untuk pakaian sehari-hari masih okelah gpp, bisa di tolerir. Tapi kan untuk pakaian kerja jadi menyebalkan.

Picture : Pexels.com/ etut subiyanto


2. Salah satu pakaian ada aja yang suka hilang

Ini hal yang paling mengecewakan, satu hilang masih oke, kedua kali hilang selesai sudah kerja sama kita pak-bu. Ya hal ini sering terjadi kalau si pihak laundryan saat mencuci kurang teliti. Entah bercampur dengan bak pakaian orang lain atau sebab yang lainnya. Meski demikian ada saja orang yang masih bertahan dengan hal ini, alias gak mempermasalahkan dan tetap cuci disitu, tapi gak jarang juga orang langsung beralih ke tempat lain kalau hal ini sampe terjadi ya seperti saya.

3. Suka telat kirim pakaian yang sudah selesai

Seperti pengalaman saya, baju kerja di lemari pakaian hampir habis dan laundryan belum juga datang. Meski ada beberapa laundryan yang butuh waktu lama untuk membereskan pakaian customernya tapi bukan berarti waktu penyelesaian tidak begitu penting kan. Entah mereka karena kebanyakan orderan atau apa, tapi hal semacam ini juga sering terjadi. Tapi banyak juga kok tempat laundryan yang ontime dalam menyelesaikannya. Meski terkadang hal ini masih bisa di tolerir lama kelamaan bagi saya sendiri jadi kurang nyaman. 

4. Wangi pakaian yang aneh bahkan ada juga yang gak wangi

Gak semua memang laundryan punya wangi pakaian yang aneh menurut saya, tapi itu ada saja. Yang enak, pihak laundry kasih sample dulu ke kita dan kita bisa milih keharuman yang di inginkan. Wah itu makin menarik bukan. Tapi memang gak semua, dan bahkan rata-rata kita kaya disuruh ngikut aja pengharum apa yang mereka pakai.

Picture : Pexels.com/ ann h


5. Untuk pakaian warna putih suka gak bersih nyucinya

Ini spertinya menjadi momok kalau pakai jasa ini gak usah berharap lebih, apalagi dalam urusan kotoran membandel. Sepertinya mereka memang jasa pakaian yang kotornya tidak terlalu berlebihan/ membandel. Contohnya aja pakain putih, jangan berharap lebih untuk pakaian dengan warna ini akan menjadi putih bersih seperti ibu kita mencuci dirumah dirumah. Karena memang pakaian putih menurut mama saya dulu, membutuhkan ekstra effort seperti harus direndam dulu dengan detergen beberapa saat lalu atau di kucek dulu sedikit baru di masukan ke mesin cuci. Dan juga kalau bisa jangan campur dengan pakaian yang bisa membuat luntur atau berat-berat seperti jeans karena akan membuat warna putih pakaian nantinya keliatan dekil dan kusam. 


Baca Juga :




Kunjungi juga channel youtube saya
👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇

Video : Channel youtube/ Catatan Anita




Post a Comment