My Experience With Thailand Food

Picture : Dokumen pribadi/ Anita komala sari

Saya dan suami paling senang dengan satu masakan ini #tomyamthaifood pertama kali nyoba itu waktu lagi jalan-jalan di malaysia. Malam hari cuaca dingin, dan kebetulan ada acara kopidarat sama temen-temennya suami yang masih stay dan kerja di malaysia. Kita semua ketemua di depan hotel dimana banyak terdapat warung-warung pinggir jalan khas malam hari, mereka menyediakan beberapa pilihan menu. Kebanyakan diantaranya memesan kopi, teh dan cemilan makanan lainnnya. Tapi berhubung suami saya sedang laper dan sedang ingin makanan yang hangat-hangat maka di pesanlah masakan thailand, tomyam. 

Saat itu saya belum kenal masakan apa itu ya, dan rasanya kaya gimana sih. Pas pertama kali saya ikutan nyoba (icip-icip dikit) rasanya itu langsung nyes lho apa ini ya, kok enak, kok seger malam-malam gini makan yang anget-anget pedes asem seger pula, wow.. Kok beda ya sama sejenis masakannya indonesia, tapi ini kok langung cocok sama lidah saya ya. Apa itu ya, dan katanya suami "itu tomyam masakan thailand, enak ya". Kerena terlalu enak, makanan itu berlalu begitu saja oleh kita alias kurang banyak hehee.. Dan saya langsung bilang, wah boleh nih dicoba dibuat sendiri ya di indo.

Pulang dari malaysia saya langsung penasaran dan masih tetep penasaran. Lalu kita berdua mulai deh searching itu bumbu dasarnya  di beberapa supermarket. Dan ternyata gak semua supermarket menjualnya. Hanya supermarket besar yang menjual dan yang sejenis alfa atau indomaret gak menjual. Selanjutnya kami putuskan untuk weekend saja mencoba memasak masakan ini, dengan beberapa persiapan yakni hunting bumbu dan beberapa bumbu lain pelengkapnya. Untuk isiannya kita beli cumi, udang, jamur kancing dan untuk tambahan bumbu ada daun jeruk, jeruk nipis dan sereh. Lalu kami mencoba masak di rumah dan lagi-lagi alasannya adalah biar kita bisa menang banyak ahahaa.. ya menang banyak karena isinya tentu bisa lebih banyak dibanding pesan di resto, Selain saya dan suami masakan ini juga bisa juga di nikmati seluruh anggota keluarga dan mereka semua pun menyukainya.

Mereka yang pertama kali nyoba ini masakan pun komennya positif banget, Enak, asem pedes tapi seger-seger gitu. Rasanya yang beda dari maskaan indonesia lannya itulah yang membuat orang-orang rumah yang mencoba gampang jatuh cinta. Kaya cinta pada pandangan pertama lho (lebay) heheee. 
 

Picture : Dokumen pribadi/ Anita komala sari


Picture : Dokumen pribadi/ Anita komala sari


Oh iya setelah beberapa kali masak, saya juga masih suka mencoba masakan ini dibeberapa tempat lho, dan saya pun tetap jatuh cinta lagi dan lagi sama ini masakan. Tempat yang wajib dikunjungi bagi pecinta kuliner sejati untuk mencoba tomyam thailand ini salah satunya adalah di papa tomyam, tempat di kawasan jakarta selatan, kuningan tepatnya di mall ambasador itu udah jadi perhatian umum sejak dulu kalau rasa tomyam disana udah gak usah diragukan lagi rasanya. Meskipun tempatnya kecil tapi pelanggan setianya udah bejibun, mereka rela antri panjang hanya demi makan ini masakan, keren kan, Pokoknya yang suka makan, yang doyan makan, yang suka sama wisata kuliner, yang suka jalan buat cari menu masakan baru yang enak-enak harus banget nyoba masakan thailand yang satu ini. Dijamin gak nyesel buat ngerasain apa yang saya rasain, yakni rasa jatuh cinta sama kuliner yang satu ini.

Kalau di indonesia itu ada sop, sayur asem, sotomie bogor, thailand bisa punya tomyam yang kesegerannya bikin nagih. Bagi penggemar makanan dengan cita rasa asem, pedes, seger tentu kamu bakalan dapatin itu semua masakan ini. Yang suka wisata kuliner wajib nyoba, yang doyan sama sayur asem indonesia, kamu mesti wajib nyoba yang satu ini karena kamu akan dapetin rasa yang berbeda dari masakan-masakan indonesia lainnya. Oh iya hebatnya lagi ini rasa bisa mengikuti rasa lidahnya orang indonesia, karena perpaduan bumbunya yang sukses bikin kita akan langsung bilang "i love it". Pokoknya kamu mesti coba, dan jangan lewatkan ini makanan kalau kamu sedang wisata kuliner ya. Selamat mencoba ^^


Baca Juga :


Kunjungi juga channel youtube saya
👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇

Video : Youtube/ Catatan Anita


Post a Comment