Tips Cari Cuan Lewat Ngeblog, Topik Belajar Bareng Blogger Minggu Ini

Picture : Instagram/ mominfluencerid

Pagi itu cuaca mendung dan mengarah hujan, hampir merata di semua kawasan jabodetabek. Tapi meskipun begitu tidak menggagalkan saya untuk datang ke acara yang sudah di support oleh @mominfluencerid dan @emak2blogger,  dengan topik "Tips cuan lewat blog". Perjalanan kereta saya dari depok menuju kota tua sedikit terhambat karena sempat ketahan di daerah mangga dua menuju pemberhentian utama di stasiun kota. Tapi alhamdulilah, masih bisa sampai di tempat acara sesuai yang dijadwalkan.


 
Picture : Dokumenasi pribadi/ Catatan Anita


🌵Tentang Mula Kota Tua

Tempatnya ternyata tidak begitu jauh dari stasiun kota. Bertempat di @mula.kotatua tempat Co-working & Creative Hub bisa jadi rekomendasi untuk kamu yang butuh kenyamanan dalama bekerja meski bukan di kantor atau di rumah. Berada sekitar 700 meter dari stasiun kota tua, atau tepatnya di belakang lapangan kota tua. Saya sendiri butuh waktu beberapa menit saja untuk menemukannya. Jujur baru kali ini saya jalan sendirian di tempat yang belum pernah dikunjungi. Karena saya sendiripun asing dengan tempat atau daerah kawasan kota tua ini. 

Oh ya mula kota tua ada 2 bagian ya. Bagian pertama yang saya temui, berupa pasar yang di dalamnya ada kios-kios penjual. Sedangkan mula yang di maksud dalam acara ini, adalah tempat khusus yang menyediakan atau menyewakan ruangan-ruangan pertemuan untuk kerja, rapat atau yang mau sekedar ingin kerja diluar rumah sendiri dengan nyaman tanpa gangguan. 

  
 
Picture : Dokumenasi pribadi/ Catatan Anita

Tempatnya itu masih bergaya kuno dengan gaya klasik yang masih kental, tapi meski demikian tidak mengurangi kenyamanan di dalamnya. Mula kota tua juga menawarkan beberapa ruangan yang bisa disewakan, mulai dari perorangan sampai dalam bentuk kelompok. Kamupun yang suka ngeblog, juga bisa kesini jika ingin dapatkan tempat yang tenang, meski di area kawasan kota tua yang ramai. Oh ya di dalamnya juga tersedia ruang untuk podcast lho, untuk kamu yang bekerja sebagai content creator dan butuh tempat untuk merekam percakapanmu, bisa banget disini.

Oh ya di minggu pagi ini, pembicara kita ternyata adalah admin dari komunitas emak-emak blogger. Mba Suciarti Wahyuningtyas, dari akun blog @akuchichie yang sudah berkiprah di dunia blogger semenjak tahun 2015, beliau mantan pegawai swasta ternama yang akhirnya saat ini mencurahkan hatinya untuk dunia blog. Dengan topik yang dibawakannya ini, saya rasa cukup menarik minat para blogger lain untuk mendapatkan ilmunya lebih dalam lagi.

Acara yang berlangsung pada tanggal 2 oktober 2022 di mula kota tua, membuat penasaran saya dan kawan-kawan lain yang alhamdulilah bisa hadir dan belajar bersama di pagi itu. Beberapa hal yang saya catat dalam pertemuan di weekend lalu adalah sebagai berikut.


 
Picture : Dokumenasi pribadi/ Catatan Anita


🌱 Apa Sih Blog Itu ?

Salah satu jenis website yang memuat tulisan dengan berbagai macam topik. Bentuknya juga macam-macam. Contohnya majalah digital, catatan pribadi, pameran online, atau situs pembelajaran yang terdiri dari text, gambar dan video.


🌱  Apa Sih Kelebihannya Jika Suka Ngeblog ?

1. Bisa melatih kemampuan dalam menulis

2. Bisa meningkatkan personal branding

3. Bisa meningkatkan produktifitas dan kreatifitas

4. Bisa menambah wawasan dan sudut pandang berbeda

5. Bisa memperoleh penghasilan


🌱Cara Mengelola Blog


1. Pilihlah niche atau topik yang cocok yang kamu kuasai

Penggunaan niche sangat berpengaruh dalam keberhasilan seorang blogger dalam membuat personal branding. Contoh niche yang biasa di pilih para blogger seperti : life style, beauty blogger, parenting, traveling, home decor dan sebagainya.

2. Kenali jenis templete, agar SEO friendly.

Pastikan templete yang kamu pakai itu page speed'nya bagus, sehingga pembaca juga senang datang dan berselancar di blog kamu. Pastikan atau utamakan blog kamu sudah friendly jika dibuka di hp karena orang kebanyakan lebih suka buka via hp dibanding laptop atau tablet.

3. Optimasikan SEO page

Sajikanlah artikel yang disukai mesin pencari, dengan menggunakan keyword yang pas akan membuat artikel kita masuk ke dalam halaman satu di pencarian google. Dan hal ini akan memancing brand besar untuk merilik blog kamu untuk membuat tulisan tentang produknya juga. Plus kelebihan lainnya adalah mendatangkan traffic ke blog kamu.

4. Riset kata kunci

Gunakan tool seperti google trend, google keyword planner dan gunakanlah tehnik dalam mencari kata kunci yang paling banyak dicari saat ini.

5. Rajin menulis adalah kunci

Bagaimanapun tulisan yang sering di update di dalam blog adalah kunci dari segala. Makin sering kamu update makin banyak kemungkinan google merayapi tulisan-tulisan yang kamu buat. Traffic semakin naik dan ini akan mendatangkan nilai positif untuk blog kamu. Jadi jagalah konsistensi.


🌱Ide Menulis

Biasanya seorang blogger suka bingung, mau tulis apa dan bagaiman ya? sebenarnya gampang aja, kamu bisa lakukan Brain storming. Tentang permasalah apa yang terjadi di sekitar, apa yang sedang viral bisa kamu bahas dari sisi lain. Bisa juga kamu lakukan blogging walking, hal ini akan membuat kamu dapat inspirasi dalam menulis. Apapun bisa jadi bahan penulisan selama kamu niat untuk menggali dan menguraikannya dengan gaya bahasa yang kamu pakai. Oh ya catatan, jika ingin di rilik brand besar, gunakanlah bahasa yang baku ya dalam penulisan.

 
Picture : Dokumenasi pribadi/ Catatan Anita


🌱Tips Memperoleh Penghasilan Dari Blog


1. Buat platform blog terbaik.

Curahkan semua yang kamu bisa pada blog sehingga blog ini bisa dilirik brand. Gunakan gaya bahasa yang baku, yang gampang di mengerti semua orang. Seperti wordpress yang friendly keyword atau juga bisa blogspot dari google.

2. Buatlah konten blog yang menarik dan bermanfaat. 

Sungguh sayang jika blog yang kamu isinya cuma curhatan kamu aja. Mendingan diberdayakan. Dijadikan suatu media yang memang bisa bermanfaat bagi orang banyak di luar sana, akan lebih keren bukan?

3. Tingkatkan kualitas SEO blog. 

Apalagi kalau bukan artikel yang friendly SEO. Karena itu adalah segalanya. Blog atau artikel kamu yang suka nongol di halaman pencarian google bahkan jadi nomor satu adalah the best ever. Dari situ akan memudahkan traffic datang ke blog kamu dan tentu hal positif-positif lainnya.

4. Promosikan blog lewat medsos 

Jujur saja saya belum melakukan hal ini ke medsos yang saya punya. Tapi beberapa saat ini, saya baru bisa mengunggahnya di grup-grup komunitas saja. Dan memang kalau diliat, traffic'nya lumayan juga. Ya meski belum bisa menyamai dengan traffic yang datang dari pencarian google tapi hasilnya bikin kagum. Promosikan blog ke medsos akan membuat orang-orang yang kenal kita juga akan baca tulisan kita dan mengenal tulisan kita. Oh ya menurut info, di dalam komunitas blog ternyata ada orang-orang brand besar lho, waaahh info yang menarik nih. Jadi harus makin sering nulis dan share nih kedepannya.

5. Jaga kepercayaan pembaca

Pembaca yang loyal akan memfollow akun kita, akan menunggu tulisan-tulisan kita. So, menulis itu menyenangkan jika kita juga melakukannnya dengan hati. Membuka network dan wawasan kita tentang hal-hal yang selama ini kita belum ketahui.

6. Monetasi blog/ affiliasi

Lakukan monetasi atau affiliasi akan membuat pundi-pundi rupiah datang. Saya sendiri saat berhasil di monetasi oleh google aja senengnya bukan main, apalagi sampai ke tahap lainnya. Rajin mencoba adalah keharusan sepertinya. Jadi jika kita tidak mau stuck di situ-situ saja, kita harus mencoba ke step lain. Semoga di depan sana dapat peruntungan yang baik, aamiin.


Picture : Dokumenasi pribadi/ Catatan Anita


🌱Tips yang lainnya

  • Memahami konten visual adalah kunci penting dalam memikat pembaca. Selain itu kita juga harus membuat konten yang engaging agar pembaca betah berada di blog kita.
  • Selanjutnya lakukan editing, contohnya menggunakan aplikasi canva untuk membuat judul dalam foto itu menarik. Usahakan kata-katanya juga menggunakan ejaan yang baku. Karena bahasa dan ejaan itu penting.
  • Cover blog atau foto pendukung buatlah semenarik mungkin, Buatlah foto atau video yang di tampilkan di blog itu jelas dan bersih (gak banyak ornamen yang rame)
  • Last but not least, buatlah tampilan blog yang sekreatif mungkin


Baca juga :

2 Comments

  1. Wah terima kasih ya mak Anita... Sudah mengulas dari acara workshop kemarin, senang sekali bisa berbagi kepada teman-teman. Semangat ya menulisnya, konsisten menulis dan terus berbagi, insya Allah akan mendapatkan cuan nantinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah dikomenin sama mak chichie.. iya insya allah mak, akan terus menulis dan berbagi. Aamiin yarobal alamiin..

      Delete

Post a Comment