Wisata Pantai Sambolo 2, Cocok Untuk Rekreasi Plus Quality Time Bareng Keluarga - Low Budget Pula!!

Picture : Dokumen pribadi/ Anita komala sari


Sebenarnya ini acara ke pantai ini sungguh dadakan, gak ada rencana matang yang di rancang sebelumnya. Hanya janjian dengan keluarga, di cocokan tanggal dengan semua anggot keluarga trus langsung aja jalan. Sengaja tidak pakai acara menginap karena hari besoknya ada yang mesti kerja dan kuliah. Dan kami ambil waktu di tanggal merah, bukan di weekend. Maka inilah cerita saya sewaktu liburan singkat ke pantai sambolo dengan keluarga.
Kami berangkat setelah subuh dari depok, perjalanan dimulai pukul 05.40 pagi. Arah laju mobil menuju ke arah anyer. Meelewati tol pamulang yang baru jadi, dan terus ke arah timur dengan kencang tanpa hambatan macet atau kendala lainnya. Sampai parkir di area pantai pukul 07.45, benar-benar cuma ditempuh dalam waktu 2 jam saja.

Picture : Dokumen pribadi/ Anita komala sari


Sebenarnya waktu tempuh yang ideal itu kurang lebih 3 jam, tapi pagi itu kami bersyukur bisa sampai lebih cepat. Waktu tempuh ini seperti sedang ke jakarta, dimana memang biasanya menghabiskan waktu 1,5 sampai 2 jam.


Kunjungi juga channel youtube saya
👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇

Video : Youtube/ Catatan Anita


Meski sebenarnya sudah dikatakan siang di dalam tol saja, pukul 6.30-07an kami masih bisa melihat kabut di kanan kiri jalan. Sampai sana jelas masih pagi dan masih belum terlalu ramai. Parkir mobil masih dapat di depan pas saung yang kami sewa. Tempatnya juga bersebelahan dengan ruang bilas yang sekaligus dijadikan juga sebagai kamar mandi. Harga sewanya 3ribu -5 ribu, tergantung keperluan apakah mau sekedar bilas saja, pipis, mandi atau BAB.

Picture : Dokumen pribadi/ Anita komala sari


Harga Sewa Saung


Harga saung di tiket yang di tunjukan petugas Rp 120.000 tapi karena saya tawar petugasnya bilang boleh deh Rp 100.000 aja. Sebenarnya belum lama menurut info, harga saung itu sekitara 75-80ribu tapi ternyata sekarang sudah naik ya. Sebenarnya bisa dikatakan ini mahal lho, karena kami gak dapet fasilitas apapun keculai selembar tikar saja. Saya sendiri masih berharap setidaknya ada colokan kabel, tapi ternyata untuk charge handphone saja ada tempat sendiri untuk menyewa.


Picture : Dokumen pribadi/ Anita komala sari

Picture : Dokumen pribadi/ Anita komala sari

Harga Parkir Mobil


Oh ya baru masuk area parkiran mobil, satu mobil dikenakan biaya Rp 100.000 itu sudah termasuk isi orang di dalamnya, meski hanya satu orang yang tetap biayanya sebesar itu.

Dengan berjalan kaki, turun sedikit kita sudah bisa menikmati indahnya pantai sambolo, banyak anak kecil, tua, muda semua menikmati pantai yang saat itu masih belum terlalu panas. Karena masih di bawah jam 11 masih banyak yang main di pinggir pantai. Tekstur pasirnya itu halus, warnanya tidak terlalu putih, tidak ada karang-karang atau sampah sama sekali. Pokoknya cocok banget deh buat orang dewasa atau bahkan buat anak-anak buat sekedar main pasir aja di tepi pantai. Oh ya peralatan mainan pasir untuk anak ini ada saja lho pedagang yang menjualnya. Jadi anak-anak bisa makin happy mainan pasir sampe puas di pinggir pantai.

Picture : Dokumen pribadi/ Anita komala sari 

Picture : Dokumen pribadi/ Anita komala sari


Apa saja wahana hiburan disana ?

Ada banana boat, wahana ATV, Jetski, jasa tato temporary, jasa pijat tubuh, sewa ban. banyak juga ya pilihan hiburan yang ditawarkan, tapi tinggal bagaimana anda menyesuaikannya saja dengan isi kantong. Untuk info harga banana boat per 5 orang ada yang menawarkan 200k-250k

Oh ya karena arus ombaknya besar sebaiknya yang membawa anak kecil di usahakan jangan lengah, dan perhatikan terus. Karena kita gak pernah tau apakah di kecil bisa benar-benar aman atau tidak. Dan juga kita gak bisa mengandalkan penjaga pantai untuk urusan keselamatan nyawa per individu karena yang datang begitu banyak.


Baca juga :


Untuk view pantai yang cantik, sebaiknya kamu juga menyewa saung di bibir pantai. Kalaupun tidak paling gak bawa tikar ala kadar untuk sekedar duduk mendekat bibir pantai, karena viewnya benar-benar cantik banget. Yang mau hanya cemplang cempung di pantai atau sekedar memantau anak yang main di pantai bisa banget duduk di bawah pohon kelapa memandang lautan luas di depan mata, masya allah keren bangetlah pokoknya.

Saya sarankan kalau kesini ambil waktu sampai pagi atau sore, karena kalau sudah kesiangan sampai sini, sangat di sayangkan. Area pantai panas dan yang ada cuma gosong aja kulitnya.

Picture : Dokumen pribadi/ Anita komala sari


                  

Bagaimana Makanan di area tersebut ?

Rata-rata warung-warung menjual seperti popmie, bakso, sosis bakar dan snack ringan lainnya. Minuman seperti pop ice (per gelas di hargai Rp 5ribu). Ada juga yang menjual gado-gado, ayam bakar, soto, ikan bakar dll.

Kami sekeluarga yang berangkat pagi karena kurang persiapan, jadilah bekel yang dibawah di buat sarapan pagi, sedangkan siangnya menyantap sekedar pop mie atau bakso. Oh ya sekedar info, ada warung yang di sisi kiri dari parkiran, menjual bakso Rp15rbu, dan rasanya lumayan enak lho, bisa kamu coba.

Tempat Solat, ada ?

Jangan khawatir ada mushola yang di persiapkan pengelola di dekat parkiran. Tempatnya tidak begitu besar dan tidak kecil juga, ya cukuplah. Disediakan sarung, sajadah dan mukena. Tapi di musim pandemi seperti ini, sebaiknya kamu siapkan peralatan solat dari rumah, biar lebih aman.

Di pinggir area parkir juga terdapat toko-toko yang menyediakan baju-baju khas pantai yang cocok buat oleh-oleh. Di sebrang jalan juga terdapat toko makanan yang bisa dijadikan oleh-oleh. Mulai dari nanas, talas, dan lain sebagainya.


Picture : Dokumen pribadi/ Anita komala sari


Jadi berikut list perkiraan biaya rekreasi dengan low budget untuk 7 orang anggota keluarga :

Tol depok - anyer pp : 230ribu
Bensin : 150ribu
Parkir mobil di area salombo : 100rbu
Sewa saung : 100ribu
Sarapan pagi di saung : bawa dari  rumah
Makan siang : makan bakso disana @15ribu dan pop mie (bawa dari rumah)
Cemilan snack : bawa dari rumah
Total, masih jauh di bawah 1 juta bukan....


Meski ada beberapa fasilitas yang masih sangat minim, selebihnya tempat ini sudah cukup sebagai pilihan tempat rekreasi atau piknik bersama keluarga. Harganya masih friendly di kantong dan bisa quality time bersama keluarga. Solusi kalau mau lebih murah lagi bisa bawa makanan dari rumah dari mulai nasi, lauk, snack ringan, termos isi air panas, sampai kopi dan teh sachet bisa banget di bawa dan di nikmati di saung sambil ngobrol-ngobrol, ah indah bukan masya allah tabarakallah.


Baca juga :



Kunjungi juga channel youtube saya
👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇

Video : Youtube/ Catatan Anita


Post a Comment