Memulai Proses Kehamilan IVF (Bayi Tabung) Di Ferina Hospital Surabaya (Bagian 2)

Picture : unsplash.com/Shelby Miller


Setelah satu bulan saya diberikan resep obat dari Dokter Hadi (RS Siloam), dan sejumlah PR yang harus dikerjakan (olah raga dan diet mengatur makanan). Tahapan selanjutnya adalah menghabiskan obat tersebut dan menunggu masa haid berikutnya.

Obat Microgynon sebentar lagi habis, ini tandanya saya harus segera pesan tiket lagi ke surabaya. Karena setelah obat itu habis dalam jangka waktu kurang lebih 3-7 hari setelahnya berarti haid akan segera datang, yang artinya di haid ke-2 atau ke-3 saya harus kembali lagi ke FH (Ferina Hospital).

Sesuai dengan surat yang diberikan dokter sebelumnya, bahwa saya akan melaksanakan tes darah untuk cek Ekstradiol dan cek USG Trasnvaginal (pengecekan rahim lewat vagina). Sehari setelah lebaran Idul adha tepatnya saya ke FH lagi. Pagi-pagi kami (saya dan ibu ayah mertua) sudah menuju FH, dan sorenya kembali lagi untuk konsultasi dengan dokter.


Kunjungi juga channel youtube saya
👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇

Video :Youtube/ Catatan Anita


Memang sudah masuk dalam prediksi saya sebelumnya, bahwa ini semua akan segera berjalan dalam waktu dekat ini. Ya saya memulai proses bayi tabung ini dalam waktu dekat ini. Benar saja saat sore kami (saya dan ibu mertua) bertemu Dokter Aucky, kami langsung diberikan jadwal akan melalui proses seperti apa kedepannya. Hal ini tentunya setelah dokter membaca berkas rekam medis di dalam map atas nama saya dan suami sebelumnya.

Kurang lebih seperti ini gambarannya jadwal yang diberikan oleh dokter Aucky :

Picture : Dokumen pribadi/ Anita komala sari


Dan setelah saya rapihkan seperti ini kurang lebih penjelasannya :
  • Tgl 12/8-16/8  : Suntik untuk pembesaran telur
  • Tgl 16/8      : Pengecekan USG, untuk mengetahui bagaimana respon tubuh setelah diberi suntikan dan mengetahui kondisi telur
  • Tgl 16/8-20/8  : Suntik untuk pembesaran telur
  • Tgl 21/8          : Istirahat
  • Tgl 22/8       : OPU (Ovum Pick Up), disini akan di ambil semua sel telur saya yang sudah membesar dan juga di perlukannya sperma dari suami yang nantinya akan di satukan di lab.
  • Tgl 23/8          : Istirahat
  • Tgl 24/8          : Istirahat
  • Tgl 25/8-27/8  : Perkiraan akan dilakukannya ET (Embrio Transfer).  
Sel telur dan sperma yang sudah di satukan di lab akan di masukan ke rahim saya, proses penempelan ini sangat hati-hati, baik dokter maupun saya. Untuk itu disarankan istirahat total agar penempelan ini berjalan sempurna.

Picture : unsplash.com


Lalu masa menunggu yang dikenal dengan 2WW (Two Weeks Wait)

Inilah masa harap-harap cemas semua pejuang buah hati dalam program IVF. Disinilah kita harus banyak-banyak berdoa, tetap berpositif thinking, menjaga hati agar selalu happy, enjoy dan jangan sampai Stress!! 

Picture : Unsplash.com/Adli Wahid


Karena ini semua akan berpengaruh pada proses penempelan dan keberhasilannya. Memang tidak mudah ya dikala berharap-harap cemas tapi disuruh happy aja. Tapi itulah yang Wajib dilakukan. Hilangkan semua prasangka buruk, ciptakan aja prasangka-prasangka baik.
Maka Allah akan memberikan hasil yang terbaik, Aamiin..


Baca Juga :


Silahkan kunjungi juga youtube saya,
👇👇👇👇👇👇👇👇👇

Video :Youtube/ Catatan Anita





Post a Comment