12 Kebiasaan Jorok Yang Sangat Menangganggu Orang Lain


Biasanya yang namanya jorok itu biasanya dilakukan sama cowok, eh tapi cewek juga ada sih beberapa. Jorok itu identik sama sesuatu yang menjijikan dan cenderung mengganggu orang lain. Gimana enggak coba? 
Saat orang sekeliling kamu bersih eh tapi kamu malah lebih milih bersikap jorok. Haduh gimana gak mengganggu coba?


Kunjungi juga channel youtube saya
👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇

Video : Youtube/ Catatan Anita


Jorok itu memang menyenangkan untuk mereka yang melakukan tapi jika itu kita sendiri yang lihat dan sudah keterlaluan pasti enggak banget kan. Jangankan mau menegurnya, berada disekitarnya aja pasti udah risih banget dan kita pasti bakalan spontan bilang "ih jorok banget deh!". Gak adil ya, tapi betitulah kenyataannya, disekitar kita masih banyak melakukan kejorokan itu tanpa memikirkan orang lain yang memang terganggu sama perilakunya.

Habis gimana ya jorok itu kan identik dengan sesuatu yang kotor dan kita kadang males banget dan enggak banget untuk nerima perilakunya. Dan parahnya mereka yang melakukan hal jorok itu tenang-tenang aja tanpa ada perasaan bersalah, ya karena gak ada yang coba menegurnya apalagi dikenakan hukuman.

Sebenernya gak semua itu jorok itu harus menganut aturan kebersihan tapi setidaknya jangan sampe periakunya itu mengganggu orang lain dong ya. Bukan bermaksud menjadi mr o mrs kebersihan, tapi setidaknya cobalah bersikap lebih tolerir sama orang yang gak suka sama hal jorok itu karena mereka itu begitu tersiksa dengan sikap jorok yang ada didepan matanya. Berikut beberapa kegiatan yang di anggap jorok sama sebagian besar orang dan parahnya masih dilakukan oleh orang tersebut tanpa peduli dengan sekitarnya.

1. Buang Ludah Sembarangan.
Udah gak heran banyak orang yang menyepelekan kebersihan lingkungan karena untuk tidak membuang ludah sembarangan aja mereka susah, apalagi dituntut masalah lain. Sering ya di tempat umum atau publik area orang-orang itu dengan gampangnya membuang ludah mereka di sudut jalan sampai di tengah-tengah jalan pun ada. Gak ngerti apa maksudnya ya, yang jelas orang yang melewati area tempat buangnya ludah itu merasa jijik dan jadi gak respek juga sama orang yang buang itu. Anehnya mereka yang membuang gak mikir apakah ludahnya itu mengganggu pejalan kaki lain atau enggak dan terus dilanjutkan. 


Baca juga :


2. Asap Rokok
Kadang saya suka kesal sendiri dengan asap-asap rokok disekitar, padahal niatnya cuma pengen duduk di area publik tapi enggak bisa sama sekali menikmati udara segar dikarenakan lagi-lagi karena hadirnya asep rokok yang di dibikin sama ulahnya perokok itu. Please deh, kalau merokok ya asepnya jangan jangan dibagi-bagi gitu lho. Kalau mau sharing ya bisa wifi, makanan, atau hal bermanfaat lainnya bukan penyakit. Asap rokok yang dihirup perokok nonaktif itu lebih berbahaya daripada perokok aktif.Dimana hati nuraninya kok bisa penyakit dibagi-bagi, baju yang terkena paparan asep rokok aja berbahaya apalagi sampai terhirup sama anak bayi. Dan terutama ehadirannya itu benar-benar jorok dan sangat mengganggu orang banyak. Please stop  right now guys!

3. Gak Mandi Seharian
Nah ini biasanya dilakukan sama orang suka banget bermalas-malasan dirumah, entah dengan alasan lagi libur atau memang habitnya yang males mandi.Yang jelas kebiasaan ini bisa mengganggu seisi orang rumah dong, coba aja deket sama orang yang punya habit kaya gini apa kabar sama baunya? Ih jorok, please deh jangan segitunya. Kalau kamu masih lajang, single atau jomblo bakalan susah deh dapet cewek or cowok impian dikarenakan kejorokan kamu itu.



4. Buang Sampah Sebarangan
Yang namanya buang sampah sembarangan itu ya pasti selalu mengganggu orang lain pastinya. Sebenernya ini habit yang jelek banget, coba kalau dari kecl dibiasakan membuang sampah pada tempatnya gak akan adanya banjir. Karena penyebab banjir salah satunya habit masyarakat yang suka buang sampah sembarangan sehingga menyebabkan saluran air pada kesumbat. Kalau udah banjir kan semua orang yang susah. Banjir datang penyakitpun dekat, nah lho gimana mau lingkungan bersih coba sedangkan masih banyak diantara kita yang yang gak ngerti kebersihan.

5. Gak Ganti Baju
Untuk yang ini, hadeeh please deh. Jangan sampe kaya punya habit ini, karena habit ini sangat menyiksa orang yang sedang dekat kamu. Gimana enggak, pakaian itu kan udah berbau keringet dan debu kalau udah seharian ya harusnya di cuci bukan digantung dan besokannya masih dipake. Asli, habit ini bikn orang lain mau pengsan alias gak sanggup deh deket-deket sama kamu. Cobalah berempaati sama mereka yang bersih, jangan siksa mereka dengan aroma baju kamu yang dari kemarin. Baju gak harus baru tapi yang penting bersih, gak perlu pake wangi-wangi segala kalau susah beli parfum, yang penting bersih dan gak bau aja udah cukup kok.

6. Punya Bau Badan
Buat para pemilik bb alias bau badan, setidaknya lebih pekalah terhadap diri sendiri. Kalau emang udah tau punya bb ya mbok lebih care sama badan sendiri dan usahakan selalu lebih bersih kemanapun berada. Kalau keringat suda mengucur ya ganti aja bajunya daripada kanan kiri tutup hidung dan menghindar kan lebih gak enak Lebih care terhadap sekitar adalah sikap bijak agar kita juga kena omongan di belakang yang gak enak.

7. Muntah Sembarangan
Ada gitu ya orang muntah sembarangan, kayanya hanya orang-orang tertentu yang abis makan lalu di masukin tangannya biar muntahin makanan. Kalau dilakuin di toilet sih gak papa tapi gimana kalau dia muntah di ruang publik area, gak kebayang berasa jijiknya kan guys. Nah biasakanlah hidup bersih agar bisa berempati sama orang lain sama apa yang kita lakukan.


8. Buang Riak Sembarangan
Habit ini sama dengan buang ludah, gak ngerti apa yang ada dipikirannya mengotori jalan dengan riaknya. Oh Tuhan, haruskah jalanan itu penuh dengan kotoran yang sengaja dibuang? enggak enak dong, jalanan itu punya umum bukan punya pribadi. Entah apa yang ada di pikiran orang yang melakukan hal jorok itu. Please jagalah kebersihan meski dari hal yang sepele.

9. Buang Ingus Sembarangan
Nah ini biasa banget dilakukan sama orang yang lagi kena flu. Oh ya kita tahu kamu lagi flu tapi tolonglah buang kotoran itu di toilet atau gunakan tisu, jangan cemari jalanan atau area publik dengan buangan kotoran itu. Mari hidup bersih kawan, Merdeka!

10. Lupa Flush Di Toilet
Untuk habit yang satu ini, bisanya entah sengaja atau enggak biasa dilakukan sama pengguna toilet umum. Apa tujuan dan motifnya kita gak pernah tau, tapi hal ini yang jelas benar-benar sangat jorok dan menjijikan, alhasil pengguna toilet lain yang menggunakan dengan sangat terpaksa harus menyiramnya terlebih dahulu sebelum menggunakan. Please jangan lakukan hal jorok ini guys! Pastikan sebelum meninggalkan toilet kita harus membersihkan kembali gak terkecuali tisu yang habis kita pakai benar-benar masuk ke tong sampah, jangan biarkan semua menjadi kotor dan jorok guys.

11. Buang Permen Karet Sembarangan
Yang terakhir kebiasaan ini familiar banget dari kecil dari jaman sd, apalagi kalau bukan buang permen karet sembarangan. Dulu mungkin biasa di terapkan di taro dibawah meja, dan pas gede habit ini bisa meluas kebanyak tempat, contohnya di kursi kreta commuter, di kursi bis umum, di tengah jalan dan kesemuanya mengakibatkan orang lain yang kena merasa kesal teramat sangat. Gimana enggak coba, udah cakep-cakep, kece eh tetot kena permen karet bekas orang menempel di sepatu atau bahkan mengenai baju. Buat yang pernah atau sering melakukan ini please stop, hal ini hanya akan membuat orang kesal, dan membuat orang kesal adalah tindakan yang gak smart sama sekali. Marilah merubah sikap agar kita juga bisa merasakan hidup damai tanpa ada gangguan-gangguan yang menghampiri. Meskipun terkesan sepele, tapi jika habit ini dibiarkan kita mau jadi negara apa dan apa kata dunia?

12. Ngupil Sembarangan
Memang ini gak melanggar aturan masyarakat tapi mbok kalau ngupil itu elegan dikit ya. Masa lagi menggali harta karun di depan umum kan gak etis. Orang yang tadinya suka aja kalau liat cowok ngupil di depannya bakalan langsung ilfeel setengah mati. Setidaknya pakailah tisu lalu buang, bukan dengan memamer-mamerkannya di depan umum. Mungkin kamu pikir gak ada orang yang liat tapi kenyataannya banyak orrang memperhatikan. Be elegant guys!


Kunjungi juga channel youtube saya
👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇

Video : Youtube/ Catatan Anita




Post a Comment