9 Tips Yang Bisa Bikin Harimu Bahagia

Picture : pixabay.com

Hidup kadang tidak semulus yang kita perkirakan. Ada menang ada kalah, ada sukses ada gagal. Tapi bagaimana pribadi orang itu sendiri yang menyikapinya. Pertaruhan antara sisi putih dan hitam kitalah yang akan memenangkannya.

Banyak banget moment yang membuat orang itu bisa down and up menghadapi ujian. Contoh pacaran lama tapi ternyata pasangannya selingkuh, otomatis dia harus mengakhirinya tapi apakah jalan yang di ambilnya adalah hanya meratapi "kenapa semua bisa terjadi" atau cepet move on dan segera cari penggantinya ? Namun kaklau dia mau berfikir positif, semua ini terjadi karena Allah sedang menyelamatkannya dari seorang pengkhianat yang sedang di curi orang seorang pencuri dan Allah sedang menyiapkan seseorang yang jauh lebih baik dari yang sebelumnya. Tentu sepatutnya dia bersyukur dan menyadari ini semua adalah pertolongan dari Allah meskipun caranya sama sekali tidak ena. Tapi intinya harus ikhlas maka semua akan terasa lebih mudah.

Contoh lain misalnya dalam pekerjaan tiba-tiba bos yang memutus sepihak dikarenakan menurutnya kamu dianggapnya dia tidak mampu menyelesaikan pekerjaan yang kamu sudah pegang selama ini. Lalu kecewa berikutnya ada sahabat yang dipercaya tapi dia sama sekali tidak  men-support di saat kamu punya masalah. 

Hal-hal ini kadang membuat kamu gelap mata, dan seakan semua bersamaan sangat jahat terhadapmu. Tapi sebenarnya itulah jalan Allah untuk dirimu. Untuk membuatmu lebih kuat dan tegar menghadapi segala macam ujian. Entah apa yang akan terjadi didepan tapi kadang hal positif itu baru bisa kamu baca setelah waktu berjalan.

Dengan adanya begitu banyak masalah yang kamu bisa lakukan "me time" agar semua jernih dan kamu bisa memandang semua masalah itu dengan positif, ya meskipun itu tidak mudah tapi pasti kamu bisa lakukan melihat dengan jernih apa yang ada di depan kaca jendela itu, setelah kamu membersihkannya dari debu dan kotoran.

Picture : pixabay.com


Menurut saya hal ini bisa ampuh mengusir badmood yang sedang kamu hadapi :

1. Menulis Diary, hal ini bisa jadi media ampuh pengusir badmood kamu. Karena kamu bisa tuangkan apapun yang ada dalam perasaanmu tanpa diketahui orang lain. Selembar kertas demi kertas yang kamu coretkan akan perasaan kamu akan membuat perasaan kamu lebih baik, coba saja.

2. Treatment di salon, berjam-jam lakukan perawatan di salon juga akan merubah mood kamu. Pilihlah treatment yang ringan tapi sangat enjoy menikmatinya dan terutama yang bisa memakan waktu kamu dari pada bengong dirumah. Creambath, massage dkk, itu cukup membunuh waktu kamu lho.

3. Maraton nonton film, nonton film juga bisa menghilangkan kegundahan hati dan perasaan tidak enak yang sedang kita alami. Pilih aja film-film comedi, action yang bisa menghibur agar kamu bisa lupakan sejenak apa yang sedang kamu alami. Bisa streaming di leptop atau pergike bioskop.

4. Masak, untuk orang yang gak suka masakan sepertinya bukannya gak bisa masak, tapi mereka malas saja mengaplikasikan atau sekedar mencoba. Apalagi sekarang sudah banyak informasi yang dengan gratis ngasih info resep masakan. Jika diikuti dengan detail pasti berhasil masakanmu. Dan dengan waktu yang habis itu kamu pasti lupa dengan masalahmu, bonusnya kamu bisa membuat masakan yang enak dan bisa kamu nikmati sendiri.

5. Muterin Mall, memang sekilas kayanya mirip orang kurang kerjaan ya, tapi ini berhasil lho. Kamu tinggal masuk-maskin aja toko yang jual pernak pernik asesoris, toko buku, pasti bakalan lama deh  ritualnya dan ini sangat menghabiskan waktu. Pastinya sangat berhasil  juga membunuh waktumu dan hasilnya kamu dapet oleh-oleh hasil perburuan dari toko ke toko, belanja dong.. yoiii heheee..

6. Ikut Komunitas, jaman sekarang semuanya serba mudah. Kalau kamu punya hoby contohnya fotografer, masak, nulis bahkan main catur, kamu dengan ikuti komunitasnya. Nanti disana kamu akan ketemu banyak orang yang berbagai macam karakter dengan hoby yang sama. Nah syukur-syukur ketemu jodoh kan heheee... Soalnya kalau sudah ikut komunitas pasti akan ada saja kegiatannya dan tentunya ini akan membuat waktu kamu teralihkan dari 'kesuntukan'.

7. Membaca Alquran, Jika kamu muslim pastikan semua masalah kembalikan ke Allah. Rutinlah berbicara dengan Allah, dengan lebih mendekatkan diri denganNYA. Membaca Alquran insya allah membuat hati lebih damai dan tenang menghadapi masalah hidup. Karena sejatinya kita hidup di dunia ini hanya menjalankan tugas hidup saja. Orang yang pintar adalah orang yang mengingat kematian dan tahu tujuan utama kita akhirat maka seharusnya kita lebih memandang semua bertujuan semua ke akhirat dan lilahita'ala. Dan terbukti membaca Alquran membuat hati lebih tenang, ikhlas dan legowo menghadapi maslaah hidup.

8. Bercocok Tanam, Sebenernya ini kategori hoby sih ya tapi gak ada salahnya untuk dicoba. Orang yang berinteraksi dengan tanaman dan berhubungan denan tanah akan membuat hati seketika bahagia. Katanya ada keterkaitan manusia dengan tanaman, ya mereka sama-sama berarasl dari tanah. Entah teori dari mana itu, tapi kamu bisa coba buktikan. Bahwa berinteraksi dengan tanaman akan membuat hati lebih merasa bahagia. Kamu bisa coba dengan pelihara tanaman hias yang harus kamu rawat tanahnya, pupuk dan airnya, gak susah dan gak mudah juga karena butuh ketelatenan.

9. Traveling, ini udah jelas pelarian paling yahud. Siapapun butuh namanya traveling. Meski hanya sebentar yang jelas ini dapat me-reset mood yang udah jenuh sama rutinitas sehari-hari. Yang ada dananya bisa maen sampe luar negri, yang pas-pas'an juga bisa keluar kota. Yang jelas traveling memang mecin paling pas untuk orang yang lagi bosan, suntuk apalagi lagi ada masalah. Ya kabur sejenak bisa lah. Coba berinteraksi lagi dengan orang asing dan menikmati pemandangan yang luar biasa disana.


Baca Juga :
Apakah Aku Seorang Shopaholic ? Yuk Simak Apa Yang Wajib Diperhatikan



Tapi sebenernya kebahagiaan itu bisa didapat dari diri kita sendiri, jangan karena orang lain. Kita adalah pemilik diri ini, kita bebas menentukan kapan akan bahagia. Mulai dari hal yang sangat simple saja tidak usah terlalu rumit, maka kita akan menemukan kebahagiaan itu sendiri. Jangan pernah batasi dirimu. Selama tidak merugikan orang lain, maka lakukanlah.

Dan kalau kata orang bijak bilang, "kalau mau bahagia bahagiakanlah orang lain, maka rasa kebahagiaan itu secara otomatis akan kita rasakan juga".

Mungkin itu aja yang bisa saya share mengenai list yang bisa bikin harimu lebih bahagia. Bisa dicoba, salah satunya atau semuanya ^______^


Post a Comment