Talk Show Mengatasai HyperAndrogen Pada Wanita Bersama Dr. Haekal Ansari dan Beauty Class MUA Bersama ZiandivaMakeUp

Picture : Dokumentasi pribadi/ Anita komala sari

Meskipun alhamduliah saya gak punya masalah dengan yang namanya jerawat, untuk topik acara kali ini saya masih tetap excited buat ikut, talkshow bersama Dokter Haekal Anshari dan Beauty Class MUA dengan ZiandivaMakeUp. Lumayan ada dua sesi dalam satu acara yang insya allah bemanfaat ilmunya. Dan topik yang diangkat kali ini oleh dokter adalah mengenai HyperAndrogen.


Apa itu Hyperandrogen? hyperandrogen merupakan adanya hormon laki-laki (androgen) yang berlebih ditubuh wanita. Semestinya wanita normal memang mempunyai hormon androgen, tapi jumlahnya seharusnya tidak lebih dari 1%, jika lebih maka akan berdampak pada keseimbangan tubuhnya. 

Contoh efek hormon androgen pada wanita bisa diketahui (untuk orang yg sudah menikah) adalah ketika pada malam pertama akan memiliki gairah nafsu (seksualitas) untuk berhubungan, karena disinilah hormon androgen yang berperan utama.

Picture : Dokumentasi pribadi/ Anita komala sari


Lalu kenapa hormon androgen itu ada di tubuh wanita ?
Fungsinya adalah untuk menumbuhkan sel telur dan menumbuhkan rambut. Hormon androgen yang berlebih di tubuh wanita akan berdampak pada beberapa hal, contohnya,  tumbuhnya kumis, cambang dan rambut-rambut halus pada fisik di bagian-bagian tertentu tubuh (Hirsutism). Lalu tumbuhnya jerawat membandel yang sulit di hilangkan. Dan tidak cukup dengan pemakaian salep atau obat-obatan biasa. 

Hyperandrogen ini bisa kena ke siapa saja, dan terutama pada orang-orang dengan umur produktif (Range 15-35 Tahun).  Beberapa faktor mengapa seseorang dapat memilki Hyperandrogen :

1. Genetik
Untuk masalah ini tidak dapat dipungkiri, masalah genetik memang faktor utama seseorang dapat memiliki kelebihan hormon laki-laki. 

2. Gaya Hidup, 
Persoalan gaya hidup adalah persoalan keseharian kita. Apa yang kita makan, kondisi lingkungan, sangat mempengaruhi tubuh kita. Jika dari genetik kita kemungkinan kesulitan untuk menanganinya. Tapi dengan gaya hidup seharusnya kita bisa lebih menjaga agar lebih seimbang segala yang kita konsumsi.

3. Hormon Pubertas,
Masa remaja adalah masa dimana hormon-hormon bergejolak, dan semua hormon lebih banyak yang keluarnya karena masih tidak stabil. Maka orang-orang dengan range umur pubertas rentan muncul jerawat. Dan ditambah dengan keringat yang berlebih, debu dan makanan-makanan tertentu yang membuat tumbuh suburnya jerawat.

Picture : Dokumentasi pribadi/ Anita komala sari


Picture : Dokumentasi pribadi/ Anita komala sari

Gejala Hyperandrogen antara lain adalah:

Peningkatan pertumbuhan rambut di tubuh,
Jerawat,
Siklus haid tidak teratur (pada wanita),
Suara jadi berat dan dalam,
Peningkatan massa otot,
Ukuran rahim dan payudara berkurang,
Libido meningkat,
Ketidaksuburan,
Obesitas,
Kebotakan,
Meningkatnya kadar androgen dalam darah.

Contoh jerawat yang dimilik wanita dengan gejala HyperaAndrogen, biasanya cenderung lebih sulit diatasi jika dibandingkan dengan jerawat atau masalah kulit lain yang timbul karena faktor kebersihan. Ini dikarenakan, jerawat yang timbul akibat hiperandrogen memiliki kondisi keparahan yang besar dan berpotensi menimbulkan  bekas luka yang sulit hilang jika dibiarkan dalam waktu lama. Jerawat akibat hiperandrogen ini juga dapat tumbuh di berbagai area tubuh dengan densitas minyak yang banyak. Contohnya adalah area T  pada wajah, rahang, hingga lipatan dada dan punggung. Wah jadi serius ya efeknya jika punya kelebohan horman pria kaya gini.

Salah satu obat yang bisa digunakan untuk mengatasi jerawat akibat hiperandrogen adalah kontrasepsi oral atau pil kontrasepsi. Pil ini bermanfaat karena terdiri dari kombinasi estrogen dan progesteron. Estrogen akan meningkatkan produksi protein pengikat androgen yang dihasilkan oleh hati sehingga hormon androgen bebas pada perempuan akan menurun. Selain itu, progesteronnya juga bersifat antiandrogen sehingga jumlah hormon androgen bebas pun akan turun, seperti cyproterone asetat, spironolakton, dan flutamide dan tentunya sesuai petunjuk dokter.

Setelah Pemaparan Dr Haekal Anshari, selanjutnya Beauty Class MUA dari ZiandinovaMakeUp  (ZMU) memberikan info tutorial makeup daily untuk pada wanita. Menurut  ZMU makeup untuk daily itu yang simple aja, tidak perlu terlalu tebal (medok), yang penting keliatan seger dan gak kusam.

Picture : Dokumentasi pribadi/ Anita komala sari


Pertama-tama untuk pemakaian makeup diperlukan primer agar makeup yang kita gunakan tidak langsung bersentuhan dengan kulit wajah kita. Lalu pemakaian foundation bisa tipis-tipis aja tapi rata ke seluruh wajah. Dan dilanjut dengan penggunaan eyeshadow dan lipstik yang tentunya tidak perlu terlalu menor atau tebal. Beberapa trik diberikan oleh ZMU agar para wanita yang menggunakan daily makeup mengaplikasikannya dengan benar agar tidak terlihat berlebihan. Ya setidaknya menggunakan makeup itu penting agar tidak terlihat pucat dan kurang segar.

Finnaly acara pun selesai dan hari ini tentunya sangat bermanfaat bagi saya, gaul dengan dokter Hakal dan penata rias ZMU menambah wawasan saya tentang kesehatan dan cara bermakup yang baik. Terima kasih semua..

Post a Comment