#memesona Adalah Kejujuran Diri

Picture : Dokumen pribadi/ Anita komala sari

"Lakukanlah tanpa membatasi" itu adalah statement seorang teman saat saya pernah curhat beberapa waktu lalu dimana saya merasa bosan dengan rutinitas yang membuat boring dan terkesan malah menjadi mati gaya. Ya lakukanlah tanpa membatasi, just do it, jangan pernah batasi diri lu. Sontak membuat saya jadi mikir mungkin saya harus melakukan suatu perubahan yang signifikan. Yang membuat saya kembali hidup dan merasa happy melakukannya.

Apapun itu selama gak nipu orang, gak menjahati orang, gak ganggu orang. Just do it anything you can do. Sebenarnya kita hanya perlu waktu untuk menjernihkan pikiran untuk melakukan sesuatu yang membuat kita happy. Kalau diri sendiri aja gak happy gimana bisa melakukan sesuatu hal dengan benar.

Sesuatu hal yang berguna ya, lalu apa itu ya ?
kita bisa melakukannya dari hal yang kecil, contohnya jalan seharian sendirian ke tempat-tempat baru, nonton film marathon, berjam-jam di toko buku favorit mencari referensi buku baru untuk dibaca, menyusun itenerary baru untuk jalan-jalan bulan depan, membuat kerajinan tangan yang sumbernya bisa dengan mudah kamu dapatkan via youtube, instagram, belajar makeup, belajar menjahit, menghabiskan waktu untuk baca buku yang belum dibaca, belajar masak kue, pasta atau masakan warteg sekalipun karna selama ini gak pernah bisa atau gak pernah ada waktu buat masak di dapur, mencari insprasi dengan beberapa buku, vlog dan blog dan berbagai macam lainnya.

Sebenernya kamu bisa kok, cuma bukannya gak bisa TAPI gak mau aja.
Nah kan udah ketauan kata kuncinya gak mau BUKAN gak bisa.

Picture : Dokumen pribadi/ Anita komala sari

Pameran batik di museum tekstil

Sama halnya dengan belajar disekolah kita itu harus konsisten belajar dari yang berawal dari gak tau menjadi tau. Apapun yang bisa kita lakukan fokuslah, begitu kata orang bijak. Maka semua akan menghasilkan sesuai yang kamu tekunkan.

Satu hal positif yang saya dapat disini adalah adanya aura positif dari berbagai macam hal yang bisa kita lakukan tanpa mengganggu orang lain, dan itu hanya diri kita sendiri yang diandalkan. Setelah itu akan muncul aura positif dan good personality yang kita dapatkan. Dari sana, maka kita akan #memesona orang lain, orang lain tentu akan memandang penuh nilai terhadap kita.

Makna #memesona dari saya sendiri mengartikannya sebagai sebuah bentuk kejujuran diri. Dimana saya atau kamu bisa melakukan berbagai macam amazing di luar sana dan hasilnya berpengaruh besar terhadap orang lain.

Memberi penghargaan diri tidak selalu dalam bentuk yang mahal tapi yang lebih berarti adalah sesuatu yang berguna, yang membuat diri kita sendiri merasa puas, senang, berguna  dan tentunya memberi dampak berarti bagi diri sendiri da orang lain.

Kita dapat memulai melakukan beberapa hal-hal yang kecil, tapi justru dengan hal kecil itu memberi dampak besar bagi kita sendiri. Saya sendiri mungkin belum begitu pintar memberikan contohnya tapi dari pengalaman dan pengamatan lingkungan sekitar betapa perubahan itu memberikan nilai positif tersendiri.

Kita bisa menilai hal positif dari mereka yang suka kita temui di jalan, di mall, di pasar, di kreta, di kantor. Mereka berbeda satu sama lain, tapi mereka mempunyai keunikan tersendiri. Sama-sama makan nasi, sama-sama rambut hitam tapi mereka punya perbedaan dalam berpenampilan, bersikap dan berperilaku.

Saya sendiri jujur saja sering memperhatikan beberapa wanita yang suka saya temui saat berada dikeramaian. Bukannya berniat untuk menjudge ya, tapi kadang suka lucu aja kalau memperhatikan bagaimana cara mereka bersikap, menggunkana pakaian, menggunakan make up menor atau natural, dan caranya berbicara.  Ada yang sedikit lebay penampilannya, ada yang rapi dan ada yang terlalu santai. Ada yang suka pakai perhiasan bagai toko mas berjalan ada juga yang secukupnya saja, ada yang suka jilbabnya dilipat kaya lepet ada juga yang syari banget, ada yang lipstiknya berani dan ada juga yang cukup cuek dengan penampilan pucatnya, ada yang berpakaian berani dan mengundang dan ada juga yang sangat tertutup. Ada yang suka banget ngobrol sampai curhat panjang lebar sama temennya sampai ketawa lepas sampai ada juga yang cuek jalan-jalan sendiri di pusat keramaian dan cuek dengan sekitarnya yang penting dapet wifi dan duduk anteng kaya orang autis. Ada yang sangat berisi badannya sehingga bajunya kaya pengen teriak dari badannya, sampai ada yang sangat fashionable dalam berpakaian.

Pasti kesannya saya iseng banget ya, tapi sebenarnya itu merupakan bagian dari cara saya memperhatikan orang dan mengambil sisi positif dari sekian banyak orang yang saya temui secara tidak langsung tersebut. Kita memang dan tentu saja tidak boleh menjudge seseorang, tapi jika pintar mengambil sisi positifnya kita bisa menjadi lebih baik kedepannya. Mana hal yang negatif dan kurang etis tentu saja dibuang dan kita cukup mencontoh yang bagus-bagusnya saja.

#Memesona itu sendiri merupakan kejujuran diri yang menampilkan sebagus-bagusnya diri kita. Yang membuat orang lain menilai kita bagus dan hampir sempurna. Seperti maha karya ciptaan Tuhan yang sangat indah dan elok yang membuat orang lain tidak bisa mengalihkan pikirannya walau sejenak karna terbius oleh oleh pesona yang kita pancarkan melalui aura personality yang kita miliki.

Pengalaman lain yang membuat #memsona adalah ketika kita melihat orang lain itu dapat mengekspresikan sesuatu hal dengan memberikan kesan tidak terlupakan. Memesona ini sungguh mmberikan dampak ya, entah itu positif atau negatif tapi itu semua tergantung bagaimana kita memahaminya.

Seperti contohnya saat kita akan kagum terhadap seserang yang jago dalam bermake up, atau dengan caranya memberikan review hasil makeupnya yang cantik tapi natural, memberitahu bagaimana caranya memulaskan kuas, caranya memberikan warna pada selembar wajah yang terkesan biasa dan pucat ini sebelumnya. Semua itu bisa menjadi tola ukur kita bisa terpesona kepada si pembuat review atau wanita yang di makeup sekalipun. Gimana dia memperlihatkan hasil riasan yang sangat amazing. Dia benar-benar memberikan ilmu dan informasi tentang caranya bermakeup yang baik dan benar sehingga menghasilkan tata rias artis yang sanagt bermutu buat kita.

Atau seseorang yang memberikan presentasi memukau di depan audience dimana dia memberikan informasi hasil risetnya atau pengalamannya atau ilmunya kepada orang yang sebelumnya tidak tau menjadi tahu. Seseorang yang membuat kamu terpana dan terpesona saat pertama kali ketemu, yang beberikan kesan gak terlupakan, dimana dia sangat ramah, sikapnya hangat, senyumnya ringan dan parfumnya sangat menyentuh hidung kita. Sungguh itu semua dapat memberikan kesan sangat positif bagi kita.

Orang-orang yang kita temui itu dapat memberikan inspirasi tersendiri, bagaimana kita dapat merubah diri kita untuk lebih baik hanya dengan terpesona oleh orang yang baru saja kita temui.

Picture : Dokumen pribadi/ Anita komala sari

Saat Liburan Ke Borobudur

Pesona dapat mengubah segalanya, seperti pesona seorang wanita cantik dapat membuat pria menjadi jelalatan matanya ketika dia berjalan bersama pasangannya, atau wanita lain yang melihatnya menjadi iri dan dengan secara tidak langsung tapi pasti ke iriannya akan membuatnya merubah penampilan dirinya menjadi lebih baik dari sebelumnya atau setidaknya dia akan berusaha untuk tampil lebih menawan dari sebelumnya.

Tampil #memesona adalah kejujuran diri, dimana kita berhasil mengekspersikan diri untuk tampil lebih berkelas dan elegan dan berhasil mendapatkan perhatian orang lain yang melihatnya. #memesona bisa juga dijadikan apresiasi tampil cantik dan seanggun mungkin oleh wanita, tapi tentu saja akan berbeda jika kata ini untuk pria ya.

Picture : Dokumen pribadi/ Anita komala sari

Pemandangan saat di liburan ke krakatau

Nah beda halnya jika #memesona itu adalah sebuah karya Tuhan, lukisan alam yang berada di antaranya akan menimbulkan kesyukururan terhadap nikmat tuhan yang tidak bisa tergantikan oleh ciptaan manusia, maka ini akan memberikan dampak kesyukuran karena telah diberi umur dan kesehatan untuk menikmati keindahannya.


Picture : Dokumen pribadi/ Anita komala sari

Saat menikmati makanan di kafe dagingpanggang 


Lalu bagaimana dengan makanan yang enaknya endes bangget ? ya tentu aja kita pasti akan terpesona, karna gimanapun kita gak akan lupa sama rasa yang nikmat, empuknya, lezatnya, dan nikmatnya saat berada di dalam mulut. Saya tau betul gimana makanan itu membuat saya terpesona. Dan hasilnya apa ? tentu saja akan akan balik lagi ke tempat itu untuk menikmatinya lagi dan lagi.

Saya dan kamu mungkin saja berbeda dalam penafsiran detail mengenai memesona ini, tapi bagi saya perbedaan merupakan anugrah yang dapat kita pahami bersama. Tinggal bagaimana kita mengekspresikannya sehingga menjadi sesuatu yang memiliki nilai yang tinggi dimata orang lain yang melihat dan memperhatikannya,

Bagaimana dengan cerita kamu ?


Baca Juga :

Post a Comment