Bikin Cemilan Bolu Kukus Rasa Keju dan Coklat Yuk!

Picture : Dokumen pribadi/ Anita komala sari

Sebenarnya saya sendiri adalah newbie dalam dunia permasakan, apa yang saya lakukan kurang lebih karena keinginan untuk bisa memasak sendiri dengan baik dan lebih tepatnya untuk kue kali ini agar bisa nyemil dari hasil masakan sendiri :) 

Kali ini saya akan mencoba bolu yang resepnya sudah sering di share di medsos facebook. Yup saya akan mencoba membuat kue bolu dengan peralatan seadanya. Kue bolu kukus yang bahannya pas banget ada semua di kulkas dan di dapur.

Pertama-tama saya akan menyiapkan bahan-bahannya.
Untuk Bolu Keju :
1. 6 sendok terigu segitiga biru
2. 6 sendok gula putih
3. 6 sendok margarine
4. 1/2 sendok baking powder
5. keju 3/4 atau kalau mau lebih berasa boleh gunakan 1 balok keju cheddar 
6. 2 butir telur ayam
7. 2 sachet SKM

Untuk Bolu Coklat :
1. 6 sendok terigu segitiga biru
2. 6 sendok gula putih
3. 6 sendok margarine
4. 1/2 sendok baking powder
5. 2 butir telur ayam
6. 2 sendok bubuk coklat (pure cocoa)
7. 2 batang coklat (pure cocoa)
8. 2 sachet SKM coklat

Cara :
1. Kocok terigu dengan baking powder sisihkan, 
2. Kocok gula putih dengan telur hingga mengembang,
3. Kukus margarine dengan keju hingga mencair
4. Setelah semua bahan sudah di olah berdasarkan wadahnya masing-masing, selanjutnya olesi wadah    (loyang) untuk mengukus dengan margarine, agar nanti pas mateng tidak lengket bolunya waktu di     angkat.
5. Masukan hasil kukusan margarine dan keju dengan adonan telur dan gula lalu aduk, lalu setelah itu     campur dengan adonan terigu yang sudah dicampur dengan baking powder tadi.

6. Setelah semua rata, lalu masukan ke loyang yang sudah di olesi sama margarine, lalu kukus sampai     20 menit.

Picture : Dokumen pribadi/ Anita komala sari


Note :
Jika proses pengadukan telur dan gula lebih lama atau menggunakan mixer maka adonan atau hasil yang didapatkan nanti akan lebih lembut, tapi jika hanya hanya di aduk dengan tangan (alias hanya menggunakan sendok atau garpu) hasilnya cukup mengembang sih tapi kurang lembut saja.

Oh ya untuk Bolu kukus coklat caranya sama saja, hanya yang membedakan adalah temannya kukusan margarine yakni dengan batangan coklat dan bubuk coklat (step ini agar melumerkan margarine dan cokklatnya).

Setelah saya praktekan ini semua hasilnya not bad lho, lumayan buat cemilan dirumah di saat iseng sore-sore heheee.. untuk bahan tambahan atau toping bisa dikreasikan bermacam macam, atau kamu juga bisa mencoba dengan menyatukan keju dan coklatnya secara bersamaan. Sehingga menghasilkan rasa yang mix yakni coklat keju, Yummy bukan?


Baca Juga :

Post a Comment