Bagaimana Mencairkan BPJS Ketenagakerjaan di Depok ?

Picture: freepik.com

Setelah memutuskan resign atau pensiun dini, pasti yang ditunggu-tunggu setelah itu adalah pencairan saldo bpjs ketenagakerjaan. Mungkin dari kalian ada aja yang masih bingung gimana caranya.

Melalui ini saya ingin berbagi informasi mengenai bagaimana mencairkan saldo di BPJS Ketenagakerjaan.

Hal pertama yang wajib di miliki adalah :
1. Surat Varklaring (Pengalaman kerja dari tahun berapa sampai tahun berapa) *Yang Asli ya
2. Nomor Rekening Bank (Bisa via bank apa saja)
3. KTP
4. KK *Yang Asli ya
5. No BPJS Ketenagakerjaan yang di daftarkan perusahaan.

Jika semua sudah lengkap, Lanjut berikutnya adalah daftar online via aplikasi bpjs yang ada di Play Store (Andorid). Login lalu masuk ke account yang kamu punya. contohnya seperti yang saya miliki sbb :

Picture: Dokumentasi pribadi/ Anita komala sari

Lalu masuk ke "Klaim Saldo JHT", dan pilih account id mana yang akan kamu cairkan. Jika punya lebih dari satu id kartu maka harus mengurusnya satu-satu, contohnya halaman pada aplikasinya sbb :


Picture: Dokumentasi pribadi/ Anita komala sari

Attach atau lampirkan semua dokumen yang dibutuhkan, lampiran pada aplikasi hanya diminta dalam bentuk foto saja yang aslinya. Tinggal foto pakai hp aja lalu lampirkan.

Jika sudah selesai, selanjutnya menunggu email balasan dari kantor BPJS Ketenagakerjaan untuk di undang datang dan mengurus pencairan. Sekanjutnya akan disuruh membawa dokumen-dokumen asli. Biasanya undangan email yang akan kamu terima setelah kirim online tersebut hanya 2 hari.

Email undangannya kurang lebih sebagai berikut :

Picture: Dokumentasi pribadi/ Anita komala sari


Lalu selanjutnya persiapkan semua dokumen pendukung dan datang ke kantor bpjs terdekat. Kalau saya di area depok, Alamatnya :  Komplek Ruko ITC No. 19-20, Jalan Margonda Raya No. 56, Pancoran MAS, Depok, Pancoran MAS, Kota Depok, Jawa Barat 16431

Informasi detail ini saya dapatkan pada saya di kantor BPJS Ketenagakerjaan - Depok, 2 Agustus 2018 :


Picture: Dokumentasi pribadi/ Anita komala sari


Proses antrian BPJS Online kemarin itu cukup panjang, jadi sebaiknya jika mau cepat selesai baiknya datang lebih pagi saja. agar tidak memakan waktu lebih lama mengantri.

Di CSO, semua data akan dicek berdasarkan account id kartu bpjs yang akan di cairkan. Selanjutnya kita akan diberi lembaran kuning tanda terima bahwa saldo bpjs telah kita cairkan. Lalu uang akan cair 14 hari kerja kedepan. 

Gunakan sebaik mungkin ya guys uang yang diterima, secara uang itu adalah bagian dari hasil kerja keras kita selama ini ^____^


Baca Juga :

1 Comments

Post a Comment