Si Kopi Hijau Yang Menarik Perhatian

Picture By Freepik.com

Dari pengalaman saya minum berbagai jenis minuman, saya paling anti sama kopi. Kenapa ? karena jujur saja tidak kuat dengan kadar kafeinnya. Kopi membuat saya merasa mual, enek, pusing dan badan berasa tidak enak. Jadi saya memutuskan untuk tidak mengkonsumsi kopi dan lebih memilih susu, teh atau minuman sehat lainnya.

Suatu hari saya melihat suami dengan antusiasnya menyeduh kopi sachet dan dengan latahnya saya ikut-ikutan dong, lalu saya mulai meminumnya, tapi apa hasilnya secangkir kopi itu kembali membuat saya merasa enek yang ujung-ujungnya saya tinggalkan begitu saja. Sepertinya sudah cukup dengan yang namanya kopi. Tapi beberapa hari terakhir saya dikenalkan dengan kopi hijau, katanya ini kopi untuk orang diet. Penasara, jadilah saya coba sesruput, lagi dan lagi. Wah enak, beda dengan kopi-kopi lainnya yang enak diawal tapi menderita setelah meminumnya. Yang ini beda, asli bener-bener beda. Ya Nescafe Green Coffee Blend membuat penilaian saya tentang kopi jadi berbeda.

Picture : Dokumen pribadi/ Anita komala sari

Rasanya itu ringan, enak dan bikin nagih lho. Setelah cek dan ricek alias kroscek kopi ini berbeda dengan kopi hitam pada umumnya. Kopi hitam pada umumnya itu kan berasal dari biji kopi hitam yang melalui proses pemanggangan dengan suhu tinggi untuk menghasilkan ekstrak kopi yang bagus dan menjadi bubuk kopi yang hitam pekat (gosong), sedangkan biji kopi hijau ini tidak melewati proses pemanggangan sehingga membuat warnanya tetap berwarna hijau. Nah karena tidak dipanggang inilah kelebihannya. Dia ini juga punya kadar Asam Klorogenat 3X lebih tinggi dibanding yang sudah dipanggang atau kopi hitam. Asam Klorogenatlahlah yang berfungsi untuk membantu menurunkan berat badan, wah mantab nih ya.

Selidik punya selidik Dr. Mehmet dari acara reality Show di amrik (Dr.OZ) lah yang mempopulerkannya. Beliau bilang biji kopi hijau mampu membakar lemak ditubuh dengan cepat tanpa diet ataupun olah raga (ah masa iya sih, masih belum percaya nih saya). Kroscek ah kebenarannya dan berikut nih manfaatnya :

1. Kaya Anti-Oksidan
Kopi hijau ini katanya sangat kaya akan antioksidan seperti polifenol, kumarin, tokoferol, proantosianidin, flavonoid, dan asam klorogenat, yang gunanya untuk mengurangi efek kerusakan sel akibat dari radikal bebas dalam tubuh kita lho. Yang mana efek radikal bebas itu kan yang dapat merusak sel dalam tubuh. Fungsi ini dapat membuat kita lebih sehat dengan mengurangi jumlah kerusakan sel-sel tubuh kita. Menurut penelitian yang diterbitkan pada bulan Juli 2004 dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry, antioksidan asam klorogenat dalam biji kopi hijau ini dapat mencegah perkembangan empat jenis sel kanker, sehingga dapat membantu mencegah beberapa jenis kanker lebih dini.

2. Meningkatkan Metabolisme
Kandungan Asam Klorogenik yang terdapat di dalamnya kopi hijau mampu meningkatkan (BMR) Basal Metabolic Rate dalam tubuh sehingga hal ini mampu meminimalkan pelepasan glukosa berlebihan dari organ hati ke dalam darah. Kandungan ini juga mampu meningkatkan kemampuan pembakaran lemak di tubuh kita.

3. Membantu Membakar lemak Ekstra
Kandungan nutrisi dan mineral dalam kopi hijau juga mampu menjaga kadar nutrisi dalam tubuh kita. Dimana hal ini membuat tubuh dapat lebih cepat membakar lemak dan kalori.

4. Menekan Rasa Lapar
Kopi Hijau ini dikenal juga sebagai penekan nafsu makan yang sangat efektif, sehingga kamu bisa mengontrol keinginan makan yang berlebihan.

5. Mengatasi Diabetes
Kopi hijau tidak hanya dapat menghambat kapasitas gula dalam tubuh tapi dapat pula membantu penyembuhan diabetes tipe 2. Ekstrak biji kopinya itu dikatakan mampu menurunkan kadar gula yang tinggi dalam aliran darah.

6. Mencegah dan Mengurangi Kolesterol
Penelitian juga menunjukkan bahwa kopi hijau ini dapat mencegah dan mengurangi kolesterol. Anti oksidan Asam Klorogenat yang dimilikinya berfungsi meningkatkan sirkulasi darah dan otot. ​

7. Memperlambat Penuaan
Adanya kandungan Teofilin, epigallocatechin, Gamma-aminobutyric Acid (GABA), gallate itu dikenal mampu membuat kulit kita sehat, memperlambat penuaan dan mencegah keriput.

8. Menurunkan darah tinggi
Kopi hijau juga dapat mengurangi tekanan darah. Menurut salah satu penelitian yang diterbitkan pada tahun 2006 di Clinical and Experimental Hypertension membuktikan bahwa pasien yang mengonsumsi 140 mg ekstrak biji kopi perhari dapat membuat penurunan tekanan darah dengan signfikant terhadap orang yang memiliki riwayat tekanan darah tinggi. 

9. Meningkatkan mood dan kinerja kognitif
Kafein yang ada di dalam kopi hijau ini pun memiliki efek positif yang membuat kondisi suasana hati dan aktivitas otak orang yang meminumnya.  Peneliti juga menemukan fakta bahwa asupan yang paling optimal kopi hijau adalah antara 38-400 mg per hari atau menjadi sekitar ⅓ cangkir untuk empat cangkir kopi seduh.

Wah keren ya manfaat dari mengkonsumi kopi hijau ini. Setidaknya saya tahu, selain kopi hijau ini membuat saya jadi suka kopi saya juga jadi tahu kelebihannya dan manfaat di dalamnya. Tapi balik lagi ya, apapun makan dan minumannya kita tidak boleh berlebihan karena segala sesuatu yang berlebihan itu gak bagus dan bahkan cenderung merusak. Apalagi kopi, yang tetap masih ada unsur kafeinnya. Bagaiman dengan cerita kamu ?


Baca Juga :

Post a Comment