Arti Cinta Untuk Saya Adalah

Picture : Pixabay.com

Arti cinta buat saya adalah respect, ya saling menghargai satu sama lain. Hari demi hari lebih mengenal bukan berarti kita malah makin kurang respect. Dengan cinta kita bisa merubah diri menjadi lebih baik. Cinta dapat merubah segalanya, bahkan orang paling pintar pun karena cinta bisa bertindak bodoh. 

Cinta memang kadang gak selamanya manis, tapi yang sebenar-benarnya cinta adalah kedamaian hati. Makanya kalau ada orang bilang kalau udah cinta pasti buta, ya buta hati, pikiran dan akal sehat itu bisa jadi benar. Apapun dilakukan hanya demi yang namanya cinta. Cinta pada orang pacaran biasanya dibumbui dengan kata-kata mesra dan perlakukan yang sedikit lebay. Kemanapun selalu berdua dan yang lain ngontrak. Padahal kalau sudah berumah tangga akan tahu pribadi yang sebenarnya apakah betul pribadinya seperti pada saat pacaran.

Cinta yang sejati menurut orang bijak itu adalah cinta yang sudah melalui asam garam kehidupan, pahit manis bersama, menua bersama dalam kedamaian dan kehangatan keluarga. Tapi gak semua orang bisa melaluinya, makanya banyak yang beru menikah beberapa tahun setelah tahu pasangannya
gak sesuai dengan bayangannya dahulu masa pacaran  maka ini akan menjadi sebuah masalah.

Kadang hal romantis gak selalu mengenai kue ulang tahun, seikat bunga, sekotak coklat, dan kata-kata mesra. Pada kehidupan rumah tangga kadang lebih kompleks. Contohnya perhatian untuk menjaga kesehatan, menyiapkan sarapan dan bekal makanan pasangan ke kantor, menyiapkan minuman dingin untuknya saat pulang kantor adalah hal-hal yang kecil tapi besar nilainya. Rutinitas ini dijalankan jika dengan tulus ikhlas menjadi ladang pahala bagi istri-istri di luar sana. Memang sesekali kita butuh rehat dari itu semua jika disikapi dengan santai tanpa beban pikiran maka semua akan terasa ringan.

Disni saya hanya mengungkapkan berdasarkan pengalaman di pernikahan saya. Semua memang tidak mudah awalnya kehidpuan berbeda dari biasanya, status menjadi berubah, tidur tidak sendirian lagi dan semua hal yang kita lakukan harus diketahui juga oleh suami. Dibalik ini semua jika kita menyikapinya dengan ikhlas maka semua akan terasa berbeda. Begitu ringan dan tanpa beban dan mengalir begitu saja. Perubahan dari single menjadi double membuat saya merasakan beberapa perbedaan yang sangat signifikan. Mulai dari keluar rumah yang biasanya hanya pamit sama ortu kini harus pamit Terutama Ke Suami. Lalu keputusan-keputusan lainnya dulu hanya berkompromi dengan ortu kini Suami sangat memegang andil yang besar dimana ini sangat berpengaruh kedalam kehidupan saya setiap harinya.

Cinta itu sendiri kadang aneh, di depan imut dan sangat menggemaskan tapi pada saat kita pegang terlalu keras maka akan berubah menjadi duri yang tajam. Cinta hanya butuh kelembutan, cinta tidak perlu diperlakukan dengan keras tapi cukup butuh pengertian kenapa harus seperti itu. Satu kepala menjadi dua kepala tidaklah mudah, semua butuh penyesuaian hanya dibutuhkan pengertian, sedikit logika yang menyakinkan kalau itu masuk akal dan perenungan dengan kepala dingin. Jika semua bisa dimengerti dengan bijak maka tidak akan pernah ada kesalahpahaman. Yang jelas cinta tidak pernah salah, yang salah adalah mencintai orang salah dan menycintai dengan cara yang salah. makanya kita harus pintar memilih dan bersikap yang terbaik untuk orang yang kita cintai.

Cinta yang baik adalah yang memuliakan satu sama lain, yang menjaga sikap disaat dia tak disamping kita. Yang tidak melukai dan selalu memperbaiki diri satu sama lain, yang bisa dipercaya seutuhnya baik dia jauh ataupun di dekat kita. Jika diluar itu bukanlah cinta tapi nafsu dan kebohongan. Memang banyak kasus yang diawalnya baik dan sangat mengesankan setelah memasuki beberapa masa semua berubah menjadi liar dan tidak bisa dikendalikan. Menjadi menyakiti dan sangat mengecewakan. Maka berdoalah agar kita tidak bertemua dengan orang-orang seperti itu. Karena kegagalan pada masa pendekatan adalah lebih baik daripada kegagalan di dalam hubungan pernikahan. Orang bijak sering menasehati hal-hal itu, karna mungkin dan memang itu adalah nasihat baik untuk kita semua. Hanya Tuhanlah yang dapat merubah takdir baik dan takdir buruk seseorang, maka hanya doa baiklah yang dapat merubah keadaan buruk itu.

Cinta itu sendiri adalah semurni kertas putih yang seharusnya ditulis dengan tinta-tinta kebaikan yang memuliakan satu sama lain. Cinta adalah kebahagiaan dan semua bersumber dari hati yang baik, hati yang baik maka akan merasakan kebahagiaan yang seutuhnya. Kebahagiaan yang diridhoi Tuhannya yang bersumber dari doa-doa kebaikan yang selama ini sebutkan kepadaNYA. Semoga kita semua selalu dalam ridho Tuhan dan kebahagiaan keberkahan selalu bersama kita. aamiin..

Post a Comment