Mengetahui 7 Penyebab Jerawat, Apa Aja Sih ?


Yang namanya jerawat siapa sih yang mau rela akan kehadirannya apalagi sampe berkembang biak di muka kita, gak bakal ada orang yang mau pastinya. Udah menambah ketidak pedean seseorang, jerawat pasti banget bikin kita merasa gak kece kemanapun kita berada. Cewek cowok pasti pernah merasakan punya jerawat yang enggak banget.

Biasanya jerawat tumbuh saat kita pubertas, ini adalah masa-masa rawan timbulnya jerawat. Entah kenapa dia hadir tanpa permisi. Cuma kamu dan Tuhan yang tau tukang ojek gak perlu tau (lho maksdunya, im just kidding). Kehadirannya selalu membuat efek psikologis turun drastis, dari bisa senyam senyum haha hehe, sampe nutupin pake masker karena malu akan keberadaannya.

Sebenernya masalah jerawat itu masalah klasik yang dari nenek moyang, pasti ya begitu gitu aja.  anyak banget mereka diantaranya ribet sendiri buat menghilangkan yang namanya jerawat. Nah kali mari kita ulas bersama beberapa penyebab jerawat yang klasik banget alasanya.

1. Karena Stress
Menurut pakar ahli medis, penyebab jerawat salah satunya ya ini karna stres. Stres yang di alami itu bisa berdampak buruk sampe menimbulkan sesuatu yang unik kecil, mungil tapi sama sekali gak lucu yang hadir di wajah kamu. Nyebelin banget, ya memang sesuatu yang unik ini jelas mengganggu kecantikan atau kegantengan seseorang. Stres bisa dari macam-macam mulai kebanyaan pikiran rumah, kantor/sekolah, hubungan, keuangan. Dan kebanyakan mikirin sesuatu yang gak jelas gimana cara mecahinnya, makanya timbul deh yang namanya stres ini. Yang berawal dari pikiran dan berdampak ke fisik terutama wajah. So, sersan aja guys gak usah dibawa pikiran apapun itu.

2. Kurang Menjaga Kesehatan
Ada yang bilang karena kurang menjaga asupan makanan, terlalu banyak kacang, makanan yang mengandung lemaklah. Tapi ini benar lho, kebanyakan makan junk food yang berlemak dan berminyak juga bisa menjadi penyebab timbulnya jerawat ini. Gimanapun juga kalau gak pintar merawat kesehatan badan pasti ada aja yang salah, entah berefek sementara atau kedepannya nanti. Memilih makanan yang baik untuk kondisi jerawat sebaiknya dipilih dengan bijak supaya itu si mungil and ngeselin semakin gak menjadi-jadi ya.

3. Genetik
Mau pake jurus ini itu, kalau udah masalah genetik ini udah susah guys. Gimana enggak, wong udah keturunan pasti bakalan kena meskipun dia hanya nongol 1-2 di muka. Kalau udah menyangkut genetik gak ada yang bisa di salahin, masa kamu mau nyalahin bokap nyokap cuma gara-gara masalah jerawat, ya enggak dong. Paling kalau udah kena begini, ya rajin-rajin aja cari cara bersihin jerawat dengan cara yang bener bukan obat asal-asalan. Dengan konsultasi dengan dokter spesialis kulit, dan menjalankan apa yang disarankannya.

4. Males Bersihin Muka
Gak rajin cuci muka, gak rajin bersihin muka bisa juga menjadi penyebab timbulnya si mungil kotor ini di muka. Kalau udah seharian pake make up memang sebaiknya dan disarankan banget sebelum tidur itu setidaknya dibersihin sampe bener-bener bersih sisa-sisa makeup yang masih nempel di muka. Karena dengan sisa-sisa riasan itu gak pake gak mungkin akan menjadi induk berseminya jerawat-jerawat kecil itu. Apalagi kalau wajah kamu bertestur berminyak, malah akan membuat makin jadi aja deh. Kalau udah begini pilih aja pembersih muka khusus untuk kulit jerawatmu dan juga pintar-pinarlah menggunakan bahan-bahan alami sebagai pembantu pembersihannya.

5. Mau Datang Bulan
Dari sekian alasan, ini yang ketauan banget atau sinyalah tanda-tanda bakal dateng si tamu bulanan. Kamu yang punya riwayat kaya begini, gak usah khawatir, biasanya jerawat hanya muncul dalam beberapa hari atau minggu aja. Ya meski menggangu tapi dia tidak bersifat permanen atau dalam parah dan membatu. Cukup siasati dengan beberapa pembersih wajah atau rajin cuci muka aja dan semua akan berakhir.

6. Polusi
Hidup di jakarta yang keseharian berkecimpung dengan asap dan debu gak heran memang masalah kesehatan dipertaruhkan. Dimanapun berada pasti kena dengan yang namanya polusi. Asap rokok, debu, asap kendaraan, dan segala yang gak sehat tentu juga sih guys membuat keadaan jerawat tumbuh subur di wajah yang kita sayangi ini. Mungkin cara mensiasatinya kita perlu membentengi diri dengan memakai pakaian tertutup, menggunakan masker yang tepat dan sebisa mungkin berjauhan dengan itu semua agar kita gak kena buruknya.

7. Alergi
Alergi teradap makanan tertentu juga bisa lho menimbulkan jerawat. Beberapa orang memang memilii sensitifitas berbeda dengan orang kebanyakan. Ada yang makan udang itu biasa aja, tapi ada juga yang langsung merah-merah dan timbul bintik-bintik di muka. Berikut mungkin beberapa hal yang mungkin untuk sebagian orang bisa menjadikan jerawat timbul dari yang namaya alergi : susu full cream, udang, soda, cumi, mie instan, garam, dan kafein. Lebih Peduli dengan keadaan kulit adalah cara yang efektif untuk menghindari timbulnya jerawat.


Terima kasih sudah membaca Blog Anita,
Semoga beranfaat ^^

Post a Comment