Tips & Trik Membuang Kebosanan Dirumah Di Saat Pandemi Covid 19

Picture : Freepik.com


Gak tau mesti ngapain, biasanya kalau udah bosen dirumah saya keluar rumah untuk sekedar menghilangkan kepenatan sesaat. Yah meski sekedar belanja di swalayan terdekat atau muterin mall liat barang-barang unik atau juga ikut kajian-kajian yang sekiranya oke topiknya dan area tempatny. Nah berhubung sekarang sedang pandemi covid apalagi depok kena "red area" gimana ya solusinya biar gak gampang bosen meski hanya di dalam rumah?

Iya biasanya ritme itu saya jalankan untuk membuang kebosanan dirumah. Sambil menunggu suami pulang kerja ada saja yang saya lakukan. Dulu kadang di ajak tetangga nyari tanaman hias dari tempat satu ke tempat lainnya. Awalnya saya tuh gak ngerti dan gak begitu suka tapi karena ajakan itu sepertimya menarik jadilah saya makin kenal dengan beberapa jenis tanaman. Dari suka selanjutnya jadi ikutan beli pula. 


Ya suka karena sudah terbisa ikutan nyari tanaman hias. Makin kenal dan lama-lama saya pikir kok cakep juga ya di taro di area depan rumah. Mulai dari beli satu dua lalu repotting dan selanjutnya jadi koleksi beberapa untuk penghias di area depan rumah wah kayanya cantik juga. Memang kita harus telaten merawatnya dan saya sendiri sudah beberapa kali kedapatan momen mereka mati karena saya tinggal lama keluar kota. Duh rasanya sayang sekali, ya tapi mau bagaimana lagi.

Picture : Freepik.com


Sebenarnya berdiam diri dirumah sudah bukan hal yang asing buat saya, karena saya sendiri adalah anak rumahan sebelum menikah. Dulunya saya hanya sekolah dan dirumah, kuliah dan dirumah dan menjadi pekerja swasta dan sabtu minggu seringnya cuma dirumah. Tidak mengikuti perkumpulan atau sejenisnya, sehingga kamar menjadi istana bagi saya. Mulai dari main laptop, nonton film, baca novel dan menulis saya lakukan semua kamar. Sekarang setelah menikah saya merasakan bisa "jungkir balik" di kamar manapun yang saya mau. Mulai dari kamar hingga dapur. Berkereasi tentang dekor peralatan dapur dan main kerajinan tangan semua demi betah di rumah. Bersih-bersih mulai dari area depan rumah sampai belakang rumah. Bebas saya bisa ekspresikan menurut yang saya mau.

Jadi dengan adanya covid 19 ini sebenarnya tidak berarti besar perubahannya di saya. Cuma memang tidak ada lagi kegiatan keluar sekedar ikut kajian offline untuk menambah ilmu agama di area dekat rumah dan area-area yang terjangkau oleh rumah yang biasanya saya datangi. Tidak ada lagi acara pacaran weekend, jalan ngemall, atau sekedar makan di luar. Ya sekarang seringnya semua kegiatan di lakukan di rumah. Bahkan suami sampai haru ini masih Work From Home. Ya memang dikarenakan semua serba terbatas dan ini semua untuk kebaikan dan kesehatan diri kita sendiri.


Picture : Freepik.com


Setiap orang punya jalannya masing-masing untuk membuang kebosanan saat harus dirumah saja. Ada yang suka make up, jadi saat orang-orang lain punya alasan gak make up waktu keluar rumah, justru dia berasalasan makeup adalah jiwanya yang membuatnya hidup dan merasa bahagia setiap hari dimana rasa bosan itu seketika bisa pergi saat dia ber'make up. Saya sendiri bukan bagian dari orang-orang itu. Pandemi corona membuat habit saya tentang makeup berubah total, sekian bulan sudah tidak menyentuh makeup sama sekali, hanya sesekali aja pakai daily skin care makeup. Semenjak pernah alami kemerahan di wajah saya jadi malas pakai makeup, apalagi saat ini kebanyakan dan mayoritas aktifitas cuma dirumah doang. Keluar rumahpun sekarng cuma modal masker aja wajah kumel kucel atau kinclong sama sekali orang gak tau, betul kan ?

Ada beberapa hal yang saya lakukan untuk mengusir kebosanan itu, diantaranya saya mencoba beberapa resep di dapur untuk di praktekan. Ada yang berhasil ada juga yang gagal. Ya practice makes perfect memang benar kayanya, kalau baru pertama coba jelas saja pasti ada aja yang kurang sempurna. Ternyata gak gampang ya, ternyata harus begini dan begitu ya. Belum lagi harus berdiri lama di dapur. Hmm.. di dapur ternyata memang cape ya, tapi kalau percobaan resepnya berhasil itu jadinya kepuasan terendiri dan tentunya bikin mood happy muncul.

Picture : Freepik.com


Menurut saya ada beberapa trik untuk menangkal kebosanan selama dirumah. Emang apa aja sih ?

1. Lakukan dengan hati full happy

Apapun itu lakukan semua dengan happy maka kamu akan mudah melakukannya. Meski hal sepele cuci piring, atau bersih-bersih rumah. Kalau hati lagi gak enak ya akan berat bawaannya. Tapi dibawa santai akan sangat mudah melakukannya. Jangan pernah batasi dirimu, Just do it!!

2. Hoby adalah yang paling mudah

Melakukan hoby adalah yang paling mudah, kenapa? karena hoby adalah interpretasi dari hati. Jika hati enjoy maka semua akan mudah. Baca novel sekian ratus halaman kalau emang sudah hoby ya akan mudah saja beda dengan orang yang gak hoby baca, mereka akan berfikir "ah buang-buang waktu aja". Dari hoby pun bisa menghasilkan bisnis. Jangan salah banyak pekerjaan atau bisnis yang dilakukan berawal dari sebuah hoby yang terlihat sepele.

3. Tidak ada paksaan

Menjadi wanita karir atau sejenisnya mungkin terlihat enak dan menyenangkan di mata orang luar, tapi apakah kamu tau kalau dia kerja merasa tertekan setiap harinya, hatinya sudah tidak berada pada pekerjaan yang di kerjaan. Padahal dia tidak suka, dan merasa menjadi robot saja setiap hari. Datang pagi pulang malam hanya untuk dapat uang saja, tapi tidak dapat kenyamanan dan ketenangan hati dan pikiran. Maka melakukan hal yang kita senangi itu sangat jauh lebih menyenangkan. Hal sepele akan menjadi besar maknanya karna hati menjadi happy dan semua akan terasa lebih mudah. Contoh melakukan eksperimen resep baru jelas itu semangat dari diri sendiri untuk mencoba masakan baru. Bukan karena suruhan apalagi paksaan orang lain. Dan ketika hasilnya bagus, jelas kita akan bangga telah menyelesaikan misi yang belum pernah di coba sebelumnya.

4. Lakukan dari yang paling mudah

Hal sepele bisa dari hal kecil yang kita anggap sepele. Seperti contohnya hoby dengan koleksi tanaman, bisa di bisnisin lho. Bercengkrama dengan tanaman terutama saat repotting akan membuat chemistry terjadi, entah kenapa hati akan berasa happy tapi apakah ini dikarenakan kita sama-sama berasa dalri tanah? entahlah yang jelas perasaan happy itu tiba-tiba muncul. Suka menjahit dan ngerti menggunakan mesin jahit, bisa kamu coba dengan membuat celana santai untuk suami dirumah, seperti apa yang saya lakukan juga. Hal yang pertama kali di lakukan dengan happy meski hasilnya kurang sempurna akan membuat itu sangat sempurna, karena hati kita yang berbicara melalui aplikasi media tersebut.

5. Buat sesuatu yang berbeda

Melakukan sesuatu yang berbeda memang akan membuat effort tersendiri. Tapi jika sesuatu yang berbeda itu mempunyai nilai maka akan kamu akan menjadi spesial. Sesuatu yang berbeda bisa dari mana saja. Bisa berkarya dari rumah untuk menghasilkan uang, atau contoh lainnya merubah tampilan atau dekor ulang kamar dan ikut lomba di media sosial bisa jadi ide yang bagus.

6. Lakukan untuk dirimu sendiri dulu

Melakukan semua untuk orang lain pasti gak akan ada habisnya, maka mulai saja dari diri kamu sendiri. Lakukan apa yang kamu suka, buktikan kamu bisa dan orang lain dengan gampang menilai kamu. Melakukan sesuatu untuk hoby dan kesenangan selama itu bermanfaat gak akan ada yang sia-sia. Kamu tetap berguna untuk dirimu dan orang sekitarmu.

7. Lakukan karena bersyukur karna nikmat hidup

Diberi nafas setiap detik adalah anugrah, masih bisa bangun setiap pagi dengan keadaan sehat jiwa dan raga adalah nikmat. Lebih banyak bersyukur akan membuat kita mudah menjalani hari yang sebenarnya tidak mudah. Masih bisa berkumpul bersama keluarga di saat pandemi covid ini benar-benar sebuah nikmat Allah yang teramat besar.  Maka hal simpel seperti masih bisa masak di dapur atau aktifitas lainnya yang terlihat kecil dan sepele sebenarnya kalau kita renungi hal itu sangatlah besar sekali nikmat dariNYA.


Baca Juga :

Post a Comment